Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Inilah 4 Manfaat Terbaik Temulawak


Inilah 4 Manfaat Terbaik Temulawak. Salah satu jenis rimpang yang populer di dunia pengobatan herbal, temulawak, bnukan hanya sekedar tanaman yang bisa mendongkrak nafsu makan. Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) banyak ditemukan di daerah tropis. Rimpang yang satu ini termasuk jenis tumbuh-tumbuhan herbal yang memiliki batang pohon semu dengan tinggi maksimal 2 meter.


Temulawak sejak lama dikenal sebagai bahan ramuan obat. meskipun berbau tajam, temulawak memiliki beberapa manfaat bagi  kesehatan, salah satunya untuk organ pencernaan.

Rimpang yang dapat tumbuh baik sampai pada ketinggian tanah 1.500 meter di atas permukaan laut ini memiliki beberapa kandungan senyawa kimia seperti, ellandrean dan turmerol atau yang sering disebut minyak menguap. Kemudian minyak astiri, kamper, glukosida, foluymetik karbinol. Dan kurkumin yang terdapat pada rimpang tumbuhan ini bermanfaat sebagai acnevulgaris, disamping sebagai anti inflamasi (anti radang) dan anti hepototoksik (anti keracunan empedu). Berikut ini adalah beberapa manfaat dan resep pengobatan alternatif dari temulawak.

1. Sembelit. Persiapkan 1 rimpang temulawak, 3 buah asam, dan 1 potong gula merah. Cara membuat :iris tipis-tipis temulawak, kemuadian angina-anginkan. Setelah temulawak kering, campurkan dengan bahan kedua bahan lainnya dan seduh dengan air panas. Setelah ramuan dingin, saring dan minum 2 kali sehari.

2. Sakit perut. Temulawak juga mapuh dalam mengusir sakit perut, termasuk nyeri karena haid. Caranya sama, Anda bisa mempersiapkan 1 rimpang temulawak, asam, dan gula merah. Prosesnya, parut temulawak, kemudian rebus bersama kedua bahan tersebut dengan 1 gelas air. Minum 2 kali sehari saat pagi dan sore.

3. Maag. Bagi Anda yang memiliki gangguan maag. Anda bisa mencoba resep dari temulawak. Caranya, sediakan 1 rimpang temulawak, iris tipis-tipis kemudian angina-anginkan hingga kadar airnya sedikit berkurang. Kemudian, rebus dengan air secukupnya. Konsumsi resep tersebut satu kali sehari.

4. Sakit kepala dan masuk angin. Sediakan beberapa rimpang temulawak, kemudian iris tipis-tipis dan tumbuk. Rebus dengan 4 gelas air hingga ramuan menyusut menjadi 3 gelas. Saring, dan konsumsi selagi hangat.

(berbagai sumber) mediaindonesia.com
0 Komentar untuk "Inilah 4 Manfaat Terbaik Temulawak"

Download Ebook Gratis