Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Teh Hijau Bisa Tingkatkan Daya Ingat


Berkat kandungan kimia organik bernama EGCG.

Menyeruput teh hijau ternyata tak hanya baik untuk kesehatan jantung, tapi juga bisa meningkatkan memori (daya ingat) Anda.

Demikian yang dikemukakan para ilmuwan dari China.

Sebuah studi terbaru menemukan, bahwa sifat kimia dari teh hijau mampu mempromosikan generasi sel-sel otak yang memberikan manfaat untuk memori dan belajar spasial.

Pemimpin studi, profesor Bai Yun dari Third Military Medical University, Chongqing, China mengatakan,  ada banyak perhatian ilmiah tentang penggunaannya dalam membantu mencegah penyakit kardiovaskuler.

Namun sekarang ada bukti yang muncul bahwa sifat kimianya dapat mempengaruhi mekanisme seluler di otak.



Dalam penelitian tersebut Profesor Yun dan tim memfokuskan pada EGCG (epigallocatechin-3 gallate), kimia organik yang ditemukan dalam teh hijau.

Kimia organik ini, lanjut dia, dapat meningkatkan fungsi kognitif dengan memengaruhi generasi sel neuron, suatu proses yang dikenal sebagai neurogenesis.

"Fokus penelitian kami pada hippocampus, bagian dari otak yang memproses informasi dari jangka pendek ke memori jangka panjang," sambung profesor Yun.

Alhasil, tim penelitian menemukan bahwa ECGC meningkatkan produksi sel-sel progenitor saraf yaitu, sel-sel induk yang dapat beradaptasi menjadi berbagai jenis sel. Mereka kemudian menggunakan tikus percobaan untuk mengetahui apakah produksi sel yang meningkat ini memberikan keuntungan bagi memori atau pembelajaran spasial.



"Kami melakukan tes pada dua kelompok tikus, salah satu yang telah menyerap ECGC dan kelompok kontrol (tanpa ECGC)," kata Yun. 



Tikus tersebut dilatih selama tiga hari untuk menemukan platform terlihat dalam labirin mereka. Kemudian mereka dilatih selama tujuh hari untuk menemukan platform yang tersembunyi. 



Tim menemukan bahwa tikus yang diberi ECGC memerlukan sedikit waktu untuk menemukan platform yang tersembunyi tikus yang tak diberi kimia organik tersebut. Hasil ini menunjukkan, bahwa EGCG mampu meningkatkan pembelajaran dan memori dengan meningkatkan pengenalan obyek dan memori spasial.

sumber: beritasatu.com
0 Komentar untuk "Teh Hijau Bisa Tingkatkan Daya Ingat"

Download Ebook Gratis