Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Inilah 6 Ragam Teh Tawarkan Keajaiban Bagi Tubuh


Teh merupakan jenis minuman populer di dunia. Tak hanya bermanfaat sebagai pelepas dahaga, sajian teh juga menyimpan manfaat bagi kesehatan. Setidaknya enam jenis teh berikut, dikutip Fox News.



• Teh Hitam

Merupakan varietas paling umum dengan penetrasi mencapai 75 persen dari pasar teh global. Terbuat dari daun tanaman Camellia sinensis, yang biasanya digulung, difermentasi, kemudian dikeringkan dan dihancurkan. Rasanya sedikit pahit dengan kandungan kafein terbanyak dibandingkan jenis lain. Mencapai 40 miligram dibandingkan kopi yang mengandung kafein antara 50-100 migram.

Manfaat kesehatan: Penelitian menunjukkan, orang yang minum teh hitam tiga cangkir atau lebih setiap hari mengalami penurunan risiko stroke hingga 21 persen. Memiliki konsentrasi antioksidan cukup tinggi yang dikenal sebagai theaflavin dan thearubigins. "Senyawa ini memiliki efek baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah," kata Rebecca Baer, seorang pakar diet di New York City.

• Teh hijau
Memiliki rasa yang lebih lembut daripada teh hitam. Setelah dipetik, daun teh segera dikeringkan dan dipanaskan untuk menghentikan proses fermentasi. Mengandung sekitar 25 miligram kafein per cangkir.

Manfaat kesehatan: Sebuah studi menemukan, konsumsi secangkir teh hijau setiap hari menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 10 persen. Teh hijau kaya antioksidan yang disebut katekin. "Senyawa yang berperan aktif mencegah kanker dan segala penyakit yang berhubungan jantung," kata Karen Collins, pakar diet dan konsultan gizi di American Institute for Cancer Research, Washington.

• Teh Oolong
Mirip dengan teh hitam. Yang membedakan adalah proses fermentasinya yang berlangsung lebih singkat. Sengan rasa lebih kaya, jenis teh ini memiliki kandungan kafein sekitar 30 miligram per cangkir.

Manfaat kesehatan: Sebuah studi menunjukkan, manfaat jenis teh ini terhadap penurunan berat badan. Wanita yang rajin minum teh oolong cenderung dapat membakar kalori lebih banyak dibandingkan mereka yang hanya minum air putih. "Oolong mengaktifkan enzim yang bertanggung jawab untuk melarutkan trigliserida, bentuk lemak makanan yang disimpan dalam sel lemak," kata Baer.

• Teh Putih
Berasal dari daun teh yang dipetik saat masih sangat mudah, sehingga menawarkan rasa yang jauh lebih ringan dibandingkan jenis lain. Setiap cangkir hanya memiliki kandungan kafein sekitar 15 miligram. Dan dengan proses yang tak terlalu panjang, jenis teh ini mampu menyimpan kandungan antioksidan paling tinggi dibandingkan jenis lainnya.

Manfaat kesehatan: Sejumlah penelitian menunjukkan kebaikan jenis teh ini terhadap penderita diabetes. Uji klinis terhadap hewan percobaan juga memperlihatkan manfaatnya meningkatkan toleransi glukosa dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Para ahli percaya memberi efek sama terhadap manusia. "Teh putih bermanfaat melindungi sistem kardiovaskuler dan melawan potensi kanker," kata Joe Simrany, presiden Asosiasi Teh Amerika Serikat.

• Teh berarona
Biasanya berupa teh hitam, teh hijau, atau teh putih yang dalam proses peracikan mengalami penambahan aromatik seperti kayu manis, kulit jeruk, atau lavender,

Manfaat kesehatan: Senyawa nutrisinya tergantung jenis teh yang digunakan. Karena pada dasarnya, penambahan aromatik tak akan mengurangi kandungan antioksidan atau senyawa penting lainnya. "Tapi kadar antioksidan bisa bertambah jika diracik bersama buah-buhan super seperti blueberry," kata Lisa Boalt Richardson, ahli teh asal Atlanta yang menulis 'The World in Your Teacup'.

• Teh herbal
Secara teknis, jenis ini tidak berasal dari daun teh asli. Melainkan dari jenis racikan tumbuh-tumbuhan yang biasanya terdiri dari buah kering, bunga tertentu, dan herbal. Bebas kandungan kafein.

Manfaat kesehatan: Penelitian yang diterbitkan Journal of Nutrition menemukan bahwa minum tiga cangkir teh herbal (kembang sepatu) setiap hari membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Ada juga bukti yang menunjukkan bahwa teh chamomile berperan meningkatkan kualitas tidur, atau teh peppermint yang dapat menenangkan perut. Yang perlu Anda waspada adalah ketika mengonsumsi teh herbal penurunan berat yang mungkin mengandung obat pencahar berbahaya.

sumber: VIVAnews
0 Komentar untuk "Inilah 6 Ragam Teh Tawarkan Keajaiban Bagi Tubuh"

Download Ebook Gratis