Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Atasai Diare Dengan Tempe!


Atasai Diare Dengan Tempe! Anda yang pernah diare tentu merasakan betul bagaiman menderitanya sakit perut ini. Bila tidak ditangani dengan tepat, diare akan mengganggu seluruh aktivitas kita bahkan kematian untuk anak-anak atau orangtua.


Pengobatan diare, menurut para dokter biasanya diatasi dengan menggantikan cairan yang hilang dan tidak menghentikan pemberian makanan terutama yang mudah dicerna seperti bubur. Penghentian pemberian makanan akan menurunkan keadaan gizi penderita.

Salah satu jenis makanan yang dapat membantu menyelesaikan persoalan diare ini adalah tempe. Menurut ahli gizi dra. Emma S. Wirakusumah, MSc yang juga staf pengajar jurusan Gizi Masyarakat dan Sumber Daya Keluarga, Fakultas Pertanian, IPB tempe merupakan makanan yang tepat untuk dikonsumsi saat diare karena mudah dicerna.

Tempe, menurut Emma mengandung serat tinggi. Bila ditambahkan pada makanan orang mempunyai waktu transit tidak normal, serat ini akan memperlambat waktu transit tersebut sehingga diare bisa disembuhkan.

Vam Veen dan Schaefer pada 1950 pernah mengamtai pengaruh baik tempe pada penderita disentri di camp tawanan peran dunia II. Karena itu, tempe juga digunakan dalam pembuatan makanan campuran untuk anak penderita diare dan kurang gizi.

Penelitian lain, menurut Emma menunjukkan bahwa bayi dan balita penderita gizi buruk dan diare kronis yang diberi makanan formula tempe mengalami perbaikan gizi, kenaikan berat badan dan penyembuhan diare dalam waktu yang relatif singkat.

sumber: sehatnews.com
0 Komentar untuk "Atasai Diare Dengan Tempe!"

Download Ebook Gratis