Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Manfaat Jahe untuk Pencernaan dan Nafsu Makan


Manfaat Jahe untuk Pencernaan dan Nafsu Makan. satu jenis rimpang ternama yang mampu memberi efek menghangatkan, bukan hanya sekedar menambah aroma pada makanan maupun minuman, namun juga sebagai bentuk pengobatan alternatif yang banyak digunakan.


Dr Jaishree Bhattacharjee, konsultan Ayurvedic di Satvikshop.com, menyebutkan bahwa jahe memiliki banyak khasiat yang sebenarnya bisa dikembangkan lebih baik. “Jahe sangat populer digunakan dalam pengobatan herbal karena memiliki banyak menfaat seperti gangguan pada organ pencernaan maupun pernapasan, terangnya.

Menurutnya, jahe mampu meredakan kembung karena memiliki sifat stimultan dan ekspektoran. “Jahe juga memiliki mineral yang berguna seperti kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, tembaga, seng, dan juga vitamin, lanjutnya.

Bukan hanya menimbulkan manfaat bagi kesehatan, jahe juga bisa digunakan dalam menambah selera makan. Menurut peneliti, olahan jahe yang dikonsumsi sebelum makan dapat meningkatkan napsu makan dengan cara meredakan racun yang menyerang pencernaan. Caranya, campurkan irisan jahe segar dalam segelas jus jeruk. Konsumsi sebelum dan sesudah makan.

Jus jahe segar juga bisa digunakan untuk mengobati gejala batuk dan dingin, menghentikan hidung berair dan membantu menyembuhkan sakit kepala dan demam yang berhubungan dengan flu biasa. Jahe bisa dikonsumsi dicampurkan dengan teh atau sebagai rebusan dengan kemangi dan madu,” ujar Dr Jaishree, peneliti lain dalam studi tersebut.

Jika Anda memiliki masalah mabuk perjalanan, jahe juga bisa dipakai sebagai obat alternatif. Disebutkan, jahe mampu mengatur enzim pencernaan dan juga meningkatkan asimilasi nutrisi ke jaringan tubuh yang bisa mengurangi efek mual.

Selain itu jahe juga berfungsi sebagai terapi dalam mengurangi nyeri sendi dan peradangan pada pasien penderita arthritis karena sifat analgesic dan juga antiinflamasi. “Jahe yang dikeringkanmemiliki sifat analgesic dan antiinflamasi yang digunakan sebagai terapi nyeri sendi dan peradangan pada arthritis,” lanjutnya.

sumber: mediaindonesia.com
0 Komentar untuk "Manfaat Jahe untuk Pencernaan dan Nafsu Makan"

Download Ebook Gratis