Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Cokelat Hitam Turunkan Kolesterol?


Kandungan antioksidan dalam cokelat hitam (dark chocolate) sudah lama diketahui memiliki khasiat cukup berarti bagi jantung. Riset teranyar mengungkapkan cokelat hitam mampu menurunkan kadar kolesterol pada penderita diabetes melitus.


Orang yang menderita diabetes seringkali memiliki kadar kolesterol cukup tinggi. Seperti diketahui kolesterol yang tinggi dalam darah merupakan salah satu faktor yang membuat seseorang terkena penyakit jantung dan stroke. Sebuah penelitian di The Hull University menemukan, penderita diabetes yang mengonsumsi cokelat hitam kadar kolesterolnya menurun.

Mereka menemukan polifenol pada cokelat hitam merupakan salah satu faktor yang dapat menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung. Penelitian para ilmuwan dari Inggris itu melibatkan 12 orang penderita diabetes melitus. Oleh tim ahli, para pasien diminta mengonsumi cokelat hitam yang kaya polifenol selama 16 minggu.

Hasilnya, terjadi sedikit peningkatan kadar kolesterol total, dengan penurunan angka kolesterol jahat dan peningkatan kolesterol baik. "Cokelat yang mengandung kokoal tinggi seharusnya menjadi bagian dari pola konsumsi penderita diabetes," kata Profesor Steve Atkin, peneliti.

Kendati demikian, badan diabetes Inggris tidak mau terburu-buru merekomendasikan cokelat hitam untuk sering-sering dikunyah para diabetesi. Pasalnya, kandungan lemak dan gula dalam cokelat hitam bisa memperburuk diabetes. Dengan kata lain, bagi penderita diabetes sebenarnya cokelat hitam lebih banyak mudharatnya dari pada manfaatnya.

sumber: kompas.com
0 Komentar untuk "Cokelat Hitam Turunkan Kolesterol?"

Download Ebook Gratis