Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Minyak Zaitun Perkecil Risiko Stroke Lansia


STROKE memang kondisi yang rentan, terutama bagi mereka yang telah memasuki usia senja. Contohnya saja Utha Likumahua yang tutup usia setelah didignosis dengan kondisi ini setelah sebelumnya diketahui juga mengidap diabetes dan masalah jantung.


Namun, kita tetap masih memiliki kesempatan untuk memperkecil risiko. Salah satunya yakni dengan rajin mengonsumsi minyak zaitun. Para ilmuwan telah menemukan bahwa mengonsumsi minyak zaitun bisa memperkecil risiko seseorang terkena stroke hingga separuhnya.

Para peneliti di Universitas Bordeaux menganalisis catatan medis dari 8.000-an orang berusia 65 tahun dan lebih yang tinggal di tiga kota di Prancis. Semua peserta itu tidak memiliki riwayat stroke. Kondisi mereka dipantau selama lima tahun.

Konsumsi minyak zaitun yang baik yakni digunakan secara moderat seperti untuk menggoreng atau sebagai bahan tambahan.

Para ilmuwan menemukan bahwa partisipan yang menggunakan minyak zaitun secara teratur mengalami penurunan risiko stroke sebesar 41 persen jika dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah menggunakannya.

Namun, di sisi lain, ahli gizi asal Australia Profesor Itsiopoulos Catherine mengakui bahwa temuan ini masihlah terbatas. "Sulit memang untuk mengukur secara akurat efek zaitun terhadap seseorang karena tergantung tingkat penggunaanya," kata Catherine Itsiopoulos, Kepala Dietetics di La Trobe University, seperti dikutip dari Herald Sun.

Studi ini juga telah dipublikasikan dalam jurnal medis AS, Neurology.

sumber: mediaindonesia.com
0 Komentar untuk "Minyak Zaitun Perkecil Risiko Stroke Lansia"

Download Ebook Gratis