Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Cara Membuat Ramuan dari Jeruk Nipis Untuk Atasi Batuk


Cara Membuat Ramuan dari Jeruk Nipis Untuk Atasi Batuk. Beberapa jenis batuk, termasuk batuk pilek, bisa diatasi dengan ramuan sederhana menggunakan jeruk nipis. Anda tentu telah mengenal ramuan ini secara turun temurun, namun bagaimana dengan dosisnya? Untuk batuk pilek, jeruk nipis juga perlu diramu dengan cara tepat agar bisa membantu mengatasi gangguan kesehatan ini.


Kampoeng Djamoe Organik (KaDO) Martha Tilaar mengumpulkan resep ramuan alami dari tanaman obat, dan merangkumnya menjadi buku Aneka Resep Jamu untuk Mengatasi Berbagai Penyakit (diterbitkan untuk kalangan terbatas dalam kegiatan KaDO). Ada dua ramuan mengatasi batuk dan batuk pilek menggunakan satu bahan yang mudah didapatkan, yakni jeruk nipis.

Mengatasi batuk
Ambil satu buah jeruk nipis, diperas, airnya ditambah kecap atau madu dengan porsi sama banyak, lalu aduk sampai rata. Ramuan sederhana ini dikonsumsi tiga kali sehari, dengan takaran satu sendok makan untuk orang dewasa. Anak-anak juga aman mengonsumsi ramuan ini, namun berbeda takarannya, yakni satu sendok teh diminum tiga kali sehari.

Mengatasi batuk pilek

Bahan:
  1. 3 sdm air jeruk nipis.
  2. 3/4 gelas air teh kental.
  3. Gula batu sebesar telur ayam.
Cara membuat: Campur semua bahan, diaduk sampai larut.

Cara pemakaian:
  1. Orang dewasa: tiga kali sehari satu ramuan.
  2. Anak-anak: tiga kali sehari 1/2 cangkir.
  3. Ramuan ini tidak untuk diberikan kepada balita.
sumber: kompas.com
0 Komentar untuk "Cara Membuat Ramuan dari Jeruk Nipis Untuk Atasi Batuk"

Download Ebook Gratis