Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Inilah 6 Makanan Penunjang Performa Olah Raga


Sebelum mengawali aktivitas kebugaran fisik atau olahraga, ada beberapa hal penting yang terlebih dahulu harus dilakukan seperti pemanasan atau peregangan otot. Hal ini dimaksudkan agar latihan dapat berjalan maksimal dan mengurangi cedera saat latihan.


Namun banyak di antara kita yang lupa bahwa asupan makanan juga memiliki peran besar dalam menunjang performa saat latihan. Berikut ini adalah 6 (enam) jenis makanan yang dapat meningkatkan efek latihan Anda:

1. Buah yang mudah dicerna
Buah-buahan adalah sumber makanan yang tinggi kandungan gula yang sehat dan menyediakan karbohidrat untuk meningkatkan level energi Anda. Buah segar seperti pisang dan apel yang sarat dengan vitamin C, antioksidan, dan serat, sangat memiliki peran penting dalam memberikan dorongan alami berupa energi sebelum Anda memulai olahraga. Pastikan Anda memilih buah yang mudah dicerna. Hindari mengonsumsi buah yang sulit untuk dicerna seperti jeruk dan sejenisnya karena dapat menghambat latihan Anda dengan menyebabkan kram perut.

2. Yogurt
Makanan yang satu ini dikenal multimanfaat termasuk sebagai camilan 2 atau 3 jam menjelang latihan. Namun jangan sembarang memilih yogurt. Disarankan agar memilih yogurt plain yang rendah kandungan gula. Yogurt Yunani adalah pilihan paling ideal karena makanan ini memiliki kandungan protein yang sangat besar, yakni dua kali lipat lebih banyak ketimbang yogurt normal dan menyediakan sumber karbohidrat baik, yang bermanfaat bagi kebutuhan energi saat latihan. Kombinasi protein dan karbohidrat dalam yogurt juga bagus untuk pertumbuhan otot. Sebagai variasi, Anda bisa menambahkan beberapa macam buah sebagai tambahan gizi dan untuk meningkatkan energi secara alami.

3. Sereal bekatul (Bran cereals)
Konsumsi sereal bekatul bisa menjadi pilihan terbaik ketika Anda berencana untuk meningkatkan aktivitas latihan fisik. Makanan ini tinggi akan kandungan serat dan betaine, yang membantu meningkatkan kinerja fisik dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Makanan ini juga membantu fungsi sel dan mencegah dehidrasi saat berolahraga. Untuk sarapan sehat sebelum memulai aktivitas olahraga, Anda bisa mengisi bakar tubuh Anda dengan makanan produk gandum ini dan mencampurnya dengan buah untuk mendapatkan setengah porsi asupan buah yang direkomendasikan.

4. Daging ayam, telur, ikan
Satu jam pasca melakukan latihan, tubuh membutuhkan pasokan nutrisi untuk mengganti energi yang telah hilang. Mengonsumsi makanan kaya akan protein seperti ayam, telur atau ikan akan memberikan asupan makanan bagi otot berupa asam amino yang membantu otot untuk kembali tumbuh lebih kuat dan lebih besar. Jadi sangat penting bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan kaya protein untuk meningkatkan efektivitas dari latihan.

5. Makanan cair
Makanan cair seperti smoothies memungkinkan Anda mendapatkan semua nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh pasca melakukan latihan hanya dengan beberapa tegukan. Smoothies adalah minuman berbahan dasar buah-buahan yang biasanya dicampur dengan susu atau yogurt serta tambahan lainnya. Makanan dalam bentuk cair seperti smoothies bisa cara cepat dan mudah bagi tubuh Anda untuk mengakses nutrisi yang dibutuhkan. Semakin cepat nutrisi memasuki tubuh Anda, maka semakin besar kemungkinan tubuh dalam membangun otot dan memulih jaringan otot yang rusak pasca latihan.

6. Oatmeal
Oat bisa menjadi "teman terbaik" untuk otot Anda ketika berencana untuk memulai aktivitas olahraga. Mengapa? Karena oat memberikan tubuh Anda glukosa sebagai bahan bakar untuk otot. Oats juga pilihan yang cocok untuk menurunkan berat badan, karena mereka mendorong tubuh untuk membakar lemak lebih cepat untuk kemudian dijadikan bahan bakar untuk otot Anda.

Cobalah mengudap pancake oatmeal sekitar tiga jam sebelum memulai latihan. Makanan ini akan sangat berperan dalam meningkatkan efek latihan dengan perlahan-lahan melepaskan gula, yang akhirnya menjaga tingkat energi tetap stabil selama latihan.

sumber: kompas.com
0 Komentar untuk "Inilah 6 Makanan Penunjang Performa Olah Raga"

Download Ebook Gratis