Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Ekstrak Stroberi Lindungi Kulit dari Sinar Ultraviolet


KRIM tabir surya yang terbuat dari stroberi ternyata bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet. Menurut sebuah penelitian, ekstrak stroberi memberikan perlindungan terhadap radiasi ultraviolet dan mengurangi kerusakan kulit akibat paparan berlebihan sinar matahari.

Para ilmuwan dari Italia dan Spanyol melakukan penelitian yaitu menerapkan ekstrak stroberi berkonsentrasi 0,05, 0,25 dan 0,5 miligram per mililiter ke kulit manusia. Ternyata penelitian yang dipimpin Maurizio Battino dari Universita Politecnia delle Marche telah memverifikasi efek melindungi dari ekstrak stroberi yaitu melawan kerusakan sel-sel kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet A (UV A).

Meskipun sinar UV A kurang kuat daripada UV B, namun paparannya mampu menembus lebih dalam ke kulit dan membuat prematur usia kulit. Sedangkan UV B yang diserap lapisan atas kulit, melepaskan bahan kimia yang menyebabkan pembengkakan, nyeri dan kemerahan.

Dari data penelitian tersebut ditegaskan pula bahwa ekstrak stroberi, terutama pada konsentrasi 0,5 mg atau ml melindungi kulit terhadap radiasi UV A. Selain itu bisa meningkatkan kelangsungan hidup sel dan penurunan kerusakan DNA bila dibandingkan dengan sel kulit yang tidak dilindungi ekstrak stroberi.

Temuan yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural Food Chemistry ini membuka jalan bagi pengembangan krim tabir surya yang terbuat dari stroberi. Daun, bunga dan buah stroberi juga mengandung pigmen yang disebut anthocyanin yang bersifat memberikan perlindungan dari paparan sinar matahari.

sumber: mediaindonesia.com
0 Komentar untuk "Ekstrak Stroberi Lindungi Kulit dari Sinar Ultraviolet"

Download Ebook Gratis