Obat Herbal, Obat Alami

Herbal, Obat Alami, Makanan Sehat, Kesehatan, Manfaat Tumbuhan


Mana Yang Lebih Sehat Ubi atau Kentang?


Herbal - Jika bicara tentang makanan sumber karbohidrat yang sehat untuk menu diet, maka Anda mungkin tidak akan melewatkan kentang dan ubi. Dalam Bahasa Inggris sendiri, kentang berarti potato dan ubi berarti sweet potato, dalam arti kentang dan ubi merupakan satu keluarga.


Meski begitu, seperti dikutip dari healthmeup.com, ubi dan kentang memiliki kandungan nutrisi yang berbeda, dijelaskan seperti berikut ini.

Kentang
Dalam 100 gr kentang, ada sekitar 77 kalori dengan serat 2.2 gr dengan sedikit vitamin A, yaitu sebanyak 1 IU, dan sedikit vitamin C. Untuk kandungan mineral , kentang memiliki lebih banyak kandungan seperti potasium/kalium dan zat besi dari ubi. Mineral tersebut dibutuhkan untuk mencegah anemia, pembentukan sel, organ dan jaringan tubuh yang sehat.

Ubi
Dalam 100 gram, ubi memiliki 86 kalori dengan kandungan serat sebanyak 3 gram dan karbohidrat sebanyak 20 gram. Ubi memiliki kandungan vitamin A (beta karoten) lebih banyak daripada kentang, bahkan bisa memenuhi kebutuhan vitamin A harian Anda. Ubi juga memiliki vitamin C lebih banyak dari kentang, namun memiliki potasium/kalium lebih sedikit dari kentang.

Intinya, jika dibandingkan dengan kentang, ubi memiliki kandungan lebih banyak dari kentang karena memiliki lebih banyak vitamin A dan C. Dengan kata lain, ubi memiliki lebih banyak antioksidan dari kentang. Bukan hanya itu, ubi juga lebih berserat dari kentang, sehingga mampu melancarkan pencernaan lebih baik dari kentang bahkan menjaga kadar gula darah lebih baik dari kentang.

Sekarang sudah tahu kandungan nutrisi ubi dan kentang kan? Anda bisa memutuskan sendiri mana yang lebih Anda suka dan mana yang lebih sehat untuk program diet Anda.

sumber: vemale.com
0 Komentar untuk "Mana Yang Lebih Sehat Ubi atau Kentang?"

Download Ebook Gratis