Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


7 Makanan Berikut Akan Membuat Fikiran Tetap Fokus


7 Makanan Berikut Akan Membuat Fikiran Tetap Fokus. Beberapa di antara kita mungkin pernah mengalami saat-saat di mana sangat sulit fokus menghadapi suatu pekerjaan. Banyak hal yang melatarbelakangi munculnya kondisi tersebut.


Tapi Anda tidak perlu khawatir. Untuk bisa fokus dan berkonsentrasi penuh pada pekerjaan, Anda tidak perlu sampai mengonsumsi obat-obatan. Ada beberapa makanan yang dipercaya mampu membantu menjaga pikiran tetap fokus:

1. Kafein
Konsumsi kafein bagi sebagian orang mungkin dianggap sebagai suatu yang buruk. Hal tersebut memang benar. Akan tetapi jika digunakan dalam porsi yang sedang dan tidak berlebihan, kafein mampu menjaga otak Anda tetap fokus. Tapi ingat, terlalu banyak kafein justru akan membuat Anda menjadi gelisah dan tidak mampu berkonsentrasi.

2. Gula
Cara ini memang sedikit berbau kontroversi, mengingat efek gula yang buruk bagi kesehatan.Tetapi dengan mengnsumsi satu sendok gula sudah cukup untuk membantu pikiran Anda yang mulai lelah untuk tetap fokus. Gula alami yang sehat dapat menjadi pilihan Anda. Gula ini bisa diperoleh dari buah-buahan atau makanan lain seperti gandum yang diketahui sangat baik bagi otak dalam meningkatkan perhatian.

3. Ikan
Ikan merupakan sumber alami asam lemak omega-3. Penelitian menunjukkan, konsumsi ikan dua kali seminggu akan memberikan otak Anda vitamin yang dibutuhkan bagi perkembangan dan fungsi otak. Bila memang mungkinkan, pilihlah ikan yang memiliki kadar merkuri yang rendah atau lebih baik lagi bila tidak mengundung sama sekali loga berat yang berbahaya. Beberapa jenis ikan yang baik untuk konsentarsu seperti salmon, sarden dan tuna.

4. Popcorn
Cemilan dari jagung ini kaya akan vitamin B6, B12, dan E. Kudapan renyah ini diyakini mampu untuk meningkatkan kemampuan Anda untuk fokus, meningkatkan memori dan kekuatan otak. Agar lebih sehat hindari penambahan garam atau penguat rasa lainnya. 

5. Alpukat
Buah yang satu memiliki manfaat yang sangat luar biasa, tidak hanya untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, menjaga aliran darah tetap lancar dan meningkatkan fungsi otak, tetapi juga tinggi asam lemak omega-3. Alpukat merupakan alternatif terbaik bagi mereka yang tidak menggemari makanan ikan laut.

6. Kacang-kacangan dan biji-bijian
Selain tinggi kandungan antioksidan, kacang dan biji-bijian juga berkontribusi dalam memberikan perlindungan jangka panjang pada otak dan mencegah penurunan fungsi kognitif Anda.

7. Sayuran hijau
Melahap sayuran hijau seperti bayam, brokoli, peterseli dan kubis dapat menjaga pikiran tetap tajam. Manfaat ini hadir ini berkat tingginya kadar asam folat yang terkandung di dalamnya.

Sumber : Times of India, kompas.com
0 Komentar untuk "7 Makanan Berikut Akan Membuat Fikiran Tetap Fokus"

Download Ebook Gratis