Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Inilah Manfaat dan Kandungan Beras Kencur dan Cara Membuatnya


Minuman hangat merupakan padanan yang pas saat tubuh terasa lelah di udara dingin. Salah satunya yakni minuman tradisional seperti beras kencur yang berkhasiat menghilangkan rasa lelah, pegal-pegal pada persendian dan otot, dan mencegah masuk angin.

Kencur (Kaempferia galanga) termasuk suku tumbuhan Zingiberaceae yang memiliki daging buah lunak dan tidak berserat. Rimpang Kencur mengandung pati (4,14 %), mineral (13,73 %), dan minyak atsiri (0,02 %) berupa sineol, asam metil kanil dan penta dekaan, asam cinnamic, ethyl aster, asam sinamic, borneol, kamphene, paraeumarin, asam anisic, alkaloid dan gom.

Di kalangan masyarakat Indonesia, dipadu dengan beras, kencur diolah menjadi minuman penyegar bernama beras kencur. Minuman ini juga digolongkan sebagai jamu karena diklaim memiliki khasiat meningkatkan nafsu makan dan menghilangkan pegal linu.

Tidak perlu mengonsumsi bentuk bubuk yang telah diolah beberapa produsen jamu, Anda juga bis amembuat ramuan yang satu ini sendiri loh. Berikut adalah langkahnya :

Bahan yang disediakan:
beras 10 gr, kencur segar 15 gr, jahe  segar 4 gr, asam jawa 5 gr, kayu manis 0,1 gr, garam secukupnya, air 100 ml.

Cara pembuatan:
Sangrai beras selama 5-10 menit di api yang kecil. Kemudian tumbuk beras hingga halus. Potong kecil-kecil bahan lainnya dan rebus dalam air yang telah disediakan selama 10-15 menit.

Setelah air rebusan siap, tambahkan beras yang telah ditumbuk. Kemudian saring airnya, dan siap untuk dikonsumsi pagi dan sore.

sumber: mediaindonesia.com
0 Komentar untuk "Inilah Manfaat dan Kandungan Beras Kencur dan Cara Membuatnya"

Download Ebook Gratis