Biji Chia, Primadona Meksiko yang Kaya Nutrisi

online | 23.24 | 0 komentar

Namanya memang terdengar asing di telinga. Tetapi, biji ini sangat dikenal di Meksiko. Bukan karena rasanya, tapi juga khasiatnya. Bahkan, karena khasiatnya, biji ini banyak dicari di kawasan Eropa.


Nama "Chia" berasal dari kata chian yang artinya berminyak. Biji ini berasal dari tanaman perdu, bunganya berwarna ungu keputihan, dan menghasilkan biji berbentuk oval. Biji Chia memiliki warna kehitaman, abu-abu, dan putih.

Biji kaya nutrisi ini sejak lama telah dikonsumsi oleh suku Aztec, yang memuja biji-bijian kecil sebagai penambah energi dan kekuatan. Jika terkena air, biji ini akan berlendir dan memiliki sifat mengikat pada makanan.

Berikut ini adalah jumlah kandungan nutrisi dalam biji Chia jika dibandingkan dengan bahan pangan lainnya:

Magnesium, 15 kali lebih banyak dari brokoli.
Vitamin C, 7 kali lebih banyak dari buah jeruk.
Kalsium, 3 kali lebih banyak dari air susu.
Atntioksidan, 3 kali lebih banyak dari blueberry.
Zat besi, 3 kali lebih banyak dari bayam.

Selain itu, biji Chia memiliki kandungan omega 3. Meskipun penelitian terhadap Chia masih relatif sedikit, para peneliti menyarankan untuk menambahkan biji Chia dalam makanan Anda, karena padat nutrisi dan dapat meningkatkan energi.

Chia juga merupakan makanan yang rendah glikemik dan tinggi serat, yang mampu membantu menstabilkan gula darah Anda dan mencegah makan berlebihan. (art)

sumber: VIVAnews

Category:

Menjual dan Menyewakan Media Display - Meja Promosi

Setelah membaca artikel diatas, tolong dibagikan / share keteman - teman anda di facebook, twitter, dll. Klik tombol dibawah. Mungkin puluhan atau ratusan teman anda juga membutuhkan artikel tentang Biji Chia, Primadona Meksiko yang Kaya Nutrisi ini.. Trims

0 komentar

    Silahkan berkomentar di : Biji Chia, Primadona Meksiko yang Kaya Nutrisi.