Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Keju Makanan Alternatif Penurun Risiko Diabetes


MAKANAN yang berasal dari olahan susu ini disebutkan memiliki keunggulan selain sebagai sumber protein. Dalam sebuah penelitian terbarum keju dinyatakan sebagai makanan alternatif penurun risiko diabetes.


Disebutkan, orang yang mengonsumsi dua potong keju atau sekitar 56 gram sehari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 sebanyak 12 persen. Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition ini melibatkan para ahli dari Inggris, Spanyol, Italia dan Belanda. Sebanyak 16.800 orang dewasa sehat dan 12.400 pasien diabetes tipe 2 menjadi relawan dalam penelitian ini. Peneliti membandingkan mereka yang makan keju dan menghilangkan keju dari menu harian.

Selain keju, konsumsi yogurt sebanyak 56 gram setiap hari juga memberi efek yang sama. Para peneliti percaya bahwa penurunan risiko diabetes ini berkaitan dengan bakteri probiotik dalam produk keju dan yoghurt.

Disebutkan peneliti, dua bahan makanan tersebut menghasilkan berbagai vitamin selama proses fermentasi. Vitamin-vitamin tersebut membantu mencegah diabetes juga menurunkan kolesterol. Kandungan kalsium, magnesium dan vitamin D yang tinggi pada keju dan yogurt juga memberi perlindungan dari diabetes.

Meski dikatakan ampuh, jangan sekali-kali menjadikan keju sebagai menu utama untuk menangkal diabetes. Dr. Iain Frame, direktur penelitian dari The Charity Diabetes Inggris menyarankan agar Anda menerapkan pola makan sehat dan seimbang. Pola makan yang disarankan adalah makanan kaya serat seperti buah dan sayuran serta rendah garam dan lemak.

sumber: mediaindonesia.com
0 Komentar untuk "Keju Makanan Alternatif Penurun Risiko Diabetes"

Download Ebook Gratis