Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Cara Alami Redakan Gangguan Perut


Sebagian besar kita pasti pernah mengalami perut kembung, nyeri dan rasa panas hingga gangguan sembelit. Rasa tidak nyaman yang ditimbulkan tentu bisa menganggu aktivitas sehari-hari.


Sebelum mencoba obat-obatan resep, Anda bisa mencoba obat alami untuk meredakan bahkan menghilangkan gangguan pada sistem pencernaan. Berikut beberapa diantaranya, seperti dikutip ivillage:

Menyesap Sari Cuka Apel
Sakit perut, maag atau gangguan pencernaan sebenarnya bisa dicegah dengan asam malat dan tartrat dalam sari cuka apel. Dua asam ini membantu memperkuat pencernaan sehingga mengosongkan perut dengan cepat.

Caranya, encerkan satu sendok makan cuka apel dalam 2 gelas air dan minum sebelum makan. Perbaikan pencernaan akan mulai terlihat dalam 24 jam.

Santai Saat Makan
Mereka yang menghabiskan waktu makan malam 30 menit berpeluang 32 persen lebih sedikit mengalami gangguan pencernaan dan sakit perut dibandingkan mereka yang makan kurang dari 10 menit, menurut penelitian di Charleston University of South Carolina.

Gary Gitnick, MD, dari UCLA School of Medicine mengatakan makan dengan santai mengurangi mulas, dan kembung.

Mengunyah Permen Karet
Peneliti di Rumah Sakit Inggris St Thomas mengungkap, makan permen karet mencegah maag karena menggandakan aliran air liur ke dalam kerongkongan, yang menetralkan asam lambung. Satu permen karet bebas gula dapat meredakan gangguan perut dengan segera.

Minum Segelas Teh Peppermint
Secangkir teh memiliki 40 senyawa alami yang baik untuk pencernaan. Tiga cangkir teh setiap hari dapat mencegah dispepsia  pada wanita hingga 75 persen dalam 48 jam. Asupan 8 ons sebelum makan dapat mencegah kembung hingga berjam-jam.

Berendam Air Hangat
Berendam dalam air hangat mengurangi kembung dalam 72 jam, menurut para peneliti di Universitas Logan Utah. Mandi air hangat mampu menenangkan seluruh sistem saraf pusat, dan membuat orang lebih tenang.

Saat rileks, kita menelan udara 67 persen lebih sedikit daripada ketika sedang stres sehingga memengaruhi kemampuan usus menyerap makanan.

Mengunyah Manisan Jahe
Dua potong manisan atau permen jahe mampu mengurangi kembung dan rasa tak nyaman hingga 88 persen dalam waktu 30 menit, kata peneliti di Rumah Sakit University di Cleveland. Menariknya, rasa manis pedas jahe mengurangi mual dan panas di perut tanpa menimbulkan rasa kantuk.

Makan Roti Gandum
Sembelit dialami wanita lebih banyak dari pria. Dan, roti gandum ternyata lebih efektif daripada obat pencahar, sekaligus memperbaiki sistem pencernaan.

Buah-buahan dan Sayuran Matang
Masalah pencernaan paling umum terjadi pada wanita adalah sindrom iritasi usus (IBS). Gangguan ini dialami satu dari lima wanita.  Akibat IBS, penderita rentan mengalami mulas, sembelit, diare dan gejala lainnya.

Diet kaya buah matang dan sayuran yang dimasak membantu mengurangi gangguan pencernaan pada 60 persen wanita dalam waktu seminggu.

"Zona Nyaman" Setelah Makan
Jika Anda rentan mengalami sakit perut, kembung atau gejala tidak nyaman, coba bersantai sejenak setelah makan selama 5 menit. Rileks sambil membayangkan hal-hal positif membantu hingga 89 persen wanita meredakan gangguan pencernaan dalam seminggu.

Yoga
Stres salah satu penyebab gangguan saluran pencernaan. Untuk mencegah dan menguranginya, luangkan waktu berlatih yoga selama 20 menit. Hal ini akan mengurangi gangguan pencernaan hingga 70 persen dalam satu minggu. (eh)

sumber: VIVAnews, kompas.com
0 Komentar untuk "Cara Alami Redakan Gangguan Perut"

Download Ebook Gratis