Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Ginseng Kurangi Rasa Lelah Pasien Kanker


GINSENG, bahan alami yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional China ternyata mampu membantu pasien kanker dalam melawan rasa lelah yang disebabkan oleh kondisi tersebut, menurut sebuah studi baru.


Para peneliti menemukan bahwa dosis tinggi dari ramuan ginseng Amerika yang diminum selama lebih dari dua bulan mengurangi rasa lelah pada penderita kanker lebih efektif daripada plasebo.

Peneliti memantau 340 pasien yang menjalani pengobatan kanker atau sedang dirawat karena kanker di salah satu dari 40 pusat komunitas medis. Enam puluh persen dari pasien yang diteliti menderita kanker payudara.

Setiap hari, pasien menerima plasebo atau 2.000 miligram ginseng yang diberikan dalam bentuk kapsul yang mengandung akar ginseng murni yang ditanam di Amerika. "Ginseng kemasan kadang-kadang diolah dengan menggunakan etanol yang dapat memberikan estrogen yang dapat membahayakan pasien kanker payudara," ujar salah satu peneliti, Dokter Debra Barton dari Mayo Clinic.

Setelah empat minggu, dosis ginseng murni semakin sedikit diberikan karena adanya kemajuan dari gejala kelelahan. Namun, pada minggu kedelapan, muncul kemajuan signifikan dalam pengurangan rasa lelah jika dibandingkan dengan kelompok plasebo. "Setelah delapan minggu, kami melihat pengurangan kelelahan pada pasien kanker," kata Dr Barton.

Kelelahan pada pasien kanker telah dikaitkan dengan peningkatan sitokin inflamasi sistem kekebalan tubuh serta tingkat buruk hormone stress, kortisol. Bahan aktif ginseng, ginsenosides, dalam studi terhadap hewan telah terbukti mengurangi sitokin terkait dengan peradangan dan membantu mengatur kadar kortisol.

sumber: mediaindonesia.com
0 Komentar untuk "Ginseng Kurangi Rasa Lelah Pasien Kanker"

Download Ebook Gratis