Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Kulit Manggis Bikin Awet Muda dan Cara Mengolahnya


Sekarang sudah masuk musim buah manggis. Di tepian jalan, buah itu dapat ditemui dengan harga yang relatif murah. Nah, ada baiknya jika membeli manggis, jangan buang kulitnya karena kulit manggis ternyata sangat berkhasiat untuk menghambat proses penuaan.


"Kulit bagian dalam manggis itu mengandung Xanthone yang merupakan senyawa bioaktif yang mempunyai struktur cincin enam karbon dengan kerangka karbon lengkap. Turunan Xanthone berupa a-mangostin merupakan komponen yang paling banyak terdapat pada kulit manggis," tutur Dr Indah Yuliasih, peneliti manggis dari Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor dalam diskusi pagi bersama wartawan di IPB.

Menurut Indah, Xanthone merupakan bahan aktif yang bersifat antikanker dan antioksidan yang sangat tinggi bahkan beberapa kali lipat melebihi kekuatan vitamin C dan E. Xanthone juga mampu menghambat proses penuaan.

"Di luar negeri justru jika kita ekspor manggis, kulitnya yang mahal. Ada produk ekstrak Xanthone yang harganya sampai Rp 1,2 juta untuk 6 botol berukuran 350 mililiter," katanya.

Bagaimana cara mengolah kulit buah manggis agar menjadi sesuatu yang berkhasiat? Indah memberikan cara mengolah kulit buah ini menjadi sirup.

Cara Olah Kulit Manggis Agar Berkhasiat

Kulit buah manggis ternyata sangat berguna untuk menghambat proses penuaan, mencegah penyakit pembuluh darah, dan menjadi antikanker. Nah, Dr Indah Yuliasih, peneliti manggis dari Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB), memberikan cara mengolah kulit buah ini menjadi minuman menyegarkan dan nikmat.

Dalam diskusi pagi bersama wartawan di IPB, Indah menuturkan proses pembuatan minuman berkhasiat ini. Pertama, pisahkan kulit manggis dengan buahnya. Pengolahkan bisa dengan mengikutsertakan biji manggis (kaya lemak) atau hanya sekadar kulit manggis yang mengandung Xanthone. Gunakan sendok untuk mengeruk bagian dalam kulit yang sudah dibersihkan, dan pisahkan dari kulit keras di bagian luarnya.

Setelah itu, dinginkan di dalam lemari pendingin jika hendak disimpan hingga jumlahnya mencukupi. Lalu, campur dengan ethanol dan air dengan perbandingan 1:2 dan hancurkan dengan blender. Endapkan selama 24 jam, setelah itu saring untuk memisahkan ampas dengan ekstrak Xanthone kulit manggis.

"Untuk membuat rasa yang enak, bisa dicampur dengan madu dan beri pewarna alami ekstrak bunga rosela, dan anggur atau apel sebagai penambah flavor," tutur Indah.

Menurut Indah, hasil pencampuran Xanthone dengan rosela dan madu dipanaskan dengan suhu 90-95 derajat celsius selama 10 menit untuk menguapkan ethanol. Setelah itu, dinginkan dengan suhu kamar lalu campurkan dengan flavor anggur atau apel. Nah, sirup Xanthone siap untuk dinikmati dengan dicampur air. Silahkan mencoba.

sumber: kompas.com
1 Komentar untuk "Kulit Manggis Bikin Awet Muda dan Cara Mengolahnya"

sippppp segera akan saya coba.terimakasi dok info nya

Download Ebook Gratis