Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Kafein dan Olahraga Kompak Tangkal Sel Kanker


PENYAKIT mematikan kanker ternyata bisa dapat kita cegah dengan cara yang cukup mudah, apalagi bagi Anda penggemar kopi dan teh. Sebuah penelitian telah menyarakankan bahwa kafein disertai dengan olahraga efektif dalam menangkal kanker kulit.


Sebuah studi awal menemukan bahwa kombinasi tersebut mengurangi jumlah tumor kulit pada tikus penderita kanker sebesar 62 persen. Tumor juga menyusut sebesar 85 persen pada hewan tersebut.

Pemimpin studi Dr Yao-Ping Lu dari Sekolah Farmasi Rutgers Ernest Mario di New Jersey, Amerika Serikat, mengatakan, "Kami menemukan bahwa kombinasi kafein dan olahraga dapat mengurangi efek sinar matahari yang menyebabkan pembentukan kanker kulit pada tikus."

"Saya percaya kita dapat mengembangkan kemungkinan temuan ini untuk manusia guna antisipasi. Kami pun akan mendapat manfaat dari perawatan kombinasi ini."

Percobaan dilakukan dengan memberikan 1 dosis kafein pada tikus yang sedang bermain di roda berjalan.

Sebenarnya, baik kafein atau olahraga saja memiliki dampak positif, tapi manfaatnya akan jauh lebih besar ketika keduanya digabungkan. Tikus yang diobati dengan kafein saja memiliki pengecilan tumor 27 persen dan kanker 61 persen. Pada tikus yang hanya me njalani olahraga di roda berjalan, , aktivitas tumor menurun sebesar 35 persen dan volume tumor sebesar 70 persen.

Kafein dan olahraga juga menyebabkan penurunan berat badan sebesar 63 persen pada tikus yang diberi diet lemak tinggi. Dr Lu percaya kunci penurunan ini adalah peradangan yang turun sebanyak 92 persen dapada pada tikus yang diberi pengobatan kombinasi.

Penemuan ini dipresentasikan pada pertemuan American Association for Cancer Research di Chicago.

sumber: mediaindonesia.com
0 Komentar untuk "Kafein dan Olahraga Kompak Tangkal Sel Kanker"

Download Ebook Gratis