Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Inilah 10 Makanan Ampuh untuk Gigi Kuat Sampai Tua


Inilah 10 Makanan Ampuh untuk Gigi Kuat Sampai Tua. Menjaga gigi tetap kuat dan sehat tidak cukup hanya dengan rajin mengonsumsi suplemen kalsium. Karena, tidak hanya kalsium saja yang diperlukan agar gigi sehat. Diperlukan nutrisi dan vitamin lain untuk mendapatkan gigi yang tidak mudah berlubang dan keropos. Pakar Diet & Diabetes Sunita Pathania dan Nutrisionist Priya Kathpal menyarankan makanan apa saja yang baik untuk gigi, seperti dikutip dari Health Me Up.


1. Apel
Apel sering disebut-sebut sebagai penyikat gigi alami. Buah renyah dan asam segar ini membantu menstimulasi gusi, meningkatkan produksi saliva di dalam mulut dan mencegah pembentukan lubang pada gigi sekaligus membersihkan permukaan gigi. Satu jam setelah makan malam, cobalah kunyah satu butir apel untuk membantu membersihkan bagian-bagian gigi yang tidak terjangkau hanya dengan menyikat.

2. Seledri
Sayuran renyah ini bisa dikonsumsi untuk menjaga bakteri mulut tetap dalam jumlah minimal. Selagi mengunyah seledri mentah, produksi saliva akan meningkat dan itu bisa mencegah pembentukan plak. Makanlah satu batang seledri mentah sedikitnya sekali dalam seminggu untuk membersihkan gigi secara alami.

3. Air Putih
Air putih membantu membersihkan mulut sekaligus mengeluarkan racun-racun di tubuh yang bisa menyebabkan kerusakan gigi. Minum cukup air putih akan menjaga gusi Anda tetap terhidrasi dan membersihkan sisa-sisa makanan daru gigi. Minumlah minimal dua gelas air putih setelah makan (bukan teh manis, jus atau es buah) untuk menjaga kesehatan gigi.

4. Keju
Jika ingin gigi sehat dan kuat, rajinlah makan keju. Kasein yang terdapat dalam keju membantu memperkuat dan melindungi lapisan luar gigi. Jika gigi Anda cenderung rentan mengalami gigi berlubang atau keropos, kunyahlah sedikit keju sebagai camilan untuk mencegahnya.

5. Kakao
Bubuk cokelat kaya akan zat yang membantu mengurangi peradangan pada gusi, serta mencegah pengikisan email dan gigi berlubang. Minumlah cokelat panas saat Anda merasa stres dan jenuh karena pekerjaan. Selain mood yang lebih baik, gigi pun sehat. Tapi ingat, jangan terlalu banyak menambahkan gula atau susu pada minuman cokelat Anda.

6. Kiwi
Kiwi merupakan sumber vitamin C yang baik. Jumlah vitamin C yang cukup dalam tubuh bisa memelihara jaringan kolagen pada gusi. Kolagen mencegah gusi dari infeksi, mempercepat penyembuhan sariawan dan memperkuat gusi untuk mencegah penyakit gusi dan mulut.

7. Bawang Bombay
Memakannya, mungkin akan membuat mulut agak berbau tak sedap. Tapi bila dimakan mentah, manfaatnya sangat baik bagi kesehatan gigi dan mulut. Bawang bombay secara alami membersihkan tubuh dan mulut dengan cara menghilangkan bakteri berbahaya yang bisa merusak gigi. Anda bisa memakannya bersama salad atau sandwich isi daging.

8. Permen Karet Bebas Gula
Jika Anda terbiasa makan permen manis atau mint setelah makan, coba gantikan dengan permen karet bebas gula. Permen karet bisa merangsang air liur yang mempertahankan mekanisme dalam mulut agar tidak merusak gigi serta tidak berbau.

9. Biji Wijen
Wijen kaya akan kalsium, yang tentunya membantu gigi Anda tetap sehat dan kuat. Selain itu, biji wijen bisa menghilangkan plak yang baru terbentuk pada lapisan email gigi.

10. Pir
Buah yang mengandung serat tinggi umumnya baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Karena membutuhkan waktu lama untuk mengunyah, dan kunyahan itu membuat tubuh memproduksi saliva lebih banyak. Sehingga membantu menetralisir zat asam yang bisa merusak gigi. Makan pir tiap hari, dan gigi kuat akan Anda miliki.

sumber: wolipop.com
0 Komentar untuk "Inilah 10 Makanan Ampuh untuk Gigi Kuat Sampai Tua"

Download Ebook Gratis