Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Satu Lagi Keampuhan Bayam pada Kepikunan


Satu Lagi Keampuhan Bayam pada Kepikunan. Bayam, jenis sayuran hijau yang satu ini bukan hanya menyumbangkan banyak manfaat bagi kesehatan. Gemar mengonsumsi bayam juga memiliki risiko lebih rendah mengalami demensia atau pikun.


Kesimpulan tersebut berasal dari studi di Universitas Ulm Jerman. Dalam studinya, tim peneliti mengungkap bahwa kandungan antioksidan tinggi dalam bayam efektif melawan gejala demensia.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Alzheimer Disease, peneliti melibatkan 74 partisipan berusia 65 hingga 90 tahun dengan gangguan memori ringan dan 158 partisipan sehat. Selain diminta menjalani tes neuropsikologi dengan menjawab pertanyaan seputar gaya hidup, mereka juga menjalani tes darah dan pengukuran indeks massa tubuh.

Profesor Gabriele Nagel, pemimpin dalam penelitian yang juga seorang pakar epidemologi Jerman menyebutkan, bagi mereka yang gemar mengonsumsi bayam, diketahui konsentrasi serum dari antioksidan vitamin C dan beta-karoten secara signifikan lebih banyak, sehingga disebutkan mampu mengurangi risiko demensia dan juga alzheimer.

"Studi dengan partisipan lebih banyak diperlukan untuk mengonfirmasi hasil bahwa vitamin C dan beta-karoten dalam bayam dapat mencegah perkembangan dan timbulnya penyakit demensia atau Alzheimer, ujarnya

Demensia atau Alzheimer memiliki gejala antara lain sering lupa, kurang orientasi, dan penurunan kognitif. Hal tersebut terjadi akibat perubahan struktur otak termasuk plak amiloid-beta, degenerasi fibrillae dan hilangnya sinapsis. Sementara stres oksidatif, yang menghambat peredaran oksigen dalam tubuh, juga diduga berperan kuat mengembangkan gangguan memori ini. Disebutkan, selain bayam, peneliti mengungkap manfaat serupa dalam santapan kaya antioksidan lain seperti wortel, aprikot, dan juga jeruk.

sumber: mediaindonesia.com
0 Komentar untuk "Satu Lagi Keampuhan Bayam pada Kepikunan "

Download Ebook Gratis