Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Ketumbar Bantu Redakan Nyeri Rheumatoid Arthritis


BERAGAM jenis masakan tradisional Indonesia kerap menggunakan bumbu berupa biji berbentuk butiran beraroma keras yang dinamakan ketumbar. Dengan tambahan bumbu tersebut, aroma masakan akan lebih nyata. Tak hanya sebagai penyedap, tanaman ini ternyata juga memiliki efek antiinflamasi.


Ketumbar (Coriandrum sativum) adalah tumbuhan rempah-rempah yang popular di Asia. Bentuk yang tidak digerus mirip dengan lada, seperti biji kecil-kecil berdiameter 1-2 mm. Dalam perdagangan obat ia dinamakan fructus coriandri. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai coriander dan di Amerika dikenal sebagai cilantro. Tumbuhan ini berasal dari Eropa Selatan dan sekitar Laut Kaspia.

Tanaman berdaun herbal ini juga telah diteliti untuk manfaat kesehatan. Laporan terbaru dari India mengatakan ketumbar mungkin memiliki manfaat untuk penderita rheumatoid arthritis (RA).

Para peneliti di All India Institute of Medical Sciences (AIIMS) di New Delhi menyuntikkan solusi antigen ke dalam kaki belakang kiri seekor tikus dan menghasilkan peradangan dan pembengkakan sama dengan kondisi rheumatoid arthritis. Beberapa tikus kemudian diberi obat steroid standar sebagai pengobatan, sedangkan yang lain diberi ekstrak bubuk biji ketumbar. Setelah 21 hari, kedua kelompok menunjukkan perbaikan radang sendi, tetapi tikus-tikus yang mendapat ekstrak ketumbar mengalami pengecilan pembengkakan dan peradangan lebih signifikan jika dibandingkan dengan mereka yang menerima steroid. Studi ini telah dipublikasikan secara online dalam Indian Journal of Medical Research.

Antioksidan
Seperti rempah-rempah lainnya, ketumbar mengandung antioksidan, senyawa yang diperkirakan membantu mengendalikan peradangan dan mencegah kerusakan kimia pada tubuh dengan menghancurkan radikal bebas. Orang dengan rheumatoid arthritis memiliki kadar antioksidan rendah dalam darah mereka jika dibandingkan dengan orang sehat. Menurut sebuah penelitian pada 2004 yang diterbitkan dalam jurnal Food Chemistry, biji dan daun ketumbar mengandung ekstrak antioksidan.

Manfaat kesehatan lain dari ketumbar, minyaknya memiliki sifat antibakteri yang membunuh berbagai virus berbahaya, termasuk E. coli, salmonella, dan MRSA, menurut sebuah penelitian 2011 dari Portugal. Daunnya juga merupakan sumber vitamin K, yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker.

Memang belum ada penelitian yang membuktikan bahwa ketumbar dapat membantu RA pada manusia, tapi ada baiknya penderita RA menambhakan tanaman ini ke dalam bahan makanan mereka sehari-hari. 

sumber: mediaindonesia.com
1 Komentar untuk "Ketumbar Bantu Redakan Nyeri Rheumatoid Arthritis"

Cherry juga bagus buat arthritis. Kaya akan antioksidan juga :-)

Download Ebook Gratis