Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Inilah Manffat Buah Mangga


Kampanya nasional Mangga Mania sepanjang September hingga November, melibatkan pengusaha kafe, restoran, juga pasar swalayan, menjadi cara yang dipilih konsorsium Nusa Fresh untuk meningkatkan apresiasi terhadap buah nusantara, salah satunya, mangga yang punya banyak manfaat kesehatan.


Masyarakat Indonesia sebenarnya sudah akrab dengan mangga, buah yang tergolong musiman ini. Pada musimnya, mangga selalu dicari berbagai kalangan. Meski banyak dicari, buah nusantara belum memiliki citra seperti yang didapatkan pada buah impor. Menjadikan mangga sebagai buah berprestise dan menjadi buah favorit dan populer, di supermarket misalnya, menjadi salah satu sasaran Mangga Mania ini.

Anda pun bisa menjadi bagian dari gerakan nasional ini, dengan mulai mengangkat derajat mangga, memposisikannya sebagai buah nusantara yang populer. Selain mensejajarkannya dengan buah impor lain, Anda pun punya alasan kuat mengapa harus lebih sering mengonsumsi mangga dan selalu menyediakannya di rumah.

Alasan kesehatan bisa menjadi dorongan bagi Anda dan keluarga untuk mengonsumsi buah yang banyak didapati di sentra produksi Jawa Timur ini. Berikut manfaat kesehatan dari buah mangga:

* Sumber antioksidan. Buah mangga mengandung beta-karoten, vitamin C dan kalium. Beta-karoten adalah zat dalam tubuh yang akan diubah menjadi vitamin A, penting untuk fungsi retina. Beta-karoten dan vitamin C juga tergolong antioksidan, yang dapat memberikan perlindungan terhadap kanker karena dapat menetralkan radikal bebas.

* Kaya vitamin C. Setiap 100 gram mangga masak dapat memasok 41 mg vitamin C. Mangga muda bisa memasok hingga 65 mg. Jadi, kalau Anda mengonsumsi mangga ranum 150 gr atau mangga golek 200 gr (setengah buah ukuran kecil), kebutuhan vitamin C 60 mg per hari untuk laki-laki dan perempuan dewasa, dapat terpenuhi dari buah mangga.

* Kaya kalium. Mangga mengandung kalium yang melimpah. Tiap 100 gr mangga mengandung 189 mg kalium. Dengan mengonsumsi mangga harum manis ukuran sangat kecil (minimal 250 gr), atau satu mangga gedong ukuran sedang (200-250 gr), kebutuhan kalium 400 mg per hari dapat terpenuhi.

* Membantu pencernaan. Mangga memiliki enzim pencernaan yang dapat membantu pemecahan protein serta membantu proses pencernaan.

* Meningkatkan memori. Glutamin terdapat dalam mangga, dan senyawa ini bermanfaat untuk meningkatkan memori.

Dengan berbagai manfaatnya, tak ada alasan untuk tak menjadikan mangga sebagai buah favorit keluarga. Anda bisa menikmatinya saat buah mangga melimpah di musim panen, dengan harga lebih terjangkau. Namun, Anda pun bisa saja mendapatkan mangga di luar musimnya, dengan rela membayar lebih mahal, demi meningkatkan status mangga agar bisa bersaing dengan popularitas buah impor.

sumber: kompas.com
0 Komentar untuk "Inilah Manffat Buah Mangga"

Download Ebook Gratis