Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Biji-bijian Sumber Antioksidan dan Vitamin


BIJI biasanya menjadi bagian dari buah atau tanaman yang langsung akan kita buang. Tapi tunggu dulu, tidak semua biji layak dibuang. Sebab, justru biji merupakan pilihan makanan untuk camilan yang enak dan sehat.


Beberapa jenis biji adalah sumber antioksidan dan vitamin yang penting bagi tubuh dan pikiran yang sehat. Misalkan saja biji bunga matahari, rami, labu, dan wijen adalah makanan alami yang lezat dengan lemak tak jenuh.

a. Biji bunga matahari
Kaya akan vitamin E yang membantu fungsi sistem peredaran darah. Kandungannya juga memiliki efek menenangkan pada otak karena tingkat tinggi triptofannya yang menciptakan efek relaksasi. Benih bunga matahari yang dipanggang lalu ditaburi garam akan menjadi camilan lezat nan renyah.

b. Biji labu
Biji ini lezat dan sehat serta memiliki kandungan yang membantu meringankan peradangan tanpa efek samping. Biji labu memiliki sifat yang mengurangi depresi tanpa efek samping yang disebabkan oleh obat. Biji labu biasanya disajikan dengan dipanggang menggunakan garam dan merica untuk rasa yang lebih baik.

c. Biji semangka
Biji ini lebih dikenal dengan kuaci. Kuaci yang dihasilkan dari pengeringan dengan sinar sangatlah populer. Biji ini mengandung zat besi, kalium, vitamin, lemak dan kalori yang penting untuk nutrisi sehari-hari. Supaya mendapatkan kandungan gizinya, kunyah dahulu sebelum ditelan.

d. Biji wijen
Biji ini dianggap makanan paling kaya mineral makanan di dunia. Hal itu karena biji wijen kaya kalsium, magnesium, tembaga, besi, mangan, seng, vitamin, dan serat. Juga, mengandung zat anti-kanker lignin. Biji ini bisa disajikan dengan digiling dan mencampurnya dengan salad atau sayuran.

sumber: mediaindonesia.com
0 Komentar untuk "Biji-bijian Sumber Antioksidan dan Vitamin"

Download Ebook Gratis