Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Alpukat Mencegah Sekaligus Membunuh Sel Kanker


Berbagai penelitian telah membuktikannya, tak heran bila buah ini disebut makanan super.


Seperti buah dan sayuran lainnya, alpukat juga merupakan sumber serat. Sementara peningkatan asupan serat berkaitan erat dengan rendahnya risiko terkena kanker.

Selain itu, buah yang mudah ditemui di negara tropis seperti Indonesia ini kaya antioksidan, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Antioksidan bekerja untuk mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh, yang pada gilirannya akan membantu untuk mencegah kanker dan penyakit lainnya.

Mengurangi radikal bebas dalam tubuh berarti Anda mencegah sel-sel kanker tumbuh dan menyebar ke seluruh tubuh.

Tak hanya itu, sntioksidan dan senyawa lain dalam alpukat juga membantu mengurangi jumlah peradangan dalam tubuh.

Tingkat lebih rendah dari peradangan juga berkaitan erat dengan rendahnya risiko terkena kanker.

Tak heran bila alpukat dikenal sebagai makanan super (superfood) karena tingginya tingkat gizi dan manfaatnya bagi kesehatan.

Terlebih beberpa penelitian membuktikan, bahwa konsumsi alpukat dapat membantu mencegah sekaligus mengobati beberapa jenis kanker seperti kanker mulut, prostat dan payudara. Berikut penjelasannya lebih lanjut:

Kanker Mulut
Sebuah studi yang dilakukan di Ohio State University dan diterbitkan dalam Seminar di Biologi Kanker menemukan, bahwa ekstrak alpukat dapat menghancurkan sel-sel prakanker (penyebab kanker) dan mencegah pembentukan sel kanker yang baru.

Kanker Prostat
Sebuah studi yang dilakukan di UCLA pada tahun 2005 menemukan, bahwa ekstrak dari alpukat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat androgen-dependent dan androgen-independen secara in vitro (kultur jaringan).

Para peneliti juga percaya alpukat bisa menghancurkan sel-sel kanker, karena tingginya lemak tak jenuh tunggal dan nutrisi yang terkandung di dalamnya seperti karotenoid bioaktif dan fitokimia lain.

Kanker Payudara
Alpukat tinggi asam oleat yang menurut beberapa studi berkhasiat untuk mencegah kanker payudara.

Para peneliti di University of Granada di Spanyol menemukan bahwa minyak alpukat dan minyak zaitun, yang keduanya tinggi dalam asam oleat, menurunkan risiko HER2-positif kanker payudara, yang menyumbang sekitar 1 dari 5 kasus kanker payudara.

Selain itu, alpukat juga merupakan sumber vitamin E, yang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara.

Penelitian tentang kaitan vitamin E dengan penurunan tisiko kanker payudara dilakukan para peneliti terhadap lebih dari 80.000 perempuan. Mereka memelajari bagaimana kanker payudara bisa terjadi pada para peserta.

Studi bertajuk Nurse's Health ini menemukan, bahwa perempuan dengan konsumsi vitamin E yang lebih tinggi berisiko lebih rendah terkena kanker payudara, terutama jika orang yang bersangkutan memiliki riwayat keluarga dengan penyakit kanker.

sumber:  beritasatu.com
0 Komentar untuk "Alpukat Mencegah Sekaligus Membunuh Sel Kanker"

Download Ebook Gratis