Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


6 Makanan Berikut Ini, Bisa Turunkan Kolesterol Dalam 3 Bulan


6 Makanan Berikut Ini, Bisa Turunkan Kolesterol Hanya 3 Bulan. Kolesterol tinggi pemicu penyakit jantung, penyakit yang menyerang tiga kali lebih besar ketimbang kanker payudara dan dua kali lebih besar dari kanker paru-paru.


Seperti dikutip dari dailymail.co.uk, enam makanan ini diyakini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi hanya dalam waktu tiga bulan sejak dikonsumsi.

1. Smart foods

Apa itu? ini termasuk yoghurt dan produk lain yang mengandung stanol dan sterol. Ini molekul alami yang ditemukan pada tanaman yang mampu memblokir penyerapan kolesterol dari makanan dan dikeluarkan lewat kotoran.

Penelitian menunjukkan sterol mengurangi kadar kolesterol sebanyak tujuh sampai 10% dalam waktu tiga minggu sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh.

Agar efektif, konsumsi dua gram setelah makan besar setiap harinya. Ini akan mengurangi jumlah lemak yang diserap.

2. Serat
Serat mengikat kolesterol dan dikeluarkan dari tubuh lewat kotoran. Roti gandum yang mengandung serat tinggi bisa dikonsumsi setiap hari untuk menambah asupan serat.

Sebuah analisis dari 67 penelitian tentang diet serat dan kadar kolesterol menunjukkan, lebih banyak serat dikonsumsi mengurangi kolesterol buruk.

Agar efektif, makan 18 gram sehari makanan yang mengandung serat . Seperti kacang-kacangan, buah dan sayuran.

3. Kacang
Jenis kacang-kacangan, seperti almond, walnut, kacang tanah dan lainnya baik untuk menurunkan kolestrol. Hal ini mungkin karena kacang-kacangan mengandung sterol serta lemak tak jenuh tunggal yang melindungi pembuluh darah dari kerusakan.

Mereka juga tinggi akan serat dan vitamin E.

Pada 2010, sebuah analisis terhadap 25 penelitian di Amerika tentang kacang dan kadar lemak darah menemukan, mengkonsumsi satu porsinya setiap hari (delapan sampai 10 kacang) mengurangi lima persen kolesterol dan sangat baik untuk mereka yang memiliki kadar tinggi kolesterol jahat.

Agar efektif, makannya sebanyak 25-50 gram kacang setiap hari.

Sifat kacang yang mengenyangkan, akan membuat Anda berhenti mengemil makanan berlemak setelah makan kacang.

4. Kedelai
Susu kedelai, kacang kedelai, tahu dan yogurt kedelai dapat membantu hati menyaring kolesterol jahat dari aliran darah. Menkonsumsi kedelai untuk menggantikan susu dan daging dapat menggantikan lemak jenuh dari diet.

Studi 2011 memberikan bukti bahwa protein kedelai dapat membantu menurunkan kadar kolestero tinggi secara total.

Agar efektif, para ahli merekomendasikan untuk mengkonsumsi setidaknya dua sampai tiga porsi sehari. Ini setara dengan setengah liter susu kedelai dan yogurt kedelai.

5. Minyak sehat
Apa itu?Termasuk minyak zaitun yang mengandung lemak tak jenuh ganda.

Tidak meningkatkan atau menurunkan kadar kolesterol, namun mereka membantu membuat dinding arteri lebih kuat yang artinya tidak akan mudah dirusak oleh kolesterol.

Agar efektif, gunakan setidaknya dua sendok makan sehari untuk memasak.

Studi tahun 2002 menemukan, mengkonsumsi minyak zaitun rutin setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol delapan persen dalam enam minggu.

6.Gandum
Gandum mengandung senyawa yang disebut beta glukan yang berfungsi membentuk gel tebal di dalam saluran pencernaan dan mengikat kolesterol dalam usus, membantu mencegah kolestrol diserap tubuh.
Ini kemudian dikeluarkan melalui kotoran.

Analisa dari 12 studi menunjukkan bahwa menambah beta gluka setiap hari dalam bentuk bubur sebagai bagian dari diet, mengurangi kolesterol hingga lima persen dalam waktu tiga minggu.

Agar efektif, konsumsi sebanyak tiga gram betaglukan setara dengan mangkuk kecil bubur, tiga oatcakes dan dua potong roti yang memberi lima gram asupan serat.

sumber: inilah.com
0 Komentar untuk "6 Makanan Berikut Ini, Bisa Turunkan Kolesterol Dalam 3 Bulan"

Download Ebook Gratis