Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Inilah Manfaat Ganja 'Marijuana' Untuk Kesehatan


Inilah Manfaat Ganja 'Marijuana' Untuk Kesehatan. yang dilakukan oleh pemerintah Amerika serikat terhadap pelegalan marijuana sontak membuat beberapa negara tercengang. Kepemilikan sejumlah kecil ganja menjadi barang yang tidak dianggap tabu lagi di negara tersebut. Salah satunya negara bagian Washington, Colorado, dan Oregon, Amerika Serikat.


Tanaman kanabis ini menghasilkan marijuana yang merupakan daun dan pucuk tanaman yang mengandung bahan psikoaktif delta-9 tetrahidrocanabinol (THC).
THC diserap melalui paru-paru atau perut ke dalam aliran darah dan pada akhirnya dibawa ke otak. Di mana zat tersebut membanjiri reseptor dengan bahan kimia yang membangkitkan rasa senang di otak.

Disebutkan, pada umumnya, mengisap marijuana memberikan efek santai pada pengguna. Marijuana juga meningkatkan nafsu makan. Drug Enforcement Administration (DEA) and the Drug Policy Alliance (DPA), menyebutkan beberapa keunggulan marijuana untuk kesehatan. Berikut di antaranya :

1. Kanker. Ganja bisa menjadi salah satu obat dalam terapi penyembuhan kanker. Cara kerjanya adalah dengan mengaktifkan molekul-molekul dalam tubuh seperti cannabinoid receptor, yang pada akhirnya akan menghentikan pengiriman sinyal rasa sakit ke otak.

2. Multiple Sclerosis. Seperti yang dikutip dari Dailymail, ekstrak daun ganja juga bisa digunakan dalan penyembuhan penyakit multiple sclerosis. Seperti diketahui, multiple slerosis merupakan penyakit yang menyerang sistem saraf yang diakibatkan oleh kerusakan myelin, sebuah pelindung yang mengelilingi serabut pada sistem saraf pusat. Saat myelin mengalami kerusakan, organ tersebut akan mengganggu penyampaian pesan antara otak dan bagian tubuh lainnya.

3. Epilepsi. Senyawa cannabidiol dalam tanaman ganja efektif dalam meredakan nyeri yang terjadi di otak, yang biasanya menjadi pemicu kejang pada pasien epilepsi. Senyawa inidibantu oleh senyawa lain dalam tanaman ganja, yakni GWP42006.

4. Senyawa dalam ganja juga disebutkan mampu membantu menyingkirkan penyakit arthritis, sakit kepala, parkinson, glaukoma, hipertensi, alzheimer, dan lainnya.

Meski memiliki manfaat bagi beberapa penyakit, penggunaan marijuan tidak bisa seenaknya. Diperlukan takaran yang tepat agar penggunaan marijuana memperoleh manfaat bagi kesehatan. Peneliti di Cannabis Research Center, San Francisco, seperti yang dikutip dari Canabismd, menyebutkan takaran normalnya.

Takaran tepat ganja yang dibuat menjadi rokok untuk tujuan medis adalah dari angka 10 hingga 20 gram ganja per minggu atau sekitar 1 hingga 3 gram per hari. Meskipun telah ada dosis tepat dalam penggunaan ganja, diperlukan pantauan pihak media dalam pelaksanaannya. Konsumsi ganja yang asal-asalan bukan tidak mungkin mengakibatkan masalah kesehatan seperti paru-paru hingga terganggunya fungsi memori.

sumber: Dailymail, Foxnews, Askmen, mediaindonesia.com
0 Komentar untuk "Inilah Manfaat Ganja 'Marijuana' Untuk Kesehatan "

Download Ebook Gratis