Para peneliti telah lama mencari efek menguntungkan dari lada hitam. Ternyata tak hanya bermanfaat sebagai bumbu masak, lada hitam  juga memiliki khasiat mengontrol lemak dalam darah.

Seperti dikutip laman Times of India, Kamis, 31 Mei 2012, sejumlah ilmuwan meneliti titik-titik piperin yang menimbulkan bau khas dan tajam pada lada hitam. Dari hasil pengamatannya, peneliti menyimpulkan, piperin dapat memblokir pembentukan sel-sel lemak baru.

Soo-jong Um, Ji-Cheon Jeong dan rekan satu timnya menjelaskan, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa piperin juga berkhasiat mengurangi kadar lemak dalam aliran darah dan memiliki efek kesehatan lain yang menguntungkan.

Lada hitam dan tanaman lada hitam, memang telah digunakan selama berabad-abad dalam dunia pengobatan tradisional orang Timur. Kebanyakan dari mereka meyakini lada hitam mampu mengobati gangguan pencernaan, nyeri, peradangan dan gangguan lain.

Para ilmuwan juga mendapatkan informasi tentang bagaimana piperin bekerja pada tingkat molekuler paling dalam. Dari situlah mereka berangkat untuk mendapatkan informasi lebih jauh lagi tentang efek piperin sebagai anti lemak.

Studi laboratorium juga menunjukkan, piperin berguna untuk "mengganggu" aktivitas gen yang mengontrol pembentukan sel lemak baru. Piperin memicu reaksi metabolisme berantai yang membantu menjaga lemak.

Peneliti yakin, temuan mereka tentang manfaat lada hitam dapat diperluas untuk pengobatan obesitas. Studi ini telah dipublikasikan dalam  ACS’ Journal of Agricultural and Food Chemistry.

sumber: VIVAnews
Bromhidrosis atau yang lebih dikenal dengan sebutan bau badan ternyata bukan masalah sepele. Banyak orang beranggapan bahwa bau badan disebabkan keringat yang berlebih. Namun faktanya tidak selalu demikan.


Bau badan hanyalah keringat yang bercampur bakteri. Bakteri berperan dalam proses pembusukan, maka hal inilah yang menimbulkan bau tidak sedap.

Seiringan dengan majunya ilmu pengetahuan dan teknologi, maka diciptakanlah deodoran, bahan pencegah bau badan yang mengandung wangi-wangian dan antibakteri. Selain itu, deodoran juga mengandung suatu zat aktif yang disebut antiperspirant. Zat ini berfungsi menyerap keringat yang berlebihan, sehingga badan kering dan nyaman.

Belakangan, tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) mahasiswa Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, yaitu Ika Nur Fitriani, Rizki Nor Amelia, Anggi Ristiyana Puspita Sari, menemukan ekstrak rimpang jahe merah untuk bahan pembuatan deodoran herbal alami. Bahan-bahan ini bisa jadi penyegar sekaligus penghilang bau badan.

Ika mengatakan, jahe sudah tak asing bagi masyarakat, baik sebagai bumbu dapur maupun obat-obatan.  Berdasarkan ukuran, bentuk dan warna rimpang, umumnya dikenal tiga varietas jahe, yaitu jahe gajah, jahe emprit, dan jahe merah.

Dari ketiga jenis jahe tersebut, jahe merah merupakan bahan yang paling cocok untuk bahan dasar farmasi, ramuan, dan obat-obatan. Ini karena jahe merah memiliki kandungan minyak atsiri tinggi dan rasa yang paling pedas.

Jahe merah juga mengandung antiflamasi dan antibakteri sehingga efektif dalam mengusir bau badan. Oleh karena itu deodoran jahe merah tidak mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

“Dari olahan jahe merah tersebut nantinya dapat dihasilkan bahan pembuat deodoran herbal alami,” katanya di Yogyakarta.

Untuk proses pembuatan deodoran, pertama kali adalah membuat ekstrak rimpang jahe merah dengan cara  memblender rimpang jahe merah yang sudah bersih dari kulitnya, kemudian diperas dan diambil sarinya.

Lalu memasukkan natriumstearat, ekstrak rimpang jahe merah, propilen glikol, dan alkohol dengan perbandingan tertentu ke dalam tabung reaksi besar. Kemudian tambahkan air secukupnya dan aduk hingga tercampur rata.

Setelah itu panaskan campuran tersebut pada suhu +80 derajat Celsius sambil diaduk hingga larut. Kemudian menambahkan pewarna secukupnya dam masukkan dalam cetakan dan tunggu hingga beku. Setelah itu keluarkan dari cetakan dan deodorant dari ekstrak rimpang jahe merah siap digunakan.

“Proses pengolahan tidak terlalu rumit dan tidak membutuhkan peralatan mahal,” katanya.

sumber: VIVAnews
Kunyit yang selama ini kita kenal sebagai bumbu masakan ternyata menyimpan manfaat luar biasa bagi kesehatan. Sebuah riset kembali menemukan manfaat konsumsi kari (kunyit sebagai bumbu utama) dalam membantu mencegah infeksi baru dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh.


Para ilmuwan mengklaim bahwa senyawa yang ditemukan dalam kunyit dapat membantu meningkatkan kadar cathelicidin antimikroba peptida atau CAMP protein yang membantu sistem kekebalan tubuh melawan berbagai bakteri, virus atau jamur. Seperti diketahui, kunyit merupakan rempah-rempah yang umum ditemukan di Asia dan telah digunakan selama 2.500 tahun dalam pengobatan tradisional India Ayurveda.

Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa vitamin D juga dapat meningkatkan kadar CAMP protein. Namun perbedaannya, kadar tinggi vitamin D dalam tubuh bisa menjadi racun dan dapat menyebabkan lebih banyak kalsium yang dilepas dalam darah sehingga menyebabkan hypercalcemia - yang dapat menyebabkan gejala seperti, tidak nafsu makan, mual, dan muntah.

Peneliti mengatakan bahwa hasil temuan ini bisa menjadi jalan bagi penelitian baru di bidang nutrisi dan farmakologi.

"Penelitian ini menjadi jalan baru untuk mengatur ekspresi gen CAMP," kata Adrian Gombart, seorang profesor biokimia dan biofisika di Linus Pauling Institute, Cornvallis, Oregon yang mempublikasikan temuan ini dalam Journal of Nutritional Biochemistry..

"Sungguh menarik dan agak mengejutkan bahwa kurkumin bisa melakukan itu dan ini dapat menjadi pilihan alternatif untuk mengembangkan terapi medis," tambahnya.

Gombart dan tim juga membandingkan efektivitas kurkumin dan omega-3 asam lemak dalam meningkatkan ekspresi gen CAMP. Hasilnya menunjukkan, asam lemak omega-3 tampaknya tidak berguna dalam meningkatkan protein. Sementara percobaan laboratorium menunjukkan, kurkumin pada kunyit memiliki kemampuan hampir tiga kali lipat mendongkrak kadar CAMP pada sel manusia.

"Kurkumin sebagai bagian dari kunyit, umumnya dikonsumsi dalam makanan pada tingkat yang cukup rendah," kata Gombart. "Namun, dengan konsumsi secara berkelanjutan dari waktu ke waktu seseorang bisa menjadi sehat dan membantu melindungi terhadap infeksi, terutama pada lambung dan usus," tambahnya.

Kurkumin, yang dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan, saat ini juga sedang dipelajari oleh para ilmuwan di Inggris sebagai suatu senyawa yang efektif untuk melawan kanker. Peneliti berharap, kurkumin dapat meningkatkan keberhasilan kemoterapi dan mengurangi efek samping.

"Kami telah menunjukkan bahwa kurkumin memiliki lebih dari 100 cara untuk merusak sel kanker, khususnya sel kanker di usus besar," kata Profesor Will Stewart dari England Universitas di Leicester.

"Salah satu mekanisme utama yang mempengaruhi cara kerja mereka (kurkumin) adalah bahwa mereka tumbuh di pembuluh darah," tambah Stewart.

Sumber : www.medicaldaily.com, kompas.com
Ingat dengan makanan si Popeye Seperti sayur bening hingga sour cream ala internasional. Di balik cita rasa laezatnya ini tersimpan berbagai nutrisi baik untuk tubuh, kaya vitamin,, kaya mineral, senyawa aktif dan asam organik.

Semakin banyak nutrisi terkandung di dalamnya, menandakan bayam juga memiliki segudang manfaat. Penasaran? Yuk, kita lihat lebih dekat lagi!

1. Baik untuk saluran pencernaan
Bayam memiliki efek yang sangat menguntungkan bagi kesehatan usus. Sayuran ini termasuk yang kaya akan serat. Jika Anda memasukkannya dalam menu makan Anda secara teratur, dijamin, Anda tidak akan  bermasalah pada pencernaan.

2. Menetralisir efek natrium
Makan bayam secara teratur dapat membantu menstabilkan tekanan darah. Hal ini karena bayam banyak mengandung kalium, yang berfungsi untuk menetralisir dampak buruk dari natrium pada tubuh.

Jika Anda cenderung untuk memberikan terlalu banyak garam ke dalam segala sesuatu yang Anda makan dan belum dapat menghentikan kebiasaan tersebut, maka setidaknya cobalah makan lebih banyak makanan yang mengandung kalium.

3. Bermanfaat untuk sistem kardiovaskular
Telah terbukti bahwa beberapa komponen protein dalam bayam mampu memperlambat perubahan peptida angiotensin I menjadi peptide angiotensin II yang dapat mempersempit pembuluh darah sehingga tekanan darah meningkat.

Tak hanya itu, bayam juga banyak mengandung lutein yang mampu mencegah pembentukan plak kolesterol dan mengurangi risiko hipertensi.

4. Menjaga tulang sehat dan mencegah pendarahan
Bayam mengandung vitamin K yang bertanggung jawab untuk pembekuan darah. Tak hanya penting untuk mencegah pendarahan, vitamin K 'bekerja sama' dengan mineral seperti fosfor, tembaga, zinc, dan magnesium untuk menjaga tulang menjadi kuat dan sehat selama mungkin karena mampu mempertahankan kalsium. Dan, bayam adalah pencegahan osteoporosis yang paling sempurna.

5.  Antioksidan
Flavanoid yang terkandung di dalam bayam mampu mencegah penuaan dini dan risiko kanker. Seyawa ini mengurangi efek radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh dan membantu perkembangan tumor ganas.

6. Perkuat sistem kekebalan tubuh
Vitamin A, C, E, D, dan B membuat bayam sebagai sayuran yang ideal untuk membantu sistem kekebalan tubuh. Karena, vitamin-vitamin menjaga jumlah sel imun dalam tubuh sehingga cukup untuk memberitahu tubuh jika ada ancaman infeksi dan cepat bereaksi terhadap infeksi.

7. Untuk menurunkan berat badan
Bayam mengandung banyak nutrisi, tapi rendah kalori sehingga menjadi menu makanan yang tepat bagi Anda yang sedang berdiet.

sumber: VIVAnews
Protein dibutuhkan tubuh untuk membentuk otot, memperbaiki jaringan yang rusak dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Nutrisi satu ini banyak dijumpai pada makanan hewani, seprti unggas, ikan dan sapi. Tapi bagaimana dengan para veganisme atau orang yang sedang mejalani program diet?


Dalam dunia veganisme, ada empat jenis nabati penghasil protein baik yang tak kalah dari hewani, diantaranya:

Pseudograins
Pseudograins adalah suber nabati yang berasal dari biji-bijian. Bahan pangan ini bebas gluten dan kaya protein.  Contohnya yaitu millet dan quinoa.

Info nutrisi: Satu cangkir pseudograins yang telah dimasak memiliki kandungan 10 gram protein rata-rata di dalamnya.

TVP
TVP adalah singkatan dari texturized vegetable protein. Bahan ini merupakan pengganti bahan daging yang terbuat dari bahan tepung kedelai. Produk ini biasanya dijual dalam bentuk bubuk  kuring atau potongan, dan bila diarutkan dalam air akan berubah menjadi padat dan bertekstur.

Info nutrisi: Dalam satu cangkir TVP menawarkan 14 gram protein.

Tempe
Terbuat dari kedelai yang difermentasi. Bertekstur kasar dan berserat, berbeda dengan tahu yang sama-sama terbuat dari bahan kedelai. Tahu cenderung bertekstur lembut dan empuk.

Info nutrisi: Empat ons tempe yang dikonsumsi sebanding dengan 24 gram protein.

Seitan
Seitan terbuat dari gluten, yang biasa terdapat pada gandum. Seitan memiliki tekstur yang kenyal dan padat, sehingga sering digunakan sebagai daging tiruan.

Info nutrisi: Satu porsi seitan memiliki kandungan 18 gram protein.

Sumber: Shape.com, VIVAnews
Banyak produk makanan di pasaran yang klaim dirinya sebagai produk sehat. Label rendah kalori, rendah lemak, bebas gula, dan yang lainnya.


Tapi jangan lantas terkecoh, beberapa label ini digunakan untuk menyamarkan makanan buruk ini menjadi tampak lebih sehat. Seperti di lansir dari allwomenstalk, bagaimanapun junk food tetap tidak lebih baik dari masakan olahan di rumah. Kita lihat, apakan diantara makanan ini termasuk yang sering Anda konsumsi.

1. Soda diet
Semua soda mengandung bahan kimia dan asam yang buruk bagi tubuh dan membuat Anda semakin gemuk. Sebuah studi dilakuka  oleh University of Texas dengan 450 responden. Mereka dibagi berdasarkan jenis minumannya, soda diet dan non-premium soda diet.

Mereka yang mengkonsumsi 2 kaleng sehari mengalami peningkatan pada ukuran lingkar pinggangnya. Ini karena gas dalam minuman yang membuat kembung.

2. Froozen food
Makanan yang dibekukan untuk makan siang Anda tampaknya sehat dan rendah kalori. Tapi ini jauh dari kebenaran. Jenis bahan makanan ini banyak mengandung natrium dan asam. Dan juga telah melalui proses pengawetan, yang artinya jauh dari ukuran sehat.

3. Smoothies
Banyak orang yang mengganti jus-nya dengan smoothies. Biasanya jenis minuman ini mengandung banyak gula dan bahan perasa makanan. Gizinya pun lebih rendah. Lebih baik Anda membuat smoothie sendiri di rumah dengan mencampurkan buah dan susu almond untuk alternatif yang lebih sehat.

4. California Rolls
Jenis sushi ini banyak dipilih bagi mereka yang menggemari ikan segar. Tampaknya memang sehat, ada kepiting, rumput laut, dan alpukat. Kenyataannya, sushi ini termasuk tinggi lemak, karena sekarang banyak yang menggunakan kepiting olahan, juga saus yang berlemak.

5. Buah Kering
Kita sering berpikir bahwa buah yang dikeringkan adalah versi praktis dari buah segar. Tetapi buah yang mengalami proses pengeringan juga kehilangan nutrisinya dua kali lipat dibanding buah segar. Buah kering juga memiliki kalori yang lebih tinggi.

6. Fast Food Salad
Salad adalah makanan paling mengecohkan. Beberapa salad di restoran cepat saji sudah diberikan bahan tambahan sehingga buah- buah itu lebih tahan lama, meskipun tampak segar alami.

Salad juga mengandung lemak, gula, karbohidrat, dan kalori yang sama dengan burger. Mengapa tidak membuat sendiri saja, dengan memilih saus rendah kalori.

sumber: VIVAnews
Ini mungkin akan menjadi menu wajib bagi para pecinta olah raga renang dan pendaki gunung atau seorang penyanyi. Selain penambah stamina, ternyata buah bit dapat membuat orang bertahan nafas lebih lama.


Dalam sebuah tes yang dilakukan, satu tegukan sari buah warna merah ini mampu membuat para penyelam  menahan nafas 11 persen lebih lama.

Keluarga root ini memang dikenal untuk meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. Hal ini akan merangsang otot untuk bekerja lebih efisien sehingga asupan oksigen akan berkurang, seperti yang ditulis dalam Huffington Post.

Pada penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa sari buah bit juga dapat meningkatkan stamina fisik seseorang.

Bahkan konsentrat bit juga telah diterapkan pada pelari atlet Inggris, pelari marathon Helen Decker dan juara perenang gaya kupu-kupu Hulme Ian. Selain itu penelitian ini juga diperkuat dengan 12 sukarelawan asal Swedia yang dilatih untuk bernafas saat menyelam.

Sedangkan, dalam tes Sembilan pria dan tiga wanita yang diberikan 70 mililiter jus bit, dan diminta menutup hidung mereka dengan sebuah klip, menunjukan bahwa mereka mampu menahan nafas selama 4 menit 38 detik. Mereka berhasil 4 menit 10 detik setelah meminum jus tersebut.

Hasil penelitian ini juga diperkuat dengan sebuah jurnal Pernapasan Fisiologi dan Neurologi. “Tampaknya jus buah bit memengkinkan tubuh untuk mengurangi jumlah oksigen," ujar Dr Haral Engan saat memimpin penelitian tersebut. (umi)

sumber: VIVAnews
Peterseli bukan sekadar dekorasi hidangan atau garnish. Tumbuhan yang dikenal dengan nama latin Petroselinum crispum itu merupakan herbal yang memiliki "sejuta" manfaat untuk tubuh. Salah satunya melawan ganasnya kanker payudara.


Tim peneliti dari Universitas Missouri menemukan kandungan zat bernama apigenin dalam peterseli dan seledri yang ampuh melawan kanker payudara dan beberapa jenis tumor yang berhubungan dengan hormon progestin.

"Kami tahu bahwa apigenin memperlambat perkembangan sel kanker payudara dengan tiga cara: dengan menginduksi kematian sel, menghambat proliferasi sel, dan dengan mengurangi reaksi gen yang berhubungan dengan pertumbuhan kanker," kata Salman Hyder, peneliti studi, dikutip Huffington Post.

Profesor biomedis itu menambahkan, dalam uji menggunakan tikus percobaan terungkap bahwa asupan apigenin memicu penyempitan pembuluh darah yang berperan memberi makan sel-sel kanker.

"Ketika pembuluh lebih kecil berarti aliran nutrisi terbatas. Ini otomatis juga akan menghalangi penyebaran sel tumor dan kanker," kata para peneliti yang menerbitkan hasil studinya di Jurnal Hormon dan Kanker.

Tanaman Obat Terbaik di Dunia
Dr Denice Moffat, ahli nutrisi dari American Naturopathic Medical Association, mengatakan bahwa peterseli merupakan satu dari tujuh tanaman obat paling mujarab di dunia, selain jahe, oregano, kayu manis, kunyit, sage, dan bubuk cabai merah.

Peterseli sangat kaya nutrisi. Selain tinggi zat besi, daun "suci" Yunani itu juga mengandung kalsium, protein, asam folat, betakarotin, klorofil, zat antoksidan, zat antibakteri, serta vitamin A, B12, dan C.

Selain melawan kanker, dedaunan yang ditanam sejak 2.000 tahun lalu itu bisa diandalkan untuk mengatasi berbagai keluhan seperti anemia, gangguan pencernaan, liver, tekanan darah tinggi, kolesterol, ginjal, paru-paru, hormonal perempuan, atau gangguan menstruasi, gangguan penglihatan, batuk, demam, dan bau mulut.

Konsumsi peterseli bisa dilakukan dengan mencampurnya langsung ke dalam masakan atau sajian jus buah. Untuk terapi kesehatan, bisa juga dengan merebusnya. Namun, jangan mengonsumsi peterseli dalam porsi berlebih karena kandungan minyaknya bersifat racun. Wanita hamil dan menyusui sebaiknya tak mengonsumsinya.

sumber: VIVAnews
Apa yang Anda lakukan ketika kehidupan seks Anda kurang bergairah? Coba tengok dulu isi lemari es Anda. Karena mungkin saja ada beberapa makanan yang bisa digunakan sebagai "alat" untuk merangsang gairah bercinta Anda berdua.

1. Saus cokelat
Pasti Anda sering mendengar bahwa cokelat merupakan makanan yang "seksi". Apa sebabnya? Tak lain karena kandungan phenylethylamine, salah satu zat yang bersifat neurotransmiter yang berkhasiat menghasilkan dopamin. Dampak dopamin adalah munculnya perasaan senang dan perbaikan suasana hati. Phenylethylamine sendiri mempunyai khasiat afrodisiak yang memunculkan perasaan seperti orang sedang jatuh cinta.

Untuk merangsang gairah seks pasangan, oleskan saja cokelat di beberapa bagian tubuhnya yang sensitif. Kemudian gunakan lidah Anda untuk membersihkannya. Pastikan untuk melakukan kontak mata agar si dia lebih mudah tergoda.

2. Whipped cream
Suara desisan whipped cream ketika disemprotkan dari kalengnya akan terdengar sangat seksi. Whipped cream akan mendorong sensasi bercinta yang lebih menggairahkan, karena Anda juga bisa membersihkan krim ini di tubuhnya dengan menggunakan bibir Anda. Dengan cara ini, Anda berdua bisa saling bercanda dan bersenang-senang. Jangan lupa, kegembiraan adalah salah satu komponen seks yang hebat.

3. Strawberry
Biji strawberry memiliki kandungan zinc yang tinggi. Zinc sendiri sering dikaitkan dengan seks, karena fungsinya mengatur testosteron yang dibutuhkan untuk memproduksi sperma. Pada wanita, tubuh akan menyiapkan diri untuk sesi bercinta lebih cepat jika kandungan zinc dalam tubuh kita tinggi. Selain itu, strawberry kaya akan antioksidan yang berfungsi mengoptimalkan aliran darah ke organ-organ seks. Kadar vitamin C-nya yang tinggi juga mampu memperbaiki libido. Nah, mencelupkan strawberry ke dalam saus cokelat tentu tak hanya memberikan sensasi rasa yang lebih lezat, tetapi juga membantu meningkatkan hasrat seks Anda.

4. Es batu
Ini merupakan salah satu jenis "alat" bantu seks paling murah dan mudah didapatkan dari dalam lemari es. Rangsang pasangan Anda dengan menyentuhkan es batu pada beberapa bagian tubuhnya. Sensasi dingin yang ekstrim pada bagian tubuh yang sensitif, dan diikuti dengan ciuman yang bergairah di tempat yang sama, akan membuat si dia merasakan kenikmatan yang tak terlupakan.

Sumber: GALTime, kompas.com
Saat kekebalan tubuh menurun, berbagai penyakit ringan siap mengantre untuk masuk. Batuk, hidung tersumbat, sakit kepala, dan yang lain.

Biasanya tanpa pikir panjang, Anda langsung mengambil obat-obatan untuk mengusirnya. Mulai sekarang, jauhkan tubuh dari obat-obat tersebut. Cobalah untuk beralih ke cara yang lebih alami untuk tubuh lebih sehat. Berikut alternatif alami yang dapat mengembalikan stamina Anda.

1. Ginger tea
Minuman hangat ini dapat mengatasi gejala sakit pada tenggorokan, masalah perut, dan sakit kepala. Jahe bersifat sebagai anti virus dan anti inflamasi sehingga dapat meredakan beberapa keluhan.

Anda cukup memasukkan irisan jahe ke dalam teh, semakin lama Anda merendamnya, semakin kuat kandungan jahe yang ikut larut. Tidak ada salahnya menambahkan madu pada minuman ini sebagai pengganti gula, yang sekaligus menambah kekuatan tubuh.

2. Air garam
Campuran garam pada air juga membantu mengurangi peradangan pada tenggorokan. Sedangkan untuk mengatasi hidung tersumbat, Anda dapat membeli nasal spray dengan kandungan garam di apotik. Semprotkan cairan ini setiap beberapa jam. Produk ini tidak bersifat adiktif sehingga aman digunakan kapanpun.

3. Air putih
Jangan meremehkan kekuatan super di balik air putih. Saat Anda sakit, air putih akan sangat membantu untuk membersihkan tubuh dari bakteri pathogen. Semakin banyak Anda mengkonsumsi, semakin cepat tubuh melakukan detoksifikasi.

Tapi jangan lupa untuk menggantinya kembali agar tidak terjadi dehidrasi pada tubuh. Anda juga dapat menambahkan sedikit perasan jeruk nipis untuk khasiat yang lebih maksimal. Atau daun mint sebagai perasa tambahan yang dapat memerangi rasa mual.

sumber: VIVAnews
Menurut American College of Obstericians and Gynaecologist, hampir 85 persen wanita mengalami PMS selama hidup mereka. Selain sakit kepala, kembung, kemurungan dan rasa lelah, banyak wanita mengalami sakit perut saat PMS.


Selain berolah raga, ada cara lain untuk meredam rasa tersebut. Salah satunya melalui pola makan. Kemahiran Anda dalam memillih bahan pangan menjadi kunci utama peredam rasa nyeri bulanan Anda.

Beberapa makanan yang harus dihindari adalah makanan dengan kandungan sodium tinggi, lemak, gula dan aditif. Kandungan ini biasa dijumpai pada olah produk berkafein, keju, dan alkohol.

Berikut ini adalah beberapa bahan pangan peredam rasa nyeri saat PMS, seperti yang dilansir dalam laman Sheknows.

Jus Nanas
Kram saat mentruasi disebabkan oleh kontraksi rahim yang membantu tubuh melepaskan lapisan rahim. Kandungan bromelaine dalam jus nanas berfungsi membantu relaksasi otot, sehingga rasa nyeri pun akan terhindari.

Biji labu
Kandungan seng dan mineral pada biji labu dapat meredakan rasa nyeri di perut. Bahan pangan lainnya yang mengandung seng adalah makanan laut, daging yang tinggi lemak, dan kacang-kacangan. Biji labu dan kacang juga mengandung banyak vitamin E, yang akan membantu mengurangi peradangan di perut.

Roti berselai kacang
Vitamin E pada selai dan vitamin B pada roti dapat membantu Anda dalam mengikis kram perut. Vitamin B pada roti diperoleh dari tepung terigu yang terbuat dari gandum.

Tuna
Mengganti lemak jenuh dengan lemak sehat seperti omega-3 juga dapat menjadi solusi saat kram. Protein dalam tuna juga dapat menstabilkan gula darah dan mengurangi nafsu makan.

Lobak
Sayuran bewarna putih ini merupakan sumber vitamin E dan C yang dapat mengurangi peradangan. Kalsium dan mineral yang ada di dalamnya juga mampu meredakan gejala PMS.

sumber: VIVAnews
Dalam sejarah manusia, makanan tak lagi hanya berfungsi untuk mempertahankan kelangsungan hidup. Hidangan tertentu bahkan kerap dihubungkan dengan seks.

Jangan heran jika ada yang mengatakan bila makanan adalah salah satu rahasia cinta. Berikut ini enam makanan yang dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual, seperti dikutip iVillage:

Alpokat
Sepanjang sejarah, pria dan wanita sama-sama menggunakan makanan untuk memikat kekasih. Dalam beberapa kasus, makanan itu sendiri adalah stimulan seksual. “Dalam kata lain, pengaruh makanan pada indra Anda itulah yang membuatnya bergairah,” kata Martha Hopkins, penulis The New InterCourses: An Aphrodisiac Cookbook.

Kriteria afrosidiak pada makanan dapat dilihat pada tampilannya, rasanya ketika Anda makan dan bagaimana eksotis, langka atau mahalnya. Alpokat memenuhi kriteria sensual tersebut. Bentuknya mengingatkan kita pada alat kelamin pria atau lekuk tubuh wanita.

“Tekstur alpokat yang halus dan lembut semakin menambah sensualitasnya,” ujar Hopkins. Ia juga menyarankan agar kita memasukkan alpukat dalam salad selada Boston, bawang hijau, dan kacang pinus.

Asparagus
Asparagus, dengan bentuk phallic yang dimilikinya, memenuhi kriteria visual untuk jenis makanan afrodisiak. Menurut Chris Kilham, penulis Hot Plants: Nature's Proven Sex Boosters for Men and Women, sekali dicerna asparagus bekerja dari dalam dengan mendorong kinerja saluran kemih. “Ini memberi Anda sedikit rasa gatal di daerah pribadi, dan itu bisa sangat merangsang,” ujar Kilham.

Bubuk Maca
“Maca adalah penambah kekuatan seksual,” kata Kilham. Sayuran ini tumbuh di dataran tinggi Peru, di mana ia adalah pokok makanan. “Satu-satunya keluhan yang pernah saya dengar tentang Maca adalah, ‘Saya harus berhenti menyantapnya lantaran saya terlalu bergairah'.”

Kilham pun sering menambahkan satu sendok bubuk Maca untuk jus paginya. Bubuk tersebut juga dapat ditaburi di atas roti, kue, bahkan kopi. Maca disebut-sebut sangat membantu bagi orang yang menderita libido rendah.

Jahe
Jahe dapat mengencerkan sirkulasi darah, yang berarti dapat membantu tubuh Anda merespons rangsangan seksual lebih cepat. Selain itu, jahe berguna untuk membantu pencernaan dan menjaga libido setelah Anda makan besar.

Tiram
Dapatkah tiram membuat Anda lebih bergairah? Ya, kata Kilham. Pengalaman makan tiram adalah bagian dari kekuatan afrodisiak yang sensual. Tak hanya itu, zat seng yang ada dalam tiram dipercaya dapat meningkatkan libido. “Bagi banyak orang, cita rasa tiram di mulut Anda benar-benar membangkitkan gairah,” ungkap Kilham. Jadi, cobalah sesekali makan tiram sebelum bercinta!

Cokelat
Kakao merangsang produksi serotonin dan hormon dopamin, serta mengandung phenylethylamine (PEA), zat yang diproduksi oleh otak dalam jumlah besar ketika kita sedang jatuh cinta. Kemudian, cokelat hitam tak kalah menjanjikan karena mempunyai jumlah anti-oksidan yang besar, berfungsi untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh.

sumber: VIVAnews
5 Makanan Sehat Berikut Ini Bisa Lawan Kanker. Lembaga Penelitian Kanker Dunia (WCRF) memperkirakan bahwa sekitar 34 persen kanker disebabkan karena faktor gaya hidup, salah satunya yaitu pola makan. Oleh karena itu Anda harus pandai  memilih bahan makanan yang akan dikonsumsi.


Bahan pangan dengan kandungan antioksidan, vitamin dan polifenol dapat menjadi senjata ampuh serangan penyakit ganas tersebut. Berikut ini adalah lima daftar makanan anti kanker yang dilansir dari Ivillage.com.

1. Brokoli
Sekilas bentuknya hampir menyerupai kembang kol, hanya saja brokoli lebih bewarna hijau tua. Rasa pahit yang pada brokoli mampu mencegah timbulnya kanker dalam tubuh. Sebuah studi menunjukkan bahwa rasa pahit dalam brokoli mengandung isotonik dan glukosin yang mampu mencegah timbul dan berkembangnya kanker.dengan mengaktifkan enzim yang dapat menghambat sel kanker dan menekan pemproduksian kanker.

Cocok untuk : Berbagai jenis kanker, termasuk kanker paru-paru, usus besar, kandung kemih, payudara, dan kanker prostat.

2. Bawang
Nyatanya memang tidak semua orang menyukai bawang, karena aromanya yang menyengat serta menimbulkan efek yang tak menyenangkan, misalnya bau badan.  Tapi siapa sangka, jika bau senyawa dalam bawang putih dapat berfungsi sebagai anti kanker.  Semua jenis bawang seperti bawang merah, bawang bombay dan daun bawang juga memiliki senyawa ini.

Dalam studi laboratorium, kanker akan terganggu oleh senyawa-senyawa aktif yang terbentuk dari allicin (zat yang berasal dari bawang putih).

Sebuah penelitian pada manusia menunjukkan bahwa mereka yang sering mengkonsumsi bawang putih mengalami penurunan risiko kanker dibandingkan dengan  yang tidak memakan bawang.

Cocok untuk : Kanker perut, mulut, usus besar, dan tenggorokan

3. Tahu
Isoflavon merupakan estrogen alami dari tumbuh-tumbuhan, seperti kacang kedelai yang memiliki kemiripan dengan hormon dalam  tubuh manusia, sehingga dapat membantu menahan efek estrogen lebih kuat.

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung isoflavon seperti tahu, dapat mengurangi risiko  terbentuknya sel kanker, baik pada pria maupun wanita. Populasi di Asia menunjukkan bahwa orang yang memakan tahu secara teratur memiliki risiko lebih rendah akan terserang kanker.

Disamping itu, tahu juga mengandung antioksidan  yang kuat dan mampu menjaga agar tidak terjadinya kanker di tubuh Anda. Tapi jenis tahu dan makanan lain yang tidak menawarkan perlindungan pengkonsumsian, kedelai yang diproses dalam bentuk suplemen belum tentu mampu mengurangi risiko terjadinya kanker.

Cocok untuk: Kanker payudara dan kanker prostat

4. Jeruk dan Wortel
Jika ada molekul dalam tubuh Anda yang mengalami kerusakan, maka akan berpotensi terjadinya kanker. Oleh karena itu, mengkonsumsi jeruk dan wortel akan melindungi sel-sel Anda dan mampu menetralisir radikal bebas.  Hal ini karena, jeruk dan wortel adalah makanan yang kaya akan vitamin C, antioksidan, dan betakaroten.

Ketika akan mengkonsumsi betakaroten  dalam bentuk suplemen, belum tentu dapat melindungi Anda agar terhindar dari kanker. Bahkan, suplemen beta-karoten meningkatkan risiko kanker paru-paru dan kematian pada perokok dalam studi besar.

Cocok untuk : kanker paru-paru dan beberapa kanker lainnya.

5. Teh Hijau
Selain untuk menangkal radikal bebas, teh hijau juga berperan sebagai anti kanker. Dalam teh hijau terdapat kandungan penting anti kanker yaitu Epigallocatechin-3-gallate. Ini adalah senyawa dan antioksidan yang mampu menghentikan kerusakan pada tingkat genetik.

Teh hijau memiliki kandungan kafein yang lebih rendah jika dibandingkan dengan teh hitam atau kopi. Tapi Anda juga harus berhati-hati, karena terlalu banyak minum teh dalam jumlah besar, dapat menimbulkan masalah seperti sulit tidur dan mual.

Cocok untuk : Kanker kandung kemih, perut, dan usus besar


sumber: VIVAnews
Cukup 3 Cangkir Kopi Sehari Perpanjang Usia? Ini adalah kabar gembira bagi Anda yang gemar minum kopi. Sebuah penelitian mengindikasikan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi tiga cangkir kopi atau lebih setiap hari cenderung hidup lebih lama. Bahkan, risiko kematian akibat penyebab paling umum menurun sebesar 10 persen ketimbang mereka yang tidak minum kopi.


Ini adalah riset berskala besar yang dilakukan para ahli dari U.S. National Cancer Institute, di mana melibatkan hampir 400.000 orang. Temuan ini berlaku untuk mereka yang berusia 50-71 tahun baik peminum kopi berkafein atau tanpa kafein.

Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung, penyakit pernapasan, stroke, diabetes, infeksi, dan cedera dan kecelakaan. Namun, peneliti menekankan, kontribusi konsumsi kopi untuk meningkatkan kesehatan masih belum jelas. Temuan ini juga tidak membentuk hubungan sebab-akibat.

"Saya pikir temuan ini benar-benar penting untuk menunjukkan bahwa penelitian kami adalah penelitian observasional. Artinya, kita hanya meminta berapa banyak mereka minum kopi dan kemudian mengamatinya," kata pemimpin riset, Neal Freedman, dari U.S. National Cancer Institute di Rockville, Md.

Freedman mengungkapkan, peminum kopi umumnya cenderung merokok lebih banyak - merupakan penyebab utama kematian. "Kami menemukan bahwa peminum kopi cenderung menghadapi risiko kematian yang lebih tinggi. Tapi ketika kita tidak menghubungkannya dengan rokok, kami menemukan hubungan terbalik." ujarnya.

Studi ini dipublikasikan pada 17 Mei 2012 dalam New England Journal of Medicine.

Untuk penelitian ini, para peneliti berfokus pada kebiasaan makan sekitar 400.000 laki-laki dan perempuan yang terlibat dalam National Institutes of Health-AARP Diet and Health Study antara tahun 1995 dan 1996. Tak satu pun dari peserta memiliki sejarah kanker, stroke atau penyakit jantung.

Setiap peserta ditanya tentang konsumsi kopi mereka, mulai dari nol sampai enam cangkir sehari atau lebih. Kondisi kesehatan partisipan dilacak sejak tahun 2008 atau sampai meninggal. Hasil penelitian menunjukkan, minum bahkan satu cangkir kopi sehari dikaitkan risiko kematian lebih rendah.

Tetapi uniknya, minum kopi tidak terkait dengan penurunan risiko kematian akibat kanker pada wanita, dan hanya memiliki dampak perlindungan pada pria saja. Efek perlindungan muncul lebih besar di antara mereka yang minum lebih dari satu cangkir sehari. Meski begitu, Freedman mencatat, hanya sedikit manfaat yang terlihat pada mereka yang minum dua cangkir sehari dan enam cangkir sehari.

"Ke depan, kita perlu benar-benar melihat komponen yang berbeda dalam kopi. Selain kafein, kopi mengandung sekitar 1.000 senyawa lain dan antioksidan, beberapa diantaranya mungkin bermanfaat dan beberapa tidak," kata Freedman.

Freedman menambahkan, cara penyajian dan pemilihan jenis kopi yang baik juga perlu dieksplorasi lebih jauh. "Kita tidak tahu apakah ini juga mempengaruhi perkembangan penyakit," jelasnya.

Freedman merekomendasikan, setiap orang sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai untuk minum kopi lebih banyak. Pasalnya, riwayat kesehatan pribadi dapat mempengaruhi seberapa banyak jumlah konsumsi kopi yang boleh Anda terima.

Sumber : healthdaynews, kompas.com
Penderita diabetes tipe-2 tidak lagi memiliki cukup insulin dalam tubuh untuk menjaga kadar glukosa darah normal. Jika tingkat gula dalam tubuh tiba-tiba melonjak akan menyebabkan hiperglikemia.


Gejala umum hiperglikemia termasuk sering buang air kecil, kelelahan dan kelaparan. Kondisi ini biasanya mempengaruhi orang dewasa yang kelebihan berat badan, meskipun orang kurus pun tetap berisiko.

Sebuah kondisi diabetes yang parah dapat menyebabkan komplikasi serius seperti masalah ginjal, kerusakan saraf, tekanan darah tinggi dan serangan jantung. Kulit juga dapat mengembangkan luka dan infeksi terutama pada kaki, kadang-kadang mengarah ke amputasi.

Orang yang didiagnosis dengan diabetes, menurut American Diabetes Association, harus mengambil langkah untuk mengontrol gula darahnya. Cara yang tepat untuk mengontrol gula darah adalah makan dengan benar.

Berikut kriteria makanan yang perlu Anda perhatikan untuk membantu dalam manajemen berat badan dan mencegah diabetes tipe-2 seperti dilansir naturalnews, antara lain:

1. Pilih makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks lebih banyak
Menjaga agar kadar gula dalam darah tetap stabil adalah prioritas utama bagi penderita diabetes. Itulah sebabnya karbohidrat kompleks adalah sumber yang lebih baik dari energi dibandingkan dengan karbohidrat sederhana yang menghasilkan lonjakan aliran darah dan menyebabkan masalah serius.

Cobalah untuk mengurangi konsumsi minuman manis, kue dan permen. Sebaliknya, pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti gandum, beras merah, kacang, dan pasta gandum utuh yang lambat dicerna dan diserap ke dalam darah, sehingga menghasilkan tingkat gula yang bertahap dan konsisten, bukan lonjakan yang tiba-tiba.

2. Tingkatkan jumlah serat yang dimakan
Serat adalah jenis karbohidrat, namun tidak dipecah oleh tubuh dan tidak memberikan kontribusi terhadap kalori. Serat memiliki dua macam, yaitu serat larut dan tidak larut.

Serat larut memperlancar pencernaan, sedangkan serat larut dapat menurunkan kolesterol. The New England Journal of Medicine menampilkan studi di mana penderita diabetes seharusnya mengonsumsi 50 gram serat larut setiap hari.

Studi tersebut menunjukkan bahwa orang yang memiliki serat lebih mampu mengontrol glukosa darah jauh lebih baik daripada yang tidak. Serat juga membantu Anda mengelola nafsu makan dan menjaga kalori. Buah dan sayuran merupakan sumber yang baik untuk nutrisi ini.

3. Penuhi kebutuhan protein
Protein berperan dalam mengendalikan berat badan. Sebuah studi yang dilakukan di Swedia mengungkapkan bahwa peningkatan asupan protein dapat mengurangi berat badan lebih cepat daripada membatasi konsumsi karbohidrat. Makan makanan yang kaya protein juga cenderung membuat orang lebih waspada daripada pengaruh konsumsi gula atau karbohidrat.

4. Gunakan rempah-rempah untuk bumbu masakan
Menggunakan produk alami, bukan bahan perasa makanan adalah cara yang bagus untuk mengontrol gula darah Anda. Journal of Nutrition and Food Science menampilkan studi tentang fitokimia dalam rempah-rempah dapat meningkatkan aktivitas insulin dan menyajikan cara yang lebih alami dalam mengobati dan mencegah diabetes tipe-2.

Contoh dari rempah-rempah rumah tangga yang umum digunakan sebagai bumbu adalah kayu manis, bawang putih dan kemangi. Rempah-rempah ini juga telah ditemukan untuk menurunkan tekanan darah dan melindungi pembuluh darah, sehingga dapat mengurangi penyakit kardiovaskular terkait dengan diabetes tipe-2.

sumber: detik.com
Saat merasa malas, mungkin Anda memerlukan makanan sebagai stimulus untuk membangkitkan semangat agar dapat memulai aktivitas. Biasanya ini terjadi pada pagi hari saat bangun tidur, atau justru menjelang sore dimana energi sudah mulai terkuras. Beberapa makanan ini dapat dipilih sebagai jurus ampuh untuk meningkatkan mood Anda.


1. Avokad
Penelitian menunjukkan bahwa avokad memiliki kandungan asam folat. Zat kimia yang membantu metabolisme untuk meningkatkan energi. Selipkan ini pada menu sarapan pagi, agar Anda dapat terus melakukan aktivitas sepanjang hari. Dan tambahkan pada siang hari untuk memberbaiki suasana hati.

2. Cabai
Cara mudah untuk meningkatkan semangat adalah dengan memompa endorphin dalam tubuh. Cabai adalah jawaban yang tepat! Jika Anda bukan penggemar rasa pedas, pilih makanan dengan tingkat pedas yang ringan.

3. Bawang putih
Meskipun meninggalkan aroma yang kurang sedap, bawang putih cukup manjur untuk mendongkrak semangat. Zat di dalamnya membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh sehingga energi akan mudah didapatkan.

4. Madu
Gula alami ini dikenal kaya akan fruktosa yang memberikan energi dalam jumlah lebih, sekaligus menambah stamina. Anda dapat mengganti rasa manis gula pada minuman dengan madu.

5. Cokelat
Saat mood sedang turun, ini alasan terbaik Anda untukk segera mengambil cokelat. Dark chocolate dengan kandungan bahan kimia dan asam amino memberikan semangat saat tubuh terasa lelah. Anda bisa menambahkannya pada sarapan pagi, baik itu cokelat bar ataupun susu. Mengkonsumsi cokelat sebelum tidur juga menjamin mood baik Anda pada pagi harinya.

sumber: VIVAnews
Jeruk nipis bisa membuat citarasa hidangan menjadi lebih segar dan tidak enek. Setelah Anda selesai memakainya, jangan langsung membuang sisa jeruk nipis. Karena, air jeruk nipis ternyata memiliki banyak manfaat, antara lain untuk membersihkan rumah, mengatasi gejala flu, bahkan menjadi bagian dari sesi perawatan wajah. Tak percaya? Coba saja salah satu hal berikut:

* Menghilangkan bau amis. Anda ingat ketika Anda baru saja makan pecel lele? Wah, aroma terasi pasti akan terus "menghantui" Anda sampai esok hari. Pasalnya, sabun cuci tangan saja tidak mampu mengalahkan kuatnya aroma terasi. Kalau sudah begini, gunakan perasan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis atau bau terasinya.

* Meredakan gejala flu. Jika tenggorokan Anda perih, atau Anda sedang batuk dalam tahap awal, minum campuran air jeruk nipis dengan madu dan air putih untuk meredakan nyeri tersebut. Jika batuk Anda berdahak, campuran kecap dan jeruk nipis masih ampuh untuk mengeluarkan dahak.

* Membersihkan talenan. Tambahkan perasan jeruk nipis atau gunakan irisan jeruk nipis untuk membersihkan talenan. Selain itu juga untuk membuatnya lebih steril dan menghilangkan bau amis.

* Menyamarkan noda hitam. Jika kulit wajah Anda menampakkan pigmen yang lebih gelap pada beberapa titik, gosok lembut bagian yang menghitam dengan perasan jeruk nipis setiap hari sampai warnanya menjadi lebih muda.

* Memutihkan pakaian. Produk pemutih pakaian memang banyak tersedia di pasaran. Namun jeruk nipis pun punya daya pemutih yang tak kalah hebat. Tambahkan seperempat cangkir air jeruk nipis pada pakaian-pakaian putih yang Anda masukkan ke mesin cuci.

* Mencerahkan kuku. Agar kuku Anda tidak terlihat kekuningan, celup dan rendam kuku jari Anda ke dalam campuran air dan perasa jeruk nipis agar warna kuku menjadi lebih cerah.

* Menyegarkan peralatan rumah tangga. Misalnya, masukkan irisan jeruk nipis ke dalam microwave untuk menghilangkan berbagai macam aroma makanan dan menyegarkan baunya. Atau tambahkan sedikit perasan jeruk nipis ke dalam vacuum bag jika peralatan tersebut menjadi sedikit kotor dan bau.

* Sebagai bahan disinfektan untuk luka. Jeruk nipis ternyata bisa menghentikan perdarahan dan membersihkan sayatan atau irisan akibat terkena pisau.

Sumber: SavvySugar, kompas.com
Persepsi buruk sering sekali terlintas ketika seseorang mendengar kata lemak. Lemak tidak selamanya buruk bagi tubuh. Karena bagaimanapun juga, konsumsi lemak tetap dibutuhkan sebagai sumber energi.


Jenis lemak dalam makanan seperti, lemak trans, minyak terhidrogenasi, lemak jenuh dan beberapa minyak tropis, dapat menyebabkan ketidakseimbangan, peradangan kronis dan penyakit. Inilah jenis lemak yang harus dihindari.

Sedangkan minyak zaitun, kacang, biji-bijian dan biji minyak, minyak nabati yang belum diproses dan minyak non terhidrogenasi adalah pilihan lemak terbaik yang harus Anda konsumsi setiap hari.

Berikut ini adalah sumber makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh Anda:

1. Alpukat
Alpukat adalah buah yang memiliki kandungan tinggi lemak. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena selain daging buahnya yang gurih, alpukat memiliki mengandung lemak baik (HDL). Kandungan lutein pada alpukat berkhasiat untuk membantu meningkatkan kualitas kesehatan mata dan kandungan klorofilnya merupakan sumber antioksidan.

2. Minyak kelapa murni
Minyak kelapa dapat menjadi pilihan terbaik sebagai menu makanan penutup yang sehat. Meski kegunaan minyak kelapa masih terus dipelajari, tapi manfaatnya telah diakui ampuh sebagi anti-bakteri, kaya akan vitamin K dan E dan zat besi. Beberapa riset bahkan mengindikasikan, minyak kelapa dapat membantu manajemen berat badan, karena mengurangi stres pada sistem endokrin.

3. Ikan
Beberapa jenis ikan mengandung lemak yang sangat baik bagi kesehata.  Salmon, sarden, herring, makarel dan tuna adalah jenis ikan yang mengandung asam lemak omega-3. Lemak pada ikan sangat dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan, perkembangan fungsi otak, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Asam lemak omega-3 juga dapat ditemukan pada tumbuhan laut seperti krill, alga, beberapa tanaman dan minyak kacang. Asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL), meningkatkan kolesterol baik (HDL), mengurangi peradangan dan mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan diabetes tipe 2.

EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic)  adalah tipe asam lemak omega-3 yang banyak ditemukan dalam minyak ikan untuk mengurangi resiko irama jantung abnormal yang mengakibatkan kematian mendadak dan penyakit jantung, menurut hasil studi di University of Maryland Medical Center .

4. Kacang-kacangan atau polong-polongan
Kacang-kacangan merupakan sumber nutrisi yang melindungi kesehatan Anda. Orang yang makan kacang secara teratur berisiko lebih rendah untuk meninggal akibat serangan jantung dan stroke ketimbang mereka yang makan sedikit, menurut studi di Harvard School of Public Health. Badan Pengawas Obat dan Makanan, Amerika Serikat (FDA) bahkan mengklaim, "makan- makanan yang mencakup satu ons kacang setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung."

Kebanyakan jenis kacang-kacangan mengandungan tingkat kolesterol jahat (LDL) yang rendah dan mampu meningkatkan kolesterol baik. Kenari misalnya, mengandung asam lemak omega-3 yang melindungi Anda dari ritme jantung abnormal yang mematikan dan pembekuan darah. Beberapa contoh jenis kacang yang mengandung omega 3 adalah kacang tanah, kacang merah, almond dan kenari.

Sumber : besthealthmag,livestrong, kompas.com
JIKA Anda menyebut bahwa cokelat adalah penyebab peningkatan berat badan, Anda keliru.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Cell, 11 Mei 2012 lalu menyebutkan bahwa sebuah protein mampu mengatur aktivasi lemak tubuh sehingga mampu menghasilkan panas dalam proses yang dikenal sebagai thermogenesis.


Penelitian yang dipimpin oleh para ilmuwan di University of Cambridge Metabolic Research Laboratory di Institute of Metabolic Science, menemukan bahwa protein BMP8B mampu membantu metabolisme tubuh dalam menghalau pertumbuhan lemak.

Dr Andrew Whittle, salah satu penulis dari Institut Ilmu Metabolik, mengatakan bahwa cokelat dengan sedikit kandungan tambahan seperti krim maupun gula, mampu meningkatkan metabolisme tubuh dalam memangkas keberadaan lemak.

“Protein-protein lain yang dibuat oleh tubuh dapat meningkatkan produksi panas dalam lemak coklat seperti hormon tiroid, Tetapi protein ini memiliki efek penting pada organ lain. Oleh karena itu mereka tidak target baik untuk mengembangkan pengobatan penurunan berat badan baru. Namun., BMP8B tampaknya sangat spesifik untuk mengatur panas lemak coklat, sehingga lebih ideal untuk terapi penurunan berat badan dengan metode terbaru, pungkasnya.

sumber: mediaindonesia.com
Restoran-restoran besar banyak menggunakan tanaman pakis untuk menu sayuran. Tetapi apakah semua jenis tanaman pakis aman untuk dimakan? Pakis yang aman adalah burung unta dan yang diduga memicu kanker adalah pakis pakis cakar elang yang mengandung ptaquiloside.


Pakis memiliki tekstur yang kenyal dan mengandung vitamin A dan C serta kalium, fosfor, magnesium, kalsium dan protein. Protein pada pakis 4,5 kali lebih banyak dibandingkan dengan sayuran hijau yang lain.

Pakis memberikan keuntungan bagi vegetarian yang membutuhkan sumber protein dan zat besi yang besar tetapi telah bosan makan bayam.

Aman tidaknya pakis sebagai bahan makanan tergantung darimana pakis berasal. Pakis jenis tertentu dapat mengandung ptaquiloside, suatu karsinogen seperti dilansir dari thedailymeal.

Sebenarnya ada dua jenis pakis biasanya dijual di pasar, yaitu pakis burung unta dan pakis cakar elang.

Pakis jenis burung unta biasanya ditemukan di wilayah dunia bagian barat. Bentuknya seperti biola, berwarna hijau terang dan di tengahnya terdapat sedikit daun keriting.

Pakis jenis bracken ditemukan di negara-negara di Asia. Jenis ini mempunyai bentuk yang lebih kecil, daun menggulung.

Penelitian menunjukkan bahwa tanaman pakis cakar elang telah terbukti mengandung ptaquiloside dalam konsentrasi yang signifikan.

Sebuah studi yang diterbitkan di British Journal of Cancer menunjukkan kemungkinan adanya hubungan antara konsumsi pakis dengan pengembangan kandung kemih dan kanker usus pada sapi.

Dan beberapa tahun sebelumnya, dalam sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan Jepang yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute, ptaquiloside dapat mengembangkan risiko tumor pada sampel tikus.

Meskipun penelitian tersebut tidak menunjukkan hubungan langsung antara konsumsi pakis dengan perkembangan kanker pada manusia, penelitian yang dilakukan oleh sekelompok ilmuwan menyarankan bahwa makan pakis bisa meningkatkan risiko terkena kanker kerongkongan dan kanker pencernaan.

Tapi, ptaquiloside pada pakis ternyata larut dalam air. Jadi kemungkinan besar, jika pakis direndam dalam air es sebelum dimasak, kandungan ptaquiloside akan berkurang.

Konsumsi terhadap pakis jenis burung unta yang mentah atau setengah matang dapat menyebabkan berbagai masalah perut dalam waktu 12 jam, termasuk mual, muntah, dan kram.

Sebuah studi oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit telah menangani dua kasus keracunan makanan akibat konsumsi pakis burung unta di berbagai restoran di New York dan Kanada.

Jadi tidak peduli pakis jenis apa yang akan Anda konsumsi, terlebih dahulu cuci, rendam, dan masaklah pakis dengan matang. Atau Anda dapat merebus pakis selama 10 menit dan kemudian menumis atau mengukusnya.

sumber: detik.com
MESKI buah diklaim sebagai salah satu jenis makanan yang baik bagi gaya hidup yang sehat. Namun jika pemilihan atau jumlah yang dikonsumsi tidak sesuai, justru akan mendatangkan efek yang tidak baik bagi tubuh. Untuk itu, yuk cerdas memilih buah untuk camilan, seperti yang dikutip dari Timesofindia awal pekan lalu.


1. Semangka: buah dengan kadar air yang melimpah ini memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Semangka atau Citrullus lanatus merupakan buah dari tanaman merambat yang memiliki indeks glikemik sebesar 65.

2. Melon: sama sepetri semangka. Melon (Cucumis melo) juga memiliki indeks glikemik yang tinggi. Jadi, sebaiknya Anda tidak mengonsumsinya dalam jumlah banyak untuk menghindari risiko diabetes.

3. Nanas: meski nanas (Ananas comosus) memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, namun buah yang satu ini juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti bromelain, sebuah enzim yang terbukti mengurangi peradangan dan pembengkakan. Jadi, sesekali sih boleh saja.

4. Mangga: selain memiliki kandungan gula yang banyak setelah masak, mangga (Mangifera Indicha) juga mengandung asam. Asam merupakan pemicu ampuh terhadap kerusakan gigi. Mangga muda diketahui mempunyai kandungan asam sama seperti yang terdapat pada jeruk asam.

sumber: mediaindonesia.com
Sakit kepala biasanya terjadi karena adanya gejala ketidakseimbangan antara fisik dan mental, misalnya stres dan kelelahan. Ada beberapa makanan yang dapat meredakan sakit kepala Anda. Tapi ada pula jenis makanan lain yang memicu timbulnya sakit kepala.


Ini enam makanan pemicu sakit kepala seperti dilansir dari Healthmeup:

1. Keju tua
Keju jenis ini memiliki kandungan susu dan protein yang tinggi karena merupakan komponen yang penting bagi keju. Pada saat protein telah menyatu dengan tubuh Anda, maka akan memproduksi tiramin.

Tiramin adalah zat yang memiliki efek menyempitkan pembuluh darah, hingga dapat menyebabkan lambatnya aliran atau sirkulasi darah ke otak. Jadi, pastikan jika Anda mengonsumsi keju ini dengan jumlah yang benar.

2. Minuman Beralkohol
Alkohol memiliki kecenderungan membuat kepala menjadi berat dan pusing, hal ini dikarenakan alkohol dapat menipiskan darah. Jika Anda ingin mengonsumsi alkohol, sebaiknya minumlah dengan jumlah atau takaran yang wajar. Hindari mencampurkan alkohol dengan minuman lain. Hal ini dapat menyebabkan Anda sakit kepala selama beberapa hari.

3. Makanan yang Mengandung Zat Pewarna
Pewarna makanan sering hadir dalam setiap sajian makanan penutup, makanan olahan dan makanan kaleng ternyata mampu menimbulkan reaksi alergi atau sakit kepala. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengonsumi makanan yang masih segar dan sebisa mungkin hindari makanan olahan.

4. Cokelat
Selain memiliki berbagai macam manfaat, ternyata cokelat juga dapat memicu sakit kepala Anda. Ketika Anda mengonsumsi kakao meski dalam jumlah kecil, maka kemungkinan Anda akan mengalami sakit kepala dan sinus.

Cokelat memiliki kandungan phenylethylamine dan theobromine yang dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah.

5. Kopi
Dengan berbagai alasan, pada beberapa orang kopi merupakan minuman yang paling sering diseruput di pagi hari, karena dapat menghilangkan sakit kepala yang sedang melanda mereka. Kandungan kafein yang terdapat pada kopi ketika dicampurkan dengan magnesium akan memicu sakit kepala.

6. Junk Food
Komponen utama dalam makanan cepat saji atau junk food adalah monosodium glutamat. Zat yang terkandung dalam makanan tersebut biasanya terdapat pada makanan cepat saji seperti burger, kentang goreng, dan lainnya. Butuh waktu yang lama untuk mencerna jenis makanan ini, sesekali secara tiba-tiba darah mengalir ke otak kemudian menimbulkan sakit kepala. (umi)

sumber: VIVAnews
APA yang biasa Anda berikan untuk memaniskan teh? Bila jawabannya adalah gula, Anda bisa menggantinya dengan yang lebih alami, yaitu madu.

"Kalau mau ada rasa manis pada minuman teh yang Anda buat, sebaiknya kasih madu daripada gula," jelas Ozza, pemilik Premium Tea.


Dia menyarankan, penggunaan madu untuk teh tidak perlu terlalu banyak agar rasanya pas dengan secangkir teh yang Anda buat. Cukup berikan satu hingga dua sendok teh madu.

Dan jika bosan dengan madu, alternatif lainnya adalah gula merah ataupun gula batu. "Gula merah juga bisa digunakan atau gula batu yang masih memiliki banyak kadar air dan kadar manisnya tidak terlalu tinggi," tambahnya.

Namun menurutnya, aroma dan rasa teh sesungguhnya bisa didapat tanpa gula. Sebaiknya disajikan pahit, seperti halnya minum kopi.

"Gula itu kan perusak rasa untuk kopi atau teh karena membuat lidah jadi asam dan kering. Minum teh disarankan tidak memakai gula karena teh sendiri sebenarnya sudah punya rasa, sudah ada aromanya sendiri," tutupnya.

sumber: okezone.com
MEMBUAT teh, pilihannya antara diseduh cukup berwana bening atau sampai berwarna gelap. Pilihannya tergantung pada selera juga faktor lainnya.


"Teh celup digunakan kebanyakan orang karena ingin warna lebih gelap, rasa lebih kuat, dan bau lebih tajam. Tapi, warna teh yang bagus tergantung karakteristik tehnya, setiap teh berbeda-beda," jelas Ozza, pemilik Premium Tea.

Dia menjelaskan, warna yang dihasilkan tergantung pada karakteristik teh yang digunakan. Teh berwarna gelap, misalnya, karena daun teh yang diberikan cenderung banyak. Pilihan keduanya tidak ada kaitan dengan mana yang lebih baik, tapi lebih kepada selera.

"Semua teh itu beda-beda, kalau teh putih tidak ada warnanya, begitu dicium aromanya kencang. Kita harus mengenali jenis teh yang akan digunakan. Semakin hitam teh, semakin tidak bagus karena proses oksidasinya naik," tegasnya.

Tentang teh yang disebut berpengaruh pada fungsi ginjal, Ozza mengatakan, pengaruh tersebut tergantung pada air yang digunakan, adakah kadar kapur di dalamnya.

Sementara dalam proses pembuatannya, haruslah diperhatikan kondisi dari air yang akan dipakai. Dia menegaskan, sebaiknya tidak menyeduh teh dengan air mendidih.

"Kalau kepanasan, rasanya akan berubah pahit. Sedangkan kalau suhu air terlalu rendah, waktu pencelupan singkat, maka rasa dan aromanya tidak keluar. Semua teh mensyarakatkan perbedaan suhu air untuk menyeduhnya," tutupnya.

sumber: okezone.com
BERAGAM jenis masakan tradisional Indonesia kerap menggunakan bumbu berupa biji berbentuk butiran beraroma keras yang dinamakan ketumbar. Dengan tambahan bumbu tersebut, aroma masakan akan lebih nyata. Tak hanya sebagai penyedap, tanaman ini ternyata juga memiliki efek antiinflamasi.


Ketumbar (Coriandrum sativum) adalah tumbuhan rempah-rempah yang popular di Asia. Bentuk yang tidak digerus mirip dengan lada, seperti biji kecil-kecil berdiameter 1-2 mm. Dalam perdagangan obat ia dinamakan fructus coriandri. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai coriander dan di Amerika dikenal sebagai cilantro. Tumbuhan ini berasal dari Eropa Selatan dan sekitar Laut Kaspia.

Tanaman berdaun herbal ini juga telah diteliti untuk manfaat kesehatan. Laporan terbaru dari India mengatakan ketumbar mungkin memiliki manfaat untuk penderita rheumatoid arthritis (RA).

Para peneliti di All India Institute of Medical Sciences (AIIMS) di New Delhi menyuntikkan solusi antigen ke dalam kaki belakang kiri seekor tikus dan menghasilkan peradangan dan pembengkakan sama dengan kondisi rheumatoid arthritis. Beberapa tikus kemudian diberi obat steroid standar sebagai pengobatan, sedangkan yang lain diberi ekstrak bubuk biji ketumbar. Setelah 21 hari, kedua kelompok menunjukkan perbaikan radang sendi, tetapi tikus-tikus yang mendapat ekstrak ketumbar mengalami pengecilan pembengkakan dan peradangan lebih signifikan jika dibandingkan dengan mereka yang menerima steroid. Studi ini telah dipublikasikan secara online dalam Indian Journal of Medical Research.

Antioksidan
Seperti rempah-rempah lainnya, ketumbar mengandung antioksidan, senyawa yang diperkirakan membantu mengendalikan peradangan dan mencegah kerusakan kimia pada tubuh dengan menghancurkan radikal bebas. Orang dengan rheumatoid arthritis memiliki kadar antioksidan rendah dalam darah mereka jika dibandingkan dengan orang sehat. Menurut sebuah penelitian pada 2004 yang diterbitkan dalam jurnal Food Chemistry, biji dan daun ketumbar mengandung ekstrak antioksidan.

Manfaat kesehatan lain dari ketumbar, minyaknya memiliki sifat antibakteri yang membunuh berbagai virus berbahaya, termasuk E. coli, salmonella, dan MRSA, menurut sebuah penelitian 2011 dari Portugal. Daunnya juga merupakan sumber vitamin K, yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker.

Memang belum ada penelitian yang membuktikan bahwa ketumbar dapat membantu RA pada manusia, tapi ada baiknya penderita RA menambhakan tanaman ini ke dalam bahan makanan mereka sehari-hari. 

sumber: mediaindonesia.com
Kelebihan berat badan, selain menyulitkan Anda bergerak juga bisa meningkatkan risiko gangguan liver. Dengan menjaga berat badan tetap normal, Anda sebenarnya juga menjaga kesehatan liver.


Pada dasarnya liver memang mengandung lemak, tetapi lemak yang dikandungnya tidak lebih dari 10 persen dari jumlah bobot hati itu sendiri. Saat lemak menutupi liver, fungsi yang menyaring racun akan tidak efektif. Untuk mencegah hal ini, Anda bisa mengonsumsi kacang kedelai atau hasil olahannya.

Peneliti Universitas Illinois, Amerika Serikat mengungkap, kalau kedelai dapat mengurangi risiko seseorang terkena gangguan liver. Sebab, protein dalam kedelai mampu mengurangi penumpukan lemak pada seseorang yang mengalami obesitas.

"Obesitas menjadi faktor utama dalam kondisi ini dan hal itu mampu menyebabkan gagal hati," kata Hong Chen, asisten profesor ilmu pangan dan nutrisi seperti dikutip dari laman Times of India.

Chen melakukan penelitian dengan membandingkan penumpukan lemak hati pada dua tikus yang bertubuh kurus dan bertubuh gemuk. Kedua tikus ini diberi makanan mengandung kasein dalam kedelai, setelah menyapih selama 17 minggu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian kasein tidak menimbulkan efek pada tikus yang sudah kurus. Namun, pada tikus gemuk yang makan kedelai, menunjukkan penurunan 20 persen trigliserida dan lemak secara keseluruhan dalam hati.

Obesitas terjadi saat lemak berjalan lambat dan kesulitan berpindah dari jaringan adiposa menuju ke hati. Lemak inilah yang berpotensi membuat seseorang terkena gangguan liver.

"Jika penumpukan lemak terjadi tidak pada tempatnya, misalnya pada liver dapat membahayakan fungsi organ lainnya," ujar Chen.

Untuk itu, mulai sekarang kurang konsumsi makanan berlemak tinggi dan olahragalah secara teratur. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung kacang kedelai, misalnya tofu dan yogurt kedelai.

sumber: VIVAnews
Cabai dikenal sebagai bahan makanan yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Makanan dengan rasa pedas ini dikenal sebagai makanan pelangsing. Peneliti menemukan, bahan kimia dalam cabai memainkan peran dalam pengikisan lemak dan penurunan berat badan.


Metode penurunan berat badan menggunakan capsaicin dalam paprika merah dan cabai untuk operasi pelangsingan. Para ilmuwan di Brigham dan Rumah Sakit Wanita di Boston mempelajari apakah ada alternatif bagi vagatomy- operasi pemotongan saraf vagus yang menghubungkan usus dan otak.

Bedah ini biasanya untuk mengobati bisul dan memiliki manfaat tambahan dengan mengurangi risiko penyakit terkait obesitas. Namun, belum pernah digunakan secara khusus untuk penurunan berat badan karena efek samping seperti penundaan pengosongan lambung.

Tim yang dipimpin oleh Dr Ali Tavakkoli, menganalisis teknik alternatif yang disebut vagal de-afferentation menggunakan tikus obesitas. Daripada menghapus saraf vagal sepenuhnya, ahli bedah menggunakan capsaicin untuk menghancurkan hanya serat saraf tertentu.

Mereka menemukan, jumlah lemak yang menyebabkan perut bergelambir berkurang tujuh persen dalam 11 bulan dibandingkan dengan tikus kontrol. Meski efektivitas vagatomi lebih tinggi, sebesar 19 persen, namun metode pelangsingan perut ini memiliki efek samping lebih banyak.

"Volume lemak visceral tinggi adalah penanda obesitas dan penyakit terkait obesitas, seperti diabetes. Kehilangan lemak viceral setelah vagal de-afferentation merupakan peluang keberhasilan metode ini," kata Tavakkoli.

Peneliti mencatat perlu studi lebih lanjut agar capsaicin dapat digunakan langsung pada manusia, dan menentukan apakah capsaicin dapat langsung disuntikkan ke saraf vagal. "Operasi penurunan berat badan terus meningkat, sehingga prosedur yang sukses tanpa cara invasif semakin penting," tambahnya.

Studi ini diterbitkan dalam Digestive Diseases and Sciences edisi Mei.

sumber: VIVAnews
SELAMA ini, khasiat lidah buaya lebih dikenal digunakan dalam berbagai produk kecantikan untuk menyehatkan kulit dan rambut. Namun, ternyata tanaman ini memiliki khasiat yang tak kalah sehat bila diminum, baik dalam bentuk jus maupun potongan dagingnya.

Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Bila dipotong, daging lidah buaya memiliki bentuk seperti nata de coco yang terlihat seperti jeli, berwarna putih, hingga bening dan bertekstur kenyal. Rasanya pun tak kalah menyegarkan dengan berbagai jenis olahan minuman dingin lainnya.

Dengan beragam manfaat yang terkandung dalam lidah buaya, tanaman ini tentu bukan sekadar bisa dimanfaatkan sebagai penyubur rambut. Berikut beberapa manfaat meminum lidah buaya atau yang biasa disebut Aloe vera (Aloe barbadensis Milleer):

1. Menyehatkan pencernaan
Kandungan lidah buaya dapat membantu mengatur dan melancarkan pencernaan serta membantu menghentikan diare.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Lidah buaya dapat merangsang produksi sel darah putih yang dapat membantu tubuh Anda melawan virus berbahaya.

3. Pereda nyeri dan mengurangi peradangan

Lidah buaya bagus untuk atlet. Jus lidah buaya juga dapat meningkatkan fleksibilitas sendi dan mengurangi peradangan.

4. Untuk perawatan kulit
Lidah buaya dapat menghilangkan jerawat, melembapkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan serta perbaikan dan peremajaan kulit.

sumber: mediaindonesia.com
Kekeringan pada mata yang seringkali terjadi pada usia tua kerap menjadikan penderitanya tak nyaman. Rasa kering, gatal, dan nyeri pada mata serta kelelahan merupakan salah satu gejala penyakit ini.


Para peneliti dari Sekolah Kedokteran di Universitas Tokyo menemukan, minum secangkir kopi bisa mengobati dan mengurangi keluhan mata ini.

Kafein diketahui merangsang produksi cairan, seperti air liur dan cairan lambung, serta merangsang kelenjar air mata. Berbekal pengetahuan ini, sebuah tim ilmuwan Jepang melakukan percobaan dengan 78 orang tua untuk berpartisipasi. Semua peserta tak memiliki tekanan darah tinggi, reaksi alergi, sindrom mata kering, glaukoma dan penyakit mata lainnya.

Mengutip GeniusBeauty, enam hari sebelum percobaan, seluruh peserta diminta untuk tidak minum obat-obatan dan tidak mengkonsumsi kafein.

Saat studi, setengah peserta diberi asupan pil kafein lalu plasebo. Setengah lainnya menerima plasebo lalu kafein. Masing-masing kelompok diukur jumlah cairan air mata 45 menit setelah minum pil.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sindrom mata kering hanya terjadi pada 13 persen peserta yang mengasup kafein terlebih dahulu daripada plasebo. Sedangkan untuk yang mengasup plasebo lalu kafein menderita mata kering sebanyak 17 persen.

sumber: VIVAnews
Mengonsumsi buah dan sayur memang belum menjadi kebiasaan banyak orang. Padahal, buah memiliki kandungan vitamin, mineral, dan serat yang sangat dibutuhkan untuk tubuh manusia. Pakar nutrisi, Emilia E. Achmadi mengatakan, makan buah hendaknya jangan dianggap sebagai option atau pilihan, tapi harus dianggap sebagai suatu kebutuhan.


"Masyarakat harus mengubah pola pikir. Anggap buah sebagai kebutuhan sama seperti kita bernapas," katanya, saat acara edukasi media bertajuk ‘Does You Good’ Temukan Manfaat Unik Buah yang Mengejutkan, di Jakarta.

Menurut Emilia, konsumsi buah di Indonesia masih sangat kurang. Padahal, dengan mengonsumsi buah-buahan dengan porsi yang cukup, dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. "Jadi selalu usahakan masukan buah setiap kali makan," katanya.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari kandungan nutrisi pada buah, Emilia menganjurkan agar buah tidak disajikan dengan cara dimasak. Pasalnya, komposisi vitamin B kompleks dan C pada buah sangat tidak kuat dengan panas dan paparan cahaya. Jadi, semakin lama buah dipanaskan maka semakin banyak kandungan nutrisi yang hilang.

Buah atau Jus?
Seringkali orang bertanya mana lebih baik, makan buah atau jus? Pada dasarnya, konsumsi buah segar memng lebih baik. Kenapa? Karena dengan makan buah, kita menggerakan rahang untuk mengunyah dan lambung mengolah makanan. Artinya kita meminta badan untuk mulai aktif membuat metabolisme naik.

"Tapi pertanyaannya selanjutnya adalah apakah lifestyle kita memungkinkan kita makan buah dalam jumlah besar? Kalau jawabanya tidak, maka kita harus melihat second base dari buah, yaitu jus," ujarnya.

Menurut Emilia, akan menjadi lebih baik kalau seseorang bisa mengkombinasikan antara buah dan jus. Masyarakat juga perlu berhati-hati untuk memilih jus, karena tingginya kadar gula dalam jus. Meski begitu, hal itu tidak perlu terlalu ditakutkan karena gula sebenarnya juga dibutuhkan manusia sebagai sumber energi.

Asam lambung
Konsumsi buah terlalu banyak selama ini sering dikaitkan dengan meningkatnya produksi asam lambung. Akan tetapi, untuk orang dengan kondisi sehat dan tidak mengalami masalah gangguan lambung, konsumsi buah dalam jumlah besar biasanya tidak akan berpengaruh pada masalah kesehatan.

"Jadi kita tidak perlu takut akan kandungan asam pada buah selama kita masih sehat," ujar Emilia.

Konsumsi buah hendaknya diseimbangkan dengan asupan makanan lain dengan sedikit karbohidrat dan protein sehingga keasamannya bisa terjaga. Namun bagi mereka dengan gangguan lambung, konsumsi buah harus disesuai dengan porsi yang dibutuhkan. Orang dengan masalah pada lambung harus menakar ulang berapa jumlah buah yang bisa mereka konsumsi.

Selain itu, lanjut Emilia, orang dengan masalah lambung (maag) juga harus memilih buah dengan tingkat keasaman yang spesifik. Jadi jangan karna kita sudah sakit mag, lantas minumnya jus jeruk nipis, tapi mungkin bisa dengan jus yang lebih soft seperti apel yang tingkat keasamannnya tidak terlalu tinggi atau mungkin alpukat.

"Buah ini memang lebih aman dikonsumsi dengan orang yang punya memiliki masalah dengan asam lambung karena ada penetralisirnya," tutupnya.

sumber: kompas.com
Sebagian besar kita pasti pernah mengalami perut kembung, nyeri dan rasa panas hingga gangguan sembelit. Rasa tidak nyaman yang ditimbulkan tentu bisa menganggu aktivitas sehari-hari.


Sebelum mencoba obat-obatan resep, Anda bisa mencoba obat alami untuk meredakan bahkan menghilangkan gangguan pada sistem pencernaan. Berikut beberapa diantaranya, seperti dikutip ivillage:

Menyesap Sari Cuka Apel
Sakit perut, maag atau gangguan pencernaan sebenarnya bisa dicegah dengan asam malat dan tartrat dalam sari cuka apel. Dua asam ini membantu memperkuat pencernaan sehingga mengosongkan perut dengan cepat.

Caranya, encerkan satu sendok makan cuka apel dalam 2 gelas air dan minum sebelum makan. Perbaikan pencernaan akan mulai terlihat dalam 24 jam.

Santai Saat Makan
Mereka yang menghabiskan waktu makan malam 30 menit berpeluang 32 persen lebih sedikit mengalami gangguan pencernaan dan sakit perut dibandingkan mereka yang makan kurang dari 10 menit, menurut penelitian di Charleston University of South Carolina.

Gary Gitnick, MD, dari UCLA School of Medicine mengatakan makan dengan santai mengurangi mulas, dan kembung.

Mengunyah Permen Karet
Peneliti di Rumah Sakit Inggris St Thomas mengungkap, makan permen karet mencegah maag karena menggandakan aliran air liur ke dalam kerongkongan, yang menetralkan asam lambung. Satu permen karet bebas gula dapat meredakan gangguan perut dengan segera.

Minum Segelas Teh Peppermint
Secangkir teh memiliki 40 senyawa alami yang baik untuk pencernaan. Tiga cangkir teh setiap hari dapat mencegah dispepsia  pada wanita hingga 75 persen dalam 48 jam. Asupan 8 ons sebelum makan dapat mencegah kembung hingga berjam-jam.

Berendam Air Hangat
Berendam dalam air hangat mengurangi kembung dalam 72 jam, menurut para peneliti di Universitas Logan Utah. Mandi air hangat mampu menenangkan seluruh sistem saraf pusat, dan membuat orang lebih tenang.

Saat rileks, kita menelan udara 67 persen lebih sedikit daripada ketika sedang stres sehingga memengaruhi kemampuan usus menyerap makanan.

Mengunyah Manisan Jahe
Dua potong manisan atau permen jahe mampu mengurangi kembung dan rasa tak nyaman hingga 88 persen dalam waktu 30 menit, kata peneliti di Rumah Sakit University di Cleveland. Menariknya, rasa manis pedas jahe mengurangi mual dan panas di perut tanpa menimbulkan rasa kantuk.

Makan Roti Gandum
Sembelit dialami wanita lebih banyak dari pria. Dan, roti gandum ternyata lebih efektif daripada obat pencahar, sekaligus memperbaiki sistem pencernaan.

Buah-buahan dan Sayuran Matang
Masalah pencernaan paling umum terjadi pada wanita adalah sindrom iritasi usus (IBS). Gangguan ini dialami satu dari lima wanita.  Akibat IBS, penderita rentan mengalami mulas, sembelit, diare dan gejala lainnya.

Diet kaya buah matang dan sayuran yang dimasak membantu mengurangi gangguan pencernaan pada 60 persen wanita dalam waktu seminggu.

"Zona Nyaman" Setelah Makan
Jika Anda rentan mengalami sakit perut, kembung atau gejala tidak nyaman, coba bersantai sejenak setelah makan selama 5 menit. Rileks sambil membayangkan hal-hal positif membantu hingga 89 persen wanita meredakan gangguan pencernaan dalam seminggu.

Yoga
Stres salah satu penyebab gangguan saluran pencernaan. Untuk mencegah dan menguranginya, luangkan waktu berlatih yoga selama 20 menit. Hal ini akan mengurangi gangguan pencernaan hingga 70 persen dalam satu minggu. (eh)

sumber: VIVAnews, kompas.com
Jantung mungkin dalam kondisi yang baik untuk memompa darah dan mengalirkannya ke arteri, tetapi jika muncul plak dan terjadi penyempitan arteri oleh kolesterol, akan berpengaruh besar pada kesehatan jantung Anda. Jantung akan bekerja lebih keras agar darah tetap dapat mengalir ke seluruh tubuh.


Agar jantung dan arteri sehat, Anda perlu menjaga pola makan Anda agar bebas dari kolesterol jahat yang menyumbat darah. Anda juga dapat mengonsumsi makanan yang memiliki manfaat untuk membersihkan arteri Anda.

Berikut 18 makanan yang bermanfaat memperlancar peredaran darah di arteri, seperti dikutip dari shape,  antara lain:

1. Alpukat
Sebuah studi pada tahun 1996 yang dilakukan oleh para peneliti di Meksiko menemukan bahwa orang yang makan alpukat setiap hari selama satu minggu dapat mengalami penurunan tingkat kolesterol dalam darah hingga 17 persen. Selain dapat menurunkan kolesterol buruk (LDL) dalam darah, alpukat juga dapat meningkatlkan kolesterol baik (HDL).

2. Gandum utuh
Serat larut ditemukan dalam biji-bijian seperti roti gandum, beras merah dan oatmeal yang dapat mengikat kolesterol dalam makanan Anda dan membawanya keluar dari tubuh. Sehingga, ketika tubuh Anda membutuhkan manfaat dari kolesterol, tubuh akan menarik pasokan kolesterol dari darah, efektif menurunkan tingkat kolesterol dalam darah dan risiko penyakit jantung.

3. Minyak zaitun
Sebuah studi 2011 menemukan bahwa orang pada usia 65 atau lebih tua yang secara teratur mengonsumsi minyak zaitun baik untuk masakan terhindar dari risiko penyakit stroke hingga 41 persen lebih rendah dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi minyak zaitun sama sekali.

4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan adalah camilan yang sehat untuk jantung. Kacang almond mengandung lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, dan serat, sementara kenari merupakan sumber asam lemak omega-3 nabati yang disebut alpha-linolenic acid. Menurut American Heart Association, lemak tak jenuh tunggal dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

5. Lemak ikan salmon
Lemak ikan seperti makarel, herring, tuna, dan salmon yang penuh dengan asam lemak omega-3. Makan ikan dua kali seminggu dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengurangi peradangan, menurunkan kadar trigliserida, dan membantu meningkatkan tingkat HDL Anda.

6. Asparagus
Asparagus merupakan salah satu jenis makanan yang terbaik untuk arteri. Asparagus bekerja dalam 100.000 mil pembuluh darah dan melepaskan tekanan pada arteri, sehingga memungkinkan tubuh mengakomodasi peradangan yang telah terakumulasi selama bertahun-tahun.

7. Buah Pome
Pomegranate mengandung phytochemical yang bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi lapisan pembuluh darah dari kerusakan. Sebuah studi pada tahun 2005 yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences menemukan bahwa jus pomegranate kaya akan antioksidan yang dapat merangsang produksi oksida nitrat dalam tubuh, yang memperlancar aliran darah dalam arteri.

8. Brokoli
Brokoli kaya akan vitamin K, yang diperlukan untuk pembentukan tulang dan membantu untuk menjaga agar kalsium tidak merusak arteri. Belum lagi, brokoli penuh dengan serat, dan penelitian menunjukkan diet tinggi serat juga dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

9. Kunyit
Kunyit adalah anti inflamasi alami yang kuat. Kunyit juga mengandung kurkumin yang menurunkan peradangan penyebab utama arteriosklerosis atau pengerasan pembuluh darah. Sebuah studi pada tahun 2009 menemukan bahwa kurkumin dapat membantu mengurangi lemak berlebih dalam arteri sebanyak 26 persen.

10. Kesemek
Makan buah kesemek setiap hari adalah cara yang lebih baik untuk kesehatan arteri. Penelitian menunjukkan polifenol yang ditemukan dalam buah kesemek dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida.

11. Jus jeruk
Sebuah studi 2011 yang diterbitkan secara online di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa minum dua cangkir jus jeruk setiap hari dapat membantu mengurangi tekanan darah diastolik. Jus jeruk mengandung antioksidan untuk membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah.

12. Ganggang spirulina
Sebanyak 4.500 mg ganggang biru-hijau yang biasanya dikonsumsi dalam bentuk kapsul suplemen atau bubuk, dapat membantu mengendurkan dinding arteri dan menormalkan tekanan darah. Hal ini juga dapat membantu hati Anda menyeimbangkan kadar darah, menurunkan lemak kolesterol LDL Anda sebesar 10 persen dan meningkatkan kolesterol HDL sebesar 15 persen.

13. Kayu manis
Hanya satu sendok teh kayu manis sehari yang kaya antioksidan dapat membantu mengurangi lemak dalam aliran darah, membantu mencegah berkembangnya plak di arteri dan menurunkan kadar kolesterol jahat sebanyak 26 persen.

14. Kopi
Menurut peneliti di Belanda, orang yang minum lebih dari dua, tapi tidak lebih dari empat, cangkir kopi sehari selama 13 tahun memiliki risiko penyakit jantung sekitar 20 persen lebih rendah daripada orang yang minum kopi lebih banyak atau kurang dari dua cangkir. Kafein adalah stimulan yang dapat menyebabkan peningkatan sementara dalam tekanan darah. Tetapi jika konsumsi kopi terlalu berlebihan, dapat menyebabkan jantung berdetak tidak teratur.

15. Keju
Percaya atau tidak, keju bisa membantu menurunkan tekanan darah Anda. Sebuah penelitian terbaru di Women 's Hospital dan Harvard Medical School menemukan bahwa orang yang makan tiga porsi keju yang rendah lemak susu sehari memiliki tekanan darah sistolik yang lebih rendah dibandingkan yang makan lebih sedikit.

16. Teh hijau
Teh hijau kaya akan catechin, senyawa yang telah terbukti menurunkan penyerapan kolesterol dalam tubuh Anda.

17. Semangka
Semangka juga dapat membantu melindungi jantung Anda. Sebuah studi di Florida State University menemukan bahwa orang diberi 4.000 mg suplemen L-citrulline (asam amino yang ditemukan dalam semangka) mengalami penurunan tekanan darah hanya dalam waktu enam minggu. Para peneliti mengatakan bahwa asam amino dalam semangka dapat membantu tubuh Anda memproduksi oksida nitrat, yang memperlebar pembuluh darah.

18. Bayam
Kandungan potasium dan folat yang ditemukan dalam bayam dapat membantu menurunkan tekanan darah dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 11 persen.

sumber: detik.com
Buah kiwi selama ini telah dikenal sebagai salah satu jenis buah yang tinggi kandungan nutrisi dan vitamin C. Namun lebih dari itu, kiwi sebenarnya juga menyimpan manfaat tersembunyi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.


Di balik kulit coklatnya yang berbulu serta daging buah berwarna hijau, kiwi ternyata mengandung satu enzim pencernaan yang dapat membantu penyerapan protein. Enzim itu disebut actinidin. Ini adalah enzim protease (penghancur protein) yang ada pada buah kiwi hijau, berfungsi mencerna protein sehingga mudah diserap tubuh.

Seperti diketahui, dalam proses pencernaan yang terjadi mulai dari mulut hingga usus halus, tubuh membutuhkan berbagai enzim pencernaan, yaitu protease (untuk mencerna protein), lipase (mencerna lemak), dan amilase (mencerna karbohidrat). Saluran cerna yang sehat akan mencegah masuknya bakteri dan racun serta menjaga daya tahan tubuh. Untuk menjaga saluran cerna tetap sehat, tubuh membutuhkan makanan bergizi seperti buah.

"Buah mengandung serat, probiotik, dan enzim pencernaan yang berperan membantu pencernaan dan penyerapan. Salah satu buah, yaitu kiwi hijau, mengandung vitamin dan mineral, antioksidan, serat prebiotik serta enzim actinidin," ujar pakar gizi dari Departemen Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Fiastuti Witjaksono, Sp.GK.

Keunggulan lain buah kiwi adalah memiliki kandungan vitamin C dua kali lebih tinggi ketimbang jeruk dan terbukti 5 kali lebih efektif diserap oleh tubuh. Buah kiwi juga kaya akan asam folat yang bermanfaat bagi ibu yang ingin hamil, juga memiliki glycaemic index yang rendah sehingga aman bagi penderita diabetes.

Bantu proses pencernaan
Fiastuti memaparkan, kandungan serat pada buah kiwi hijau sangat tinggi dibandingkan jenis buah lain seperti pisang, apel dan jeruk. Serat pada buah kiwi terbagi kedalam dua jenis yakni serat larut dan serat tidak larut.

Serat larut berperan dalam membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, dengan membantu penyerapan gula lebih lambat, sehingga menyebabkan peningkatan kadar gula darah tidak berlebihan dan juga tidak turun drastis.

"Serat larut pada kiwi juga membantu menstabilkan kadar lemak darah, dengan cara mengikat lemak dan membantu menjaga kadar lemak darah," katanya.

Sementara itu, serat tidak larut berfungsi membantu menjaga kesehatan usus dengan mencegah konstipasi dan memberi makan bakteri baik. Karena, menurut Fiastuti, usus tidak hanya berfungsi untuk pencernaan tapi juga berfungsi menjaga dan mencegah masuknya bakteri jahat kedalam tubuh, mencegah masuknya racun dan menjaga daya tahan tubuh.

Jadi, kalau selama ini orang berpikir usus hanya berfungsi untuk penyerapan saja, itu keliru. Apabila usus tidak sehat, maka bakteri akan mudah masuk ke sel-sel usus sehingga menyebabkan sakit pada tubuh.

"Kalau kita kurang makan serat tidak larut, buang air jadi susah. Akibatnya racun, kotoran dan bakteri akan berada di usus lebih lama. Semakin lama dia berkontak dengan dinding usus akan merusak sel-sel usus," jelas Fiastuti.

Enzim unik
Buah kiwi telah lama dipercaya dapat membantu pencernaan di lambung, selain kandungan serat (fiber) yang tinggi, buah kiwi  mengandung enzim unik, yaitu actinidin yang berfungsi mencerna protein sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh.

Hal ini diperkuat dengan dua hasil penelitian laboratorium dan satu penelitian dengan percobaan pada binatang yang dilakukan oleh Riddet Institute, Massey University dan Zespri International. Penelitian menggunakan ekstrak buah kiwi hijau Zespri sebagai sumber enzim actinidin. Penelitian ini menggunakan sebuah metode penelitian laboratorium untuk melihat pencernaan di lambung dan usus.

Dalam kajiannya, peneliti menggunakan berbagai makanan sumber protein seperti daging sapi, protein susu (whey protein), susu kedelai, protein gandum (gluten) protein dari jagung, kolagen dan gelatin. Kemudian makanan itu dicoba dicerna dengan simulasi pencernaan lambung dan usus dengan diberi tambahan actinidin, yang berasal dari ekstrak buah kiwi.

Hasil peneliti menunjukkan bahwa, kandungan actinidin dan serat pada kiwi dapat membantu pencernaan protein lebih baik, membantu menjaga kadar gula dan lemak darah dan membentu menjaga kesehatan usus.

"Protein yang diserap dengan baik akan memberikan manfaat sebagai zat pembangun, mengganti sel-sel yang rusak dan menjaga metebolisme tubuh bekerja dengan baik," ucap Fiastuti.

sumber: kompas.com
Sebelum mengawali aktivitas kebugaran fisik atau olahraga, ada beberapa hal penting yang terlebih dahulu harus dilakukan seperti pemanasan atau peregangan otot. Hal ini dimaksudkan agar latihan dapat berjalan maksimal dan mengurangi cedera saat latihan.


Namun banyak di antara kita yang lupa bahwa asupan makanan juga memiliki peran besar dalam menunjang performa saat latihan. Berikut ini adalah 6 (enam) jenis makanan yang dapat meningkatkan efek latihan Anda:

1. Buah yang mudah dicerna
Buah-buahan adalah sumber makanan yang tinggi kandungan gula yang sehat dan menyediakan karbohidrat untuk meningkatkan level energi Anda. Buah segar seperti pisang dan apel yang sarat dengan vitamin C, antioksidan, dan serat, sangat memiliki peran penting dalam memberikan dorongan alami berupa energi sebelum Anda memulai olahraga. Pastikan Anda memilih buah yang mudah dicerna. Hindari mengonsumsi buah yang sulit untuk dicerna seperti jeruk dan sejenisnya karena dapat menghambat latihan Anda dengan menyebabkan kram perut.

2. Yogurt
Makanan yang satu ini dikenal multimanfaat termasuk sebagai camilan 2 atau 3 jam menjelang latihan. Namun jangan sembarang memilih yogurt. Disarankan agar memilih yogurt plain yang rendah kandungan gula. Yogurt Yunani adalah pilihan paling ideal karena makanan ini memiliki kandungan protein yang sangat besar, yakni dua kali lipat lebih banyak ketimbang yogurt normal dan menyediakan sumber karbohidrat baik, yang bermanfaat bagi kebutuhan energi saat latihan. Kombinasi protein dan karbohidrat dalam yogurt juga bagus untuk pertumbuhan otot. Sebagai variasi, Anda bisa menambahkan beberapa macam buah sebagai tambahan gizi dan untuk meningkatkan energi secara alami.

3. Sereal bekatul (Bran cereals)
Konsumsi sereal bekatul bisa menjadi pilihan terbaik ketika Anda berencana untuk meningkatkan aktivitas latihan fisik. Makanan ini tinggi akan kandungan serat dan betaine, yang membantu meningkatkan kinerja fisik dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Makanan ini juga membantu fungsi sel dan mencegah dehidrasi saat berolahraga. Untuk sarapan sehat sebelum memulai aktivitas olahraga, Anda bisa mengisi bakar tubuh Anda dengan makanan produk gandum ini dan mencampurnya dengan buah untuk mendapatkan setengah porsi asupan buah yang direkomendasikan.

4. Daging ayam, telur, ikan
Satu jam pasca melakukan latihan, tubuh membutuhkan pasokan nutrisi untuk mengganti energi yang telah hilang. Mengonsumsi makanan kaya akan protein seperti ayam, telur atau ikan akan memberikan asupan makanan bagi otot berupa asam amino yang membantu otot untuk kembali tumbuh lebih kuat dan lebih besar. Jadi sangat penting bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan kaya protein untuk meningkatkan efektivitas dari latihan.

5. Makanan cair
Makanan cair seperti smoothies memungkinkan Anda mendapatkan semua nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh pasca melakukan latihan hanya dengan beberapa tegukan. Smoothies adalah minuman berbahan dasar buah-buahan yang biasanya dicampur dengan susu atau yogurt serta tambahan lainnya. Makanan dalam bentuk cair seperti smoothies bisa cara cepat dan mudah bagi tubuh Anda untuk mengakses nutrisi yang dibutuhkan. Semakin cepat nutrisi memasuki tubuh Anda, maka semakin besar kemungkinan tubuh dalam membangun otot dan memulih jaringan otot yang rusak pasca latihan.

6. Oatmeal
Oat bisa menjadi "teman terbaik" untuk otot Anda ketika berencana untuk memulai aktivitas olahraga. Mengapa? Karena oat memberikan tubuh Anda glukosa sebagai bahan bakar untuk otot. Oats juga pilihan yang cocok untuk menurunkan berat badan, karena mereka mendorong tubuh untuk membakar lemak lebih cepat untuk kemudian dijadikan bahan bakar untuk otot Anda.

Cobalah mengudap pancake oatmeal sekitar tiga jam sebelum memulai latihan. Makanan ini akan sangat berperan dalam meningkatkan efek latihan dengan perlahan-lahan melepaskan gula, yang akhirnya menjaga tingkat energi tetap stabil selama latihan.

sumber: kompas.com