Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Inilah 6 Makanan Terbaik saat Menopause


Diperlukan pola hidup yang teratur disertai dengan makanan yang sehat bagi perempuan yang telah berhentinya masa suburnya atau menopause. Sebagai informasi, berikut adalah makanan terbaik bagi perempuan menopause.


1. Makanan berserat: masa menopause merupakan masa yang rentan terhadap masalah kesehatan pencernaan. Untuk itu, penuhi menu harian dengan serat utuh dari buah, sayur, kacang-kacangan, padi-padian, agar-agar, dan gandum. Selain baik bagi pencernaan, serat juga memainkan peranan penting dalam penurunan kolesterol, dan glukosa darah yang biasanya lebih mengincar di usia tersebut.

2. Cukupi kalsium harian: pengeroposan tulang merupakan kondisi yang jamak terjadi saat bertambahnya usia. Nah, untuk mengurangi risiko osteoporosis setelah menopause, mengonsumsi susu merupakan pilihan yang bijak. Penuhi asupannya terlebih saat sarapan dan sesaat sebelum tidur.

3. Kacang kedelai: selain mengandung serat alami, kedelai juga mengandung phytoestrogen dan isoflavon, yang dapat memperbaiki gejala menopause seperti hot flashes (gelisah dan berkeringat di malam hari). Kedelai bisa dioleh menjadi susu, atau Anda bisa mengonsumsinya setelah diolah menjadi tahu maupun tempe.

4. Protein: mengonsumsi makanan yang mengandung protein seperti daging, telur, produk susu, dan kacang-kacangan akan membantu dalam proses penyembuhan akibat infeksi dan operasi.

5. Buncis: dengan kandungan serat alami, phytoestrogen, mineral, kalsium, asam folat dan vitamin B-6, akan membantu dalam memperlambat penyerapan glukosa dalam aliran darah.

6. Air putih: jangan lupakan konsumsi air putih yang cukup. Di balik kesederhanaannya, air putih merupakan cara terbaik untuk detoksifikasi dan juga menjaga kelembapan kulit meskipun usia tak lagi muda.

sumber: mediaindonesia.com
0 Komentar untuk "Inilah 6 Makanan Terbaik saat Menopause "

Download Ebook Gratis