Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Inilah Tips Membeli, Menyimpan, Mengolah, Bayam


Inilah Tips Membeli, Menyimpan, Mengolah, Bayam. Bayam dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan. Mulai dari salad segar hingga sebagai  lauk dengan ditumis. Olahlah secara kreatif untuk mendapatkan hidangan bayam segar nan lezat yang penuh gizi.


Berikut tip mengolah, membeli, memilih hingga menyimpan bayam seperti yang diulas dalam Recipetips:

Mengolah bayam
Bayam dapat digolah dalam banyak cara. Daun bayam segar bisa menjadi bahan utama untuk membuat berbagai macam salad yang lezat, termasuk Salad bayam dengan stroberi. Bayam segar dapat ditambahkan ke sup, pasta, lasagna, atau sandwich, atau digunakan sebagai topping pizza. Daun bayam dingin dapat disajikan dengan irisan sayuran, seperti wortel, zucchini, paprika, atau mentimun. Saus bayam panas sebagai menu pembuka, letakkan di atas kerupuk atau irisan tipis baguette. Semntara tumis bayam sebagai menu lauk yang sehat.

Membeli bayam
Bayam segar merupakan bayam dengan rasa terbaik, yaitu yang baru dipetik, dan pada musimnya. Lebih baik membeli bayam pada musimnya langsung pada petani lokal. Jika Anda membeli bayam yang belum dicuci, Anda harus mencuci hingga bersih lalu keringkan daun bayam sebelum memasak bayam segar. Anda juga dapat membeli bayam di supermarket, sebagian besar yag dijual merupakan bayam segar yang telah dibersihkan atau bayam  muda, pilih yang terbaru dengan daun yang lebih muda dan lebih lembut serta rasa sedikit manis yang menandakan bayam telah matang. Segera gunakan bayam dalam beberapa hari untuk mendapatkan rasa dan gizi terbaik.

Memilih bayam
Bayam sangat dikenal sebagai makanan sehat. Anda dapat menemukkanya di toko-toko grosir dan pasar tradisional. Pilihlah daun bayam yang lebar dan berwarna hijau gelap. Hindari daun yang terlihat berwarna hijau kekuningan atau pucat, atau daun yang terlihat lembek, basah, atau daun yang memiliki bintik-bintik gelap. Jika membeli bayam kemasan,sebaiknya periksa kondensasi atu embun di dalam wadah dan tidak membeli paket dimana daun menguning atau semakin lembek.

Menyimpan bayam

Bayam mudah busuk, daya tahan bayam saat disimpan dalam kulkas hanya beberapa hari hingga seminggu. Sebelum menyimpannya, lihat keadaan bayam. Buang daun yang berwarna kuning, basah atau berlendir. Jika menyimpan bayam menggunkan wadah plastik supermarket, pastikan tidak ada banyak embun di dalam wadah. Jika ada, ganti bungkusnya dengan kertas basah atau tisu basah yang dibungkus secara longgar lalu masukkan ke kantong plastik. Jangan cuci bayam saat akan menyimpannya di dalam kulkas.

Bayam segar juga dapat dibekukan dan disimpan, daya tahannya hingga dua bulan. Untuk membekukan bayam, celupkan daun ke dalam air mendidih sampai mereka hanya mulai layu, sekitar 30 detik. Kemudian pindahkan ke mangkuk berisi air dingin. Tiriskan dan simpan dalam kantong kedap udara dan bekukan di freezer. Jangan lupa beri label tanggal penyimpanan.

sumber: okezone.com
0 Komentar untuk "Inilah Tips Membeli, Menyimpan, Mengolah, Bayam "

Download Ebook Gratis