Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Diet Buah: Metode Detoks Alami & Penurunan Berat Badan


Diet buah-buahan menjadi salah satu metode diet yang dipercaya efektif untuk menurunkan berat badan. Diet ini juga diklaim bisa mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh akibat akumulasi konsumsi alkohol, pewarna atau pemanis buatan dan makanan olahan. Cara melakukan diet buah, adalah dengan mengonsumsi satu butir/potong buah setiap dua jam sekali, selama tiga hari. Benarkah diet buah merupakan metode yang efektif dan aman? Dr. Simran Saini, konsultan weight loss management di Fortis Hospital, salah satu rumah sakit terbaik di India memberi penjelasannya.


1. Makanan Alami dan Segar
Menurut Dr. Simran seperti dikutip dari Health Me Up, poin utama dari diet ini adalah mengonsumsi makanan alami dan segar (bukan melalui proses olahan) seperti buah-buahan dan sayuran mentah dalam jumlah yang cukup. Para pelaku diet mengklaim bahwa cara ini bisa menyingkirkan racun dari sistem tubuh yang tertumpuk selama beberapa tahun karena konsumsi makanan olahan dan tidak sehat. Jadi, diet ini menyarankan Anda untuk konsumsi buah dan sayur setiap dua jam agar sistem tubuh lebih sehat.

2. Diet Buah untuk Turun Berat Badan
Bagaimana diet buah ini bisa bantu penurunan berat badan? Kandungan air dan serat yang sangat tinggi pada buah dan sayur membuat sistem tubuh mampu membakar kalori sekaligus menyerap nutrisi secara optimal. Konsumsi serat yang lebih banyak dan intens akan membuat tubuh bekerja lebih keras untuk mencerna, dan akhirnya menghasilkan penurunan berat badan.

3. Makanan yang Boleh/Tidak Dikonsumsi
Saat melakukan metode diet ini, ada makanan/minuman yang harus dan tidak boleh dikonsumsi. Makanan yang harus dikonsumsi yaitu whey protein shakes, buah-buahan segar, sayuran mentah segar, minyak zaitun untuk salad dressing dan lean protein yang terdapat pada ikan dan ayam. Sementara makanan yang tidak boleh dimakan adalah kafein baik dari kopi maupun teh, alkohol, minuman bersoda, sayuran yang dimasak, jus, lemak dan segala jenis makanan manis.

4. Jadwal Diet
  • Hari 1: setiap dua jam sekali, mulai pukul 08.00 - 16.00, disarankan untuk minum 6 ons minuman protein, diikuti dengan air putih. Untuk makan malam, konsumsilah dua mangkuk ukuran sedang salad sayuran mentah dengan dua sendok teh minyak zaitun. Kemudian konsumsi empat butir putih telur. 
  • Hari 2 & 3: Setiap dua jam sekali, mulai pukul 08.00 - 16.00, makanlah satu porsi (sekitar 100 kalori) buah segar dan minum segelas air putih. Sementara saat malam, makan dua mangkuk ukuran sedang salad sayuran mentah dengan 1-2 sendok teh minyak zaitun ditambah setengah buah lemon. Minumlah segelas protein shake.

5. Keuntungan Diet Buah Selain Menurunkan Berat Badan
  1. Baik untuk menetralkan efek buruk dari konsumsi makanan olahan dan tinggi lemak yang berlebihan.
  2. Membantu sistem tubuh untuk beristirahat dan meremajakan diri.
  3. Mengontrol berat badan karena serat pada buah dan sayur membuat perut kenyang lebih cepat, tapi lapar lebih lama.
6. Tidak Semua Cocok Melakukan Diet Buah
Meskipun terbilang sehat, tidak semua orang bisa dan boleh menjalani diet buah. Metode diet ini tidak disarankan untuk orang dengan hipoglikemia (gula darah rendah) dan ketidakseimbangan glukosa dalam darah. Rasa lapar dan kelelahan mungkin akan dialami para pediet hingga motivasi dietnya menurun. Diet ini menjanjikan hasil yang cepat, tapi mungkin hasilnya tidak bertahan lama jika Anda tidak menjaga asupan nutrisi dan kalori pasca diet. Sebaiknya tidak melakukan diet ini untuk jangka panjang.

sumber: wolipop.com
1 Komentar untuk "Diet Buah: Metode Detoks Alami & Penurunan Berat Badan"

Saya secara pribadi berusaha untuk Melawan Kegemukan Dengan Minyak Zaitun dan percayalah bahwa mengkonsumsi minyak zaitun setiap hari akan sangat membuat anda tidak mudah lapar dan diet anda akan berhasil. Anda tidak perlu lagi menyiksa diri dengan menahan lapar dalam waktu lama.

Download Ebook Gratis