Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Taichi, Alternatif Pengobatan Parkinson


JIKA sebelumnya taichi dipercaya sebagai pengobatan alternatif untuk penyakit arthritis, gerakan lembut yang ditampilkan taichi rupanya juga membantu mengurangi penyakit parkinson.


Parkinson sendiri disebut sebagai penyakit degeneratif pada sistem syaraf, yang ditandai dengan adanya tremor pada saat beristirahat, dan kesulitan untuk memulai pergerakan dan kekakuan otot.

Gejala Parkinson dapat dikurangi dengan latihan peregangan secara rutin. Oleh karena itu dalam sebuah penelitian yang dikutip dari Reuters, disebutkan bahwa taichi merupakan langkah yang baik dalam memerangi parkinson, karena bentuk latihannya berupa seni bela diri yang mengarah pada kekuatan dan kelenturan tubuh.

"Taichi sangat cocok untuk mengatasi masalah penyakit parkinson," kata Fuzhong Li dari Oregon Research Institute di Eugene. Fuzhong Li menambahkan meski taichi tidak dapat meyembuhkan parkinson secara total, namun gerakan kelenturan dari taichi sendiri mampu memperlambat perkembangan penyakit akibat kematian sel-sel otak yang menghasilkan dopamine kimia.

Penelitian tersebut dilakukan dengan menggandeng 195 orang manula dari Oregon, mereka berlatih taichi selama dua kali seminggu selama satu jam. Dari hasil pemantauan para peneliti didapatkan bahwa taichi dapat membantu meningkatkan kekuatan dan keseimbangan sebanyak 60 persen dalam kurun latihan selama enam bulan.

sumber: mediaindonesia.com
0 Komentar untuk "Taichi, Alternatif Pengobatan Parkinson"

Download Ebook Gratis