Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Inilah 5 Makanan Penyeimbang Kadar Hemoglobin


MENURUNNYA kadar darah dalam tubuh bisa menjadi masalah serius dan dapat merupakan gejala anemia, infeksi, atau bahkan pendarahan. Terutama bagi perempuan, apalagi yang kurang paham tentang kebutuhan zat besi dan nutrisi lainnya dalam asupan makanan.


Adapun hemoglobin adalah metaloprotein (protein yang mengandung zat besi) di dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh pada mamalia dan hewan lainnya. Hemoglobin juga pengusung karbon dioksida kembali menuju paru-paru untuk dihembuskan keluar tubuh.

Penurunan hemoglobin berlebihan bisa menyebabkan tubuh mejadi lemah dan lemas. Lalu, bagaimana cara mengatur kadar hemoglobin dalam tubuh agar kita senantiasa sehat? Berikut beberapa makanan yang bisa membantunya:

1. Daging merah
Daging merah kaya akan zat besi. Makanan ini juga dapat dengan mudah diserap dalam usus. Tapi tetap konsumsi secara moderat. Anda tentu tidak ingin malah berujung dengan penyakit jantung atau kadar lemak tinggi.

2. Sayuran
Bayam, kacang polong hijau, kacang merah, kubis, lobak, kentang, dan kembang kol adalah sayuran yang mudah tersedia di pasar. Bit adalah obat alami terbaik untuk meningkatkan jumlah darah, sayuran ini memiliki kemampuan untuk regenerasi zat besi dan mengaktifkan sel-sel darah merah, memasok oksigen segar ke darah.

3. Buah
Kismis, plum, buah ara kering, aprikot, apel, anggur ,dan semangka tidak hanya akan melancarkan sel-sel darah merah, tetapi juga meningkatkan jumlah darah. Buah jeruk juga mampu manambah jumlah darah.

4. Kacang
Kacang dengan kandungan besi tertinggi adalah almond. Satu ons almond setiap hari menyediakan 6 persen dari kebutuhan zat dari besi.

5. Roti, pasta, sereal
Periksa label pada roti gandum, pasta, dan sereal. Setiap paket harus mengandung 20 persen atau lebih dari kebutuhan harian untuk besi. Gandum murni menawarkan banyak manfaat kesehatan. Maka itu, ada baiknya Anda mencoba memasukkan mereka ke dalam makanan sehari-hari. Tambah lagi, gandum merupakan sumber yang kaya akan zat besi.

sumber: mediaindonesia.com
0 Komentar untuk "Inilah 5 Makanan Penyeimbang Kadar Hemoglobin"

Download Ebook Gratis