Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Seperti Apa Sih Makan yang Benar?


Anda tentu sering mendengar saran atau anjuran untuk membiasakan makan yang benar, dalam menjaga kesehatan maupun untuk diet. Sebenarnya, apa sih yang dimaksud makan yang benar?


Nicole Burley, Life & Health Coach mengatakan makan yang benar lebih bermakna untuk menjaga kesehatan, memberikan kesenangan, bukan sekedar bertujuan menurunkan berat badan.

* Memilih makanan.
"Makan yang benar artinya Anda mengasup sumber makanan yang alami, makanan yang sebenarnya bukan produk makanan," jelasnya. Pilih makanan yang Anda kenali, bukan makanan yang dibuat di laboratorium menggunakan bahan kimia dengan penamaan yang bahkan sulit diucapkan.

Dengan kata lain, makanlah dari bahan makanan segar yang dapat diolah sendiri di dapur Anda. Sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, gandum, inilah sejumlah bahan makanan alami yang bisa diolah di dapur dan menjadi sumber asupan terbaik untuk Anda. Kandungan vitamin, mineral, serat dan antioksidan terdapat dalam makanan yang ditanam tersebut.

Tingkatkan asupan makanan yang bersumber dari tanaman, untuk menyeimbangi asupan makanan dari sumber hewani seperti daging, ayam, ikan atau produk berbasis hewani lainnya. Dengan begitu, tubuh lebih berenergi, kulit lebih bercahaya dan Anda pun merasa lebih sehat karenanya.

* Menikmati waktu makan
Burley menyarankan, makanlah saat lapar dan berhentilah ketika mulai merasa kenyang. Kebiasaan baik saat makan akan membuat Anda lebih mudah memahami alarm alami dari dalam tubuh. Anda akan tahu apakah kebutuhan tubuh akan makanan sudah cukup atau masih kurang.

"Nikmati pengalaman menyenangkan saat makan. Jangan hanya memasukkan makanan ke dalam mulut, apalagi dengan terburu-buru mengejar waktu. Makanlah perlahan, kunyah makanan dengan baik, nikmati waktu makan, menurut saya inilah makan yang benar," ungkapnya.

Lantas bagaimana caranya mengetahui apakah makanan yang diasup sudah memenuhi kebutuhan harian atau belum? Menghitung kalori, mengukur porsi makan setiap harinya bisa saja dilakukan. Namun Anda tak harus mengandalkan cara ini untuk tahu apakah Anda sudah cukup makan. Hanya dengan memberikan perhatian lebih kepada tubuh, Anda bisa memahami porsi makan yang cukup untuk tubuh. Caranya, kenali sinyal alami dari dalam tubuh. Dengan begitu, Anda bisa tahu apakah asupan harian sudah memenuhi kebutuhan tubuh akan makanan termasuk kandungan nutrisi yang dibutuhkan.

"Tubuh Anda menginginkan kesenangan dan kesehatan. Tubuh mengandalkan Anda untuk memberinya makan dari sumber makanan serta cara makan yang benar," tandasnya.

Sumber: Your Tango, kompas.com
0 Komentar untuk "Seperti Apa Sih Makan yang Benar?"

Download Ebook Gratis