Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Sarapan Rumput Laut Manfaatnya Seperti Berlari 1,5 Jam


Jika berniat menurunkan asupan kalori, tak ada salahnya mencoba sarapan rumput laut. Penelitian menemukan bahwa sarapan pagi dengan sepotong roti isi rumput laut membantu mengurangi asupan kalori seperti 1,5 jam berlari di atas treadmill.


Rumput laut mengandung nutrisi alami dan kaya akan mineral. Penelitian yang dilakukan oleh Sheffield Hallam University ini menggunakan rumput laut secara utuh, bukan menggunakan ekstrak rumput laut. Rumput laut berfungsi sebagai pengganti garam karena memiliki rasa yang asin. Roti yang disajikan juga sama sekali tidak mengandung garam sebab fungsinya sudah diganti oleh rumput laut.

"Ini seperti makan roti biasa. Namun rasa asinnya berasal dari mineral rumput laut yang sangat kaya. Rumput laut mengandung mineral yang jauh lebih banyak dari tanaman di daratan," kata Dr Craig Rose dari The Seaweed Foundation seperti dilansir The Telegraph.

Penelitian ini dilakukan terhadap 79 orang pria sehat yang mengalami kegemukan. Peserta yang memakan roti isi rumput laut merasa cepat kenyang sehingga asupan kalorinya berkurang sebanyak 179 kalori sehari. Jumlah itu sama dengan jumlah kalori yang dibakar dengan berjalan di atas treadmill selama 1,5 jam. Pengurangan 100 kalori saja sudah cukup signifikan dalam program penurunan berat badan.

Rumput laut dalam penelitian ini dipanen, dikeringkan dan digiling di pabrik lokal di Hebrides di luar Skotlandia. Tak satu pun peserta penelitian yang bisa membedakan roti biasa dengan roti yang ditambahi irisan rumput laut. Rasanya sama tetapi kadar natrium pada rumput laut jauh lebih rendah.

Selain mengurangi asupan garam, rumput laut juga membuat perut terasa penuh sehingga tidak mudah lapar. Ketika 12 orang peserta kemudian diminta memakan 400 gram mangkok berisi pasta dan saus tomat untuk makan siang, beberapa orang sudah merasa kenyang setelah memakan 2 mangkok.

"Saya sudah mencoba roti rumput laut dan benar-benar menyukainya. Kami menggunakan rumput laut utuh karena kaya akan serat dan mineral. Apa yang telah kami teliti merupakan temuan yang sangat baik untuk menambah penelitian mengenai rumput laut dan kesehatan," kata peneliti, Anna Hall, dosen nutrisi di Sheffield Hallam University.

Penelitian sebelumnya telah berusaha menggunakan rumput laut sebagai pengganti garam yang ditambahkan ke dalam pasta. Selain digunakan untuk roti, penggunaan rumput laut ini mungkin juga bisa dikombinasikan dengan daging seperti sosis.

sumber: detik.com
0 Komentar untuk "Sarapan Rumput Laut Manfaatnya Seperti Berlari 1,5 Jam"

Download Ebook Gratis