Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Tanpa Dirokok, Tembakau Sudah Bisa Sebabkan Kanker


Merokok telah dilarang di beberapa negara maju. Untuk mengakalinya, beberapa produsen membuat produk tembakau yang tidak dibakar atau tembakau non rokok. Produk ini tidak menghasilkan asap dan dikonsumsi dengan cara dikunyah. Beberapa produk juga ada yang disediakan dalam bentuk cair.


Meskipun tidak dibakar, tembakau non rokok masih berbahaya bagi kesehatan. Suatu bahan kimia dalam tembakau ditemukan dapat menyebabkan kanker. Bahan kimia ini merupakan bahan kimia kuat yang dapat memicu munculnya tumor.

"Bahan kimia dalam tembakau yang dapat menyebabkan kanker tanpa harus dibakar adalah (S)-n'-nitrosonornicotine atau (S)-NNN. Bahan ini dapat menyebabkan kanker mulut," kata Silvia Balbo, peneliti kanker di University of Minnesota seperti dilansir LiveScience.

Balbo dan rekan-rekannya memberikan (S)-NNN kepada 24 ekor tikus. Dosis total yang diberikan kurang lebih setara dengan jumlah (S)-NNN yang diterima pengguna tembakau non rokok akibat menggunakan produk ini. Seluruh tikus yang diberikan (S)-NNN akhirnya mengidap tumor esofagus dan tumor oral, kemudian meninggal dalam waktu 17 bulan.

Balbo mengatakan bahwa temuan ini menegaskan produk tembakau harus dihindari. Produk tembakau non rokok sebaiknya menyertakan label peringatan yang mengatakan produk dapat menyebabkan kanker. Secara garis besar, penelitian ini mendukung rekomendasi Food and Drug Administration di Amerika Serikat bahwa tidak alternatif yang aman untuk merokok.

Penelitian sebelumnya juga telah menyarankan bahwa sekelompok zat kimia dalam tembakau yang disebut nitrosamine dapat menyebabkan berbagai jenis kanker pada hewan. Tetapi belum ada penelitian yang melihat pengaruh kanker yang diakibatkan dari (S)-NNN secara spesifik.

Temuan ini akan dipresentasikan dalam pertemuan American Association for Cancer Research (AACR) di Chicago. Dalam penelitian berikutnya, Balbo dan rekan-rekannya berharap bisa mengidentifikasi bahan kimia lain pemicu kanker yang terkandung dalam tembakau non rokok, sekaligus mencari tahu seberapa banyak kandungan bahan kimia ini.

National Institute of Dental and Craniofacial Research di Amerika Serikat juga sudah mewanti-wanti bahaya tembakau non rokok. Menurut lembaga ini, menggunakan produk tembakau non rokok dapat menyebabkan kanker mulut, pembusukan akar gigi, copotnya gusi dari gigi dan bercak putih atau merah di mulut yang dapat berubah menjadi kanker

Tembakau non rokok mengandung nikotin lebih banyak dibandingkan rokok. Nikotin adalah zat yang sangat adiktif dan membuat pemakaianya sulit berhenti menggunakan tembakau setelah mulai mencobanya.

sumber: detik.com
0 Komentar untuk "Tanpa Dirokok, Tembakau Sudah Bisa Sebabkan Kanker"

Download Ebook Gratis