Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


4 Makanan untuk Gigi Berkilau


Ingin mendapat senyum indah yang sehat? Selain menyikat gigi secara teratur, makanan yang diasup setiap hari juga berpengaruh pada kesehatan gigi. Pada gilirannya, akan membuat senyum lebih sehat.

Ada beberapa jenis makanan yang bagi bagi kesehatan gigi dan gusi, serta membantu mencegah gigi berlubang, plak, dan bau mulut.


Ini empat diantaranya, seperti dikutip Redbook.

1. Yoghurt
Penyebab utama bau mulut, plak, dan penyakit gusi adalah penumpukan bakteri. Tapi, konsumsi 6 ons yoghurt polos bebas gula setiap hari membantu melumpuhkan kuman di dalam mulut.

"Bakteri baik dalam yoghurt dapat membantu melawan kuman di mulut Anda," kata Christine D. Wu, Ph.D., profesor kedokteran gigi anak di University of Illinois di Chicago College of Dentistry.

Mereka yang mengasup yoghurt empat kali seminggu atau lebih akan cenderung mengalami kerusakan gigi yang lebih sedikit.

2. Ikan
Kini makin lengkap alasan mengapa makanan laut wajib menjadi menu sehari-hari. Ilmuwan Harvard telah menghubungkan asam lemak omega-3 dalam ikan berkaitan dengan tingkat penyakit gusi yang lebih rendah. Asam lemak ini mampu mencegah iritasi dan kemerahan pada gusi yang menyebabkan infeksi.

3. Buah dan Sayuran
Sayur dan buah kaya serat seperti apel, seledri, dan wortel merangsang produksi air liur, yang berisi antimikroba yang melawan bakteri, kata Timothy Chase, seorang dokter gigi di New York.

Plus, makanan ini renyah dan saat dikunyah membantu sirkulasi pada gusi. Jeruk atau lemon juga membantu menjaga kesehatan gusi karena kandungan vitamin C di dalamnya.

4. Keju
Seperti susu, keju adalah sumber kalsium dan vitamin D, nutrisi penting untuk membangun gigi yang kuat. Mengunyah beberapa lembar keju cheddar, gouda, atau mozzarella bisa membantu menetralkan asam yang mengikis enamel gigi. Ini juga berarti gigi akan makin putih.

sumber: VIVAnews
0 Komentar untuk "4 Makanan untuk Gigi Berkilau"

Download Ebook Gratis