Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Jahe Ampuh Hilangkan Mual Paska Kemoterapi


JAHE, tanaman jenis rimpang yang populer sebagai rempah bukan hanya sekadar bumbu masakan. Beragam kandungannya juga dipercaya untuk mengobati berbagai penyakit, nah salah satunya untuk menangkis rasa mual.


Kesimpulan tersebut merupakan buah hasil dari sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam American Society of Clinical Oncology pada 2009 silam.

Para peneliti menemukan fakta bahwa jahe dapat mengurangi efek mual pada 644 pasien yang menjalani kemoterapi akibat kanker payudara.

Dalam risetnya, semua pasien diberikan obat anti-muntah standar setiap hari ketika menjalani kemoterapi. Namun beberapa di antara mereka juga mengambil kapsul yang mengandung ekstrak jahe, tiga hari sebelum melakukan kemoterapi.

Menurut Julie L. Ryan dari Universitas Rochester, peneliti utama studi tersebut, seperti yang dikutip dari myhealthnewsdaily pada pertengahan Maret 2012, hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa mereka yang mengkonsumsi jahe mengalami penurunan sekitar 45 persen dalam risiko muntah dibanding mereka yang tidak mengonsumsi jahe.   

Seperti yang dikutip dari beberapa situs herbal, jahe mengandung beragam senyawa aktif seperti Gingerol, 1-dehydrogingerodine, 6-gingesulfonic acid, zingerone, shogaol, palmetic acid, oleic acid, linoleic acid, caprylic acid, caproc acid, lauric acid, myristic acid, pentadecanoic acid, stearic acid, linilenic acid, lesitin, gingerglycolipids (A,B,C), dan karbohidrat.  Jahe juga mengandung asam amino, protein, resin, diterpene, mineral, vitamin A dan niacin. Selain itu ada kandungan minyak atsiri di dalamnya seperti, zingiberene, B-bisabolene, singiberol, zingiborenol, ar-curcumene dan beberapa aldehid.

sumber: kompas..com
0 Komentar untuk "Jahe Ampuh Hilangkan Mual Paska Kemoterapi"

Download Ebook Gratis