Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Inilah 8 'Fakta' Manfaat Mentimun


Herbal - Disebut buah atau disebut juga sayur. Mentimun adalah jenis labu-labuan yang tumbuhnya setengah merambat dan hanya hidup di satu musim saja.


Tanaman yang satu ini akan mati setelah berbunga dan berbuah. Menghasilkan buah yang berwarna hijau dan akan kekuningan saat tua. Ketebalan dagingnya beraneka ragam, semakin tua daging buah akan semakin tipis. Di dalamnya terdapat banyak biji yang juga bisa dimakan.

Aroma buahnya khas dan meninggalkan kesegaran yang tak pernah bosan dihirup semua orang. Tak hanya berkhasiat di dunia kuliner dan kesehatan, mentimun ini juga kaya manfaat di dunia kecantikan.

Berikut adalah 8 fakta mentimun yang perlu Anda tahu.

Fakta 1: Mentimun dapat dimanfaatkan sebagai pencegah peradangan, dapat dimakan mentah maupun diolah terlebih dahulu. Untuk itu, saat Anda berjerawat disarankan agar mengonsumsi mentimun.

Fakta 2: Buah ini punya kemampuan diuretik, yang akan mendinginkan pencernaan serta membersihkannya. Ia akan memperlancar pencernaan sehingga buang air kecil dan besar tidak akan jadi masalah lagi bagi Anda.

Fakta 3: Di dunia medis, ditemukan fakta bahwa mentimun dapat membantu mempercepat proses penyembuhan arthritis, paru-paru, sakit perut dan cacingan.

Fakta 4: Kaya manfaat dan nutrisi, sayangnya apabila diolah menjadi acar, nutrisi mentimun akan berkurang jumlahnya.

Fakta 5: Apabila diolah menjadi jus, mentimun dapat meringankan penyakit hati dan lambung. Penderita maag biasanya dianjurkan mengonsumsi mentimun. Tetapi sayangnya jika terlalu banyak maka tekanan darah akan turun.

Fakta 6: Mentimun dapat menyegarkan mata dan menyamarkan noda hitam di lingkaran mata. Caranya adalah dengan mengompreskan mentimun pada mata saat tidur.

Fakta 7: Tak hanya baik untuk kulit, mentimun juga baik untuk merawat kesuburan rambut. Caranya adalah dengan mencampur dengan wortel, bayam dan selada, kemudian diolah sebagai jus. Diminum tiga kali seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Fakta 8: Dipakai sebagai masker, mentimun dapat melembabkan kulit serta menyembuhkan jerawat.

Ternyata banyak juga kan manfaat dari buah mentimun ini. Yuk selalu simpan di dapur dan petik manfaatnya setiap hari.

sumber: vemale.com
0 Komentar untuk "Inilah 8 'Fakta' Manfaat Mentimun"

Download Ebook Gratis