Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Inilah 5 Rimpang Wajib untuk Apotek Hidup


Inilah 5 Rimpang Wajib untuk Apotek Hidup. Selain pengobatan medis, beberapa orang lebh mempercayai keampuhan pengobatan tradisional. Sejak lama, banyak orang yang telah menggunakan pekarangan rumah sebagai salah satu cara untuk membuat apotek hidup.


Apotek hidup merupakan lahan yang ditanami beragam jenis tumbuhan obat. Nah, untuk memaksimalkan fungsinya, sebaiknya Anda juga menanam beberapa jenis tanaman rimpang seperti yang berikut ini.

1. Kunyit. Tanaman rempah yang satu ini sering menjadi pewarna alami dalam beberapa hidangan makanan. Selain memiliki warna yang menarik, kunyit juga bisa mengobati beberapa penyakit seperti masalah pencernaan, sakit perut karena nyeri haid, hingga menyingkirkan masalah peradangan lambung.

2. Jahe. Rimpang yang memebri sensasi hangat di tenggorokan ini juga memiliki banyak khasiat. Di antaranya, menyingkirkan batuk, migrain, meredakan mulas, mencegah dan mengatasi flu.

3. Lengkuas. Selain menambahkan aroma pada beberapa jenis sayur berkuah. Lengkuas juga bisa dimanfaatkan untuk pengobatan kulit secara tradisional seperti panu, kurap, eksim, dan bercak putih.

4. Temukunci. Tanaman rempah dengan nama latin Boesenbergiae rhizome ini memiliki kandungan utama minyak atsiri, dammar, dan pati yang sering disebut-sebut sebagai penghalau kembung pada perut.

5. Kencur. Kaempferia galanga atau populer dikenal dengan kencur, bisa mengobati keluhan masuk angin dan diare yang membandel.

sumber: mediaindonesia.com
0 Komentar untuk "Inilah 5 Rimpang Wajib untuk Apotek Hidup"

Download Ebook Gratis