Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Manfaat Manis Si Kayu Manis Untuk Kesehatan


Tak hanya melezatkan masakan, kayu manis juga memiliki manfaat kesehatan.

Salah satu tradisi yang kita warisi dari leluhur adalah penggunaan rempah-rempah untuk masakan modern masa kini. Segala jenis masakan, entah itu masakan Timur atau Barat sekarang ini juga menggunakan rempah-rempah, baik itu salad, makanan pembuka, masakan daging, hingga ikan.

Tak hanya digunakan untuk membumbui masakan, rempah-rempah juga digunakan untuk pengobatan. Contohnya beberapa bumbu bisa menambah kandungan susu pada perempuan yang sedang menyusui. Beberapa rempah juga efektif bagi orang yang mengalami gangguan psikosomatis.

Di antara sejumlah rempah itu, kayu manis terkenal digunakan untuk pengobatan dan kuliner. Sejarahnya, pohon kayu manis berasal dari Ceylon, yang terletak di barat daya India dan selatan China. Kulit pohon inilah yang kemudian dikerat dan digunakan sebagai bumbu. Kulit kayu manis inilah yang mengandung minyak eter, damarkanji, dan tannin.

Kayu manis sangat baik untuk pencernaan, juga untuk menstimulasi nafsu makan dan menguatkan perut. Kayu manis juga bisa dijadikan obat untuk penyakit selesma, dan ekstrak kayu manis menekan berkembangnya lebih dari 15 jenis bakteri ganas.

Di China, air kayu manis jika diteteskan ke mata bisa mencegah katarak. Kayu manis juga bisa menghilangkan batu empedu, menyembuhkan pembengkakan perut, dan bahkan membantu mengatasi gigitan ular.

Di India, kayu manis (seperti jahe) dianggap sebagai obat herbal yang bersifat universal, yaitu bisa digunakan untuk segala macam penyakit. Sementara pengobatan Tibet merekomendasikan kayu manis untuk dikombinasikan dengan herbal lainnya. Contohnya kayu manis dikombinasikan dengan delima dan cabai sebagai obat yang mengatasi masalah pencernaan, suara serak, napas pendek, dan penyakit hati.

Untuk kuliner modern, kini kayu manis juga sering digunakan dalam masakan. Minuman teh juga saat ini sering dicampur dengan kayu manis. Dengan menggunakannya dalam masakan, kayu manis tak hanya membuat cita rasa jadi lezat, tapi juga menyehatkan.

sumber: beritasatu.com
0 Komentar untuk "Manfaat Manis Si Kayu Manis Untuk Kesehatan"

Download Ebook Gratis