Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Inilah 6 Hal yang Perlu Diperhatikan dari Pengobatan Alternatif


JIKA Anda kurang menyukai ragam pengobatan medis, tidak ada salahnya memang untuk mencoba jenis pengobatan alternatif. Pengobatan alternatif memang dikenal beragam, seperti menggunakan obat herbal, akupunktur, atau terapi pijat. Meski demikian, Anda patut berhati-hati dalam memilih tempat pengobatan.


1. Perhatikan legalisasi tempat : seseorang bisa membuka pengobatan alternatif asalkan ia telah mengantongi Surat Terdaftar Pengobatan Tradisional (STPT) atau Surat Izin Pengobat Tradisional (SIPT) yang dikeluarkan dari Kepala Dinas Kabupaten/Kota setempat untuk memperoleh izin tertulis. Izin tersebut diperoleh dari beragam persyaratan. Mulai dari pengkajian, penelitian, dan pengujian sistem terapi.

2. Lihat pada papan nama, tempat pengobatan alternatif yang telah memenuhi syarat legalisasi pastinya akan menulis keterangan dari pihak pemberi izin. Jika Anda ragu, biasanya sang terapis juga akan memajang lembar sertifikat atau sejenisnya.

3. Sebelum memulai pengobatan, mintalah dengan jelas keterangan mengenai jenis terapi, lama terapi, dan lainnya. Jangan sampai Anda menjadi korban penipuan.

4. Jangan ragu untuk menanyakan perihal biaya yang harus Anda tanggung. Tanyakan juga lamanya proses pengobatan. Jika harga yang ditawarkan dirasa tidak sesuai, jangan lanjutkan!

5. Mintalah penjelasan mengenai obat yang diberikan meskipun sudah tertera pada kemasan. Gali keterangan menganai manfaat obat yang kelak akan Anda konsumsi, cara mengonsumsinya, dan lama pemakaiannya. Selain itu, jangan lupa pula untuk menanyakan efek samping dari obat tersebut.

6. Anda berhak meminta keterangan status penyakit Anda jika pengobatan telah dirasa cukup, karena langkah ini bisa menjadi pedoman jika suatu saat terjadi hal-hal yang diinginkan.

sumber: mediaindonesia.com
0 Komentar untuk "Inilah 6 Hal yang Perlu Diperhatikan dari Pengobatan Alternatif"

Download Ebook Gratis