Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Telan Korban! Gara - Gara Obat Herbal Tercemar Bahan Berbahaya


Health Sciences Authority (HSA) mengatakan bahwa seseorang perempuan lansia asal Singapura, meninggal setelah mengalami ruam yang serius setelah mengonsumsi produk kesehatan ilegal yang diduga tercemar, Rabu (9/10).



Perempuan yang berusia 70 tahun tersebut, dirawat di salah satu rumah sakit setempat setelah mengonsumsi obat herbal dengan merek Flutulang yang disebut-sebut mampu membantu dalam meringankan sakit pada otot.

Setelah diketahui, Flutulang ditemukan mengandung dua bahan obat yang berbahaya. Yakni fenilbutazon, obat yang digunakan sebagai anti-inflamasi yang biasanya digunakan untuk mengobati rheumatoid. Lainnya, adalah klorfeniramin, sejenis antihistamin yang digunakan untuk meredakan reaksi alergi seperti demam dan asma. Diketahui, perempuan tersebut telah mengonsumsi Flutulang yang diperolehnya dari Indonesia sejak Agustus 2012. Selain Flutulang, lembaga tersebut juga menyoroti dua orang pasien lainnya yang jatuh sakit setelah mengonsumsi obat herbal tradisional.

Satu dari mereka adalah perempuan berusia 50 tahun yang menderita sindrom cushing, suatu gangguan yang terjadi ketika tubuh seseorang terkena hormon steroid tingkat tinggi setelah mengonsumsi kapsul gaut (asam urat) tradisional selama empat bulan.

Setelah ditelusuri, ia memperoleh produk tersebut di Malaysia yang diketahui mampu menghilangkan nyeri, rematik, hingga menyembuhkan kelelahan. Pasien lainnya adalah seorang pria berusia 70 tahun yang mengambil Vegrow Prolife asal Indonesia. Vegrow Prolife merupakan obat herbal yang diklaim sebagai obat yang mampu memperkuat tubuh dan menjaga kesehatan.

Namun setelah diselidiki, Vegrow Prolife merupakan obat yang dicampur dengan propoxyphenyl-thiohydroxyhomosildenafil, sebuah obat mirip dengan sildenafil, yang merupakan obat kimia yang digunakan secara medis peningkatan seksual.

Dr Raymond Chua, Direktur HSA, mengatakan bahwa konsumsi produk kesehatan ilegal dan dipalsukan bisa mengancam jiwa. Ia menyebutkan, meskipun obat-obat tersebut terlihat aman dalam memberikan janji kesehatan lainnya, namun dari sisi medis penggunaan campuran berbahaya lainnya juga akan mengundang kondisi seperti sakit dan nyeri, dan efek samping yang lebih serius.

sumber: mediaindonesia.com
0 Komentar untuk "Telan Korban! Gara - Gara Obat Herbal Tercemar Bahan Berbahaya"

Download Ebook Gratis